Sukses


Statistik Timnas Indonesia Vs Timor Leste: Telat Panas

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11/2018) malam WIB. Kemenangan ini menjadi modal berharga Tim Merah Putih sekaligus menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Pada babak pertama, permainan Timnas Indonesia sangat buruk. Bahkan, Timor Leste sesekali mengancam dan membuat repot lini belakang pasukan Bima Sakti.

Pada babak kedua, Timor Leste justru mampu mencetak gol lebih dulu melalui aksi Rufino Walter Gama. Pemain berusia 20 tahun itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang gagal diantisipasi kiper Timnas Indonesia kawalan Andritany Ardhiyasa.

Timnas Indonesia akhirnya bereaksi. Pelatih Bima Sakti melakukan sejumlah perubahan dengan memasukkan Riko Simanjuntak dan Stefano Lilipaly.

Skema tersebut terbukti ampuh menghidupkan permainan Timnas Indonesia. Pada menit ke-60, Alfath Faathier mencetak gol penyeimbang setelah tembakannya gagal diantisipasi kiper Timor Leste.

Pada menit ke-68, Timnas Indonesia mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Andik Vermansah dilanggar di kotak terlarang. Lilipaly yang jadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang dan membuat Timnas Indonesia berbalik unggul.

Publik SUGBK kembali bergemuruh pada menit ke-82. Riko Simanjuntak melepaskan umpan silang dan langsung disundul Alberto Goncalves dan mengubah keadaan menjadi 3-1 untuk Timnas Indonesia. Skor tersebut bertahan hingga peluit akhir.

 

2 dari 2 halaman

15 Peluang

Statistik AFF mencatat, Timnas Indonesia tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 64 persen. Adapun Timor Leste hanya mendapatkan 36 persen penguasaan bola.

Hansamu Yama dkk tercatat mendapatkan 15 peluang yang empat di antaranya akurat. Adapun Timor Leste mendapatkan delapan percobaan yang lima di antaranya mengancam gawang Andritany Ardhiyasa.

Kemenangan ini menjadi yang pertama diraih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Tambahan tiga poin membuat posisi Timnas Indonesia melesat ke peringkat kedua klasemen dengan raihan tiga poin.

Pada laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018). Kemenangan atau sekadar hasil imbang bakal membuka peluang Indonesia lolos ke babak selanjutnya.

Video Populer

Foto Populer