Sukses


    Alasan Andik Vermansah Doyan Menyantap Tom Yum saat Timnas Indonesia bertandang ke Thailand

    Bola.com, Bangkok - Penyerang sayap Timnas Indonesia, Andik Vermansah, mengaku tidak kesulitan mencari makanan halal di Thailand karena segala yang berhubungan dengan logistik sudah disiapkan staf ofisial Tim Merah-Putih.

    Di negara yang sepanjang sejarah tak pernah dijajah ini mayoritas penduduknya menganut ajaran Budha. Amat jarang pemeluk Islam di Negeri Gajah Putih.

    Tak ada aturan makanan halal atau haram di Thailand. Bukan sesuatu yang aneh menjumpai pedagang makanan di Bangkok berupa atau mengandung daging babi.

    Kedai makanan Thailand bebas menjual daging babi karena memiliki peminat yang tinggi. Menurut pantauan Bola.com sejak mendarat di Bangkok, Kamis (15/11/2018), banyak pedagang kali lima hingga restoran menjual jenis makanan tersebut.

    Situasi itu lantas membuat para pemeluk agama Islam sering kesulitan mencari makanan di Thailand, khususnya Bangkok. Umat muslim dalam ajarannya dilarang mengonsumsi makanan tak halal seperti daging babi.

    Akan tetapi, Andik yang beragama Islam nyatanya tidak mengalami kendala mencari makanan halal. Sang pemain mengaku sudah terbiasa dan bisa memilih dengan leluasa jenis makanan di Negeri Gajah Putih.

    "Saya tidak kesulitan mencari makanan di sini karena sudah beberapa kali ke Thailand. Saya biasanya makan tom yum. Kami kan memiliki ahli gizi. Jadi semua makanan yang bakal dikonsumsi para pemain sudah diatur. Nah, tom yum salah satu makanan yang boleh disantap," kata Andik setelah sesi latihan.

    Tom yum adalah sejenis sup Thailand pedas dan asam, biasanya dimasak dengan udang. Tom yum asli santapan tradisional Thailand yang cukup populer di seantero dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, tom yum telah dipopulerkan di seluruh dunia. Kata-kata "tom yam" berasal dari dua kata Thailand.

    Tom mengacu pada proses perebusan, sementara yam mengacu pada salad pedas dan asam Thailand. Memang, tom yum ditandai dengan rasa panas dan asam yang berbeda, dengan rempah-rempah dan rempah-rempah yang digunakan dalam kaldu. Kaldu dasar terbuat dari kaldu dan bahan-bahan segar seperti serai, daun jeruk purut, lengkuas, air jeruk nipis, saus ikan, dan cabai yang dihancurkan.

    Andik Vermansah terbang ke Thailand dalam rangka pertandingan matchday ketiga Grup B Piala AFF 2018. Timnas Indonesia dijadwalkan bersua Tim Gajah Perang, di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018).

    Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

    Video Populer

    Foto Populer