Sukses


Bendera Persib Meriahkan Laga Perpisahan Kosin dengan Timnas Thailand

Bola.com, Jakarta - Pertandingan uji coba Timnas Thailand kontra Trinidad dan Tobago di Suphan Buri Provincial Stadium, Minggu (14/10/2018), berlangsung meriah. Sekitar 15 ribu penonton hadir memberikan dukungan. Di antara ribuan suporter itu, terselip suporter Persib Bandung.

Kehadiran bobotoh Persib itu bukan untuk mendukung Timnas Thailand, melainkan ingin ikut "melepas" sekaligus memberikan penghormatan pada kiper Sinthaweechai Hathairattanakool atau yang juga dikenal dengan Kosin Hathairattanakool.

Buat kalangan bobotoh, meski keberadaan Kosin terbilang tak lama ketika bersama Persib (2006 dan 2009), ia meninggalkan kenangan yang tak mudah dilupakan.

Dari foto yang beredar di media sosial, tampak Kosin berpose dengan latar belakang fan Persib yang turut memasang bendera Persib di pagar tribune stadion. Kosin terlihat gembira.

Di sisi lain, uji coba melawan Trinidad dan Tobago itu memang tak hanya dibidik Timnas Thailand sebagai pemanasan jelang Piala AFF 2018 melainkan juga sebagai testimonial match buat Kosin yang resmi menyudahi kariernya bersama the War Elephants.

Selama 14 tahun, Kosin mengabdi di bawah mistar gawang Timnas Thailand. Usianya saat ini sudah 36 tahun. Kiper Suphanburi FC itu mengumumkan pensiun dari timnas pada September 2017.

Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) lantas menjadikan uji coba pada matchday FIFA ini untuk melepas sang kiper secara resmi. 

Tiga pemain tenar Timnas Thailand, yang semuanya bermain di Liga Jepang, yakni Theerathon Bunmathan, Teerasil Dangda, Chanathip Songkrasin ikut hadir dan diturunkan pelatih Timnas Thailand, Milovan Rajevac.

"Phi Tee (panggilan Kosin), seorang profesional sejati dan teladan bagus bagi semua pemain Thailand. Dia mendapat respek dari setiap pemain dalam tim," kata Theerathon perihal Kosin sebelum pertandingan.

 

2 dari 2 halaman

Pujian Rekan Pemain

Pujian juga dilayangkan Teerasil, satu di antara striker terbaik yang dimiliki Timnas Thailand.

"Dia selalu lebih dari sekadar rekan satu tim bagi banyak pemain, termasuk saya. Saya berkonsultasi dengannya berkali-kali, setiap kali menghadapi persoalan di dalam dan luar lapangan," imbuh Teerasil.

Timnas Thailand akhirnya berhasil mengalahkan Trinidad dan Tobago dengan skor 1-0 meski dengan kerja keras lantaran gol tunggal kemenangan baru tercipta pada menit ke-66 lewat Thitipan Puangchan. 

Sebelum menjamu Trinidad dan Tobago, Timnas Thailand mengalahkan Hong Kong juga dengan skor 1-0 di Stadion Mong Kok, Hong Kong (11/10/2018).

Sumber: Bangkok Post

Video Populer

Foto Populer