Sukses


3 Cara Pemain Timnas Indonesia Menjaga Kebugaran Jelang Piala AFF 2018

Bola.com, Cikarang - Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, mengungkapkan tiga cara agar skuat Bima Sakti bisa menjaga kebugaran selama Piala AFF 2018. Satu di antaranya adalah memperhatikan asupan gizi para pemain.

"Pertama, para pemain harus menjaga jenis makanan yang masuk ke tubuh. Itu dikarenakan nutrisi yang masuk bakal menentukan performa mereka saat tampil di lapangan," kata Syarif ketima ditemui Bola.com, Sabtu (3/11/2018).

Jadwal padat dan agenda latihan intens bakal menguras fisik penggawa Timmas Indonesia. Para pemain lantas wajib menjaga pola istirahat secara teratur dan sesuai porsinya agar terus bugar sepanjang turnamen. 

"Kedua, mereka harus menjaga istirahat karena istirahat itu tidak bisa diganti dengan apapun seperti suplemen atau obat-obatan lainnya. Kami tidak menoleransi pemain yang kurang beristirahat. Paling tidak mereka harus tidur siang selama satu jam, lalu untuk malam harinya tidur tujuh sampai delapan jam," lanjut Syarif.

Kemudian, Evan Dimas dan kawan-kawan juga harus selalu mengecek keadaan fisik saat sebelum dan setelah pertandingan. Langkah ini penting dilakukan agar para pemain terhindar dari risiko cedera.

"Ketiga, mereka harus rutin melakukan kontrol fisioterapi, ice theraphy, dan pijat. Semua itu penting dilakukan bukan hanya ketika mereka sedang letih. Itu dilakukan agar mencegah asam laktat mengumpul di area otot. Sehingga otot mereka tidak kaku dan kondisi fisiknya bisa bagus terus," tutup Syarif.

Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan pertama Grup B Piala AFF melawan Singapura, di Stasion National, Singapura, Jumat (9/11/2018). Tiga poin wajib diraih agar tim Merah-Putih menjaga asa melaju ke fase selanjutnya. 

Video Populer

Foto Populer