Sukses


    3 Pemain Myanmar yang Bisa Merepotkan Timnas Indonesia Saat Uji Coba Jelang Piala AFF 2020: Semua Pernah Bobol Gawang Tim Garuda

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Myanmar dalam laga uji coba jelang tampil di Piala AFF 2020 yang dimulai pada 5 Desember 2021. Sama-sama tengah menjalani pemusatan latihan di Turki, Tim Garuda bakal berhadapan dengan Myanmar pada Kamis (25/11/2021).

    Seperti halnya Timnas Indonesia, Myanmar juga melakukan pemusatan latihan dalam rangka persiapan tampil di Piala AFF 2020. Laga uji coba di antara kedua tim dilakukan mengingat Indonesia dan Myanmar berada di grup yang berbeda di Piala AFF yang akan digelar di Singapura nanti.

    Meski hanya melakukan laga uji coba, diyakini kedua tim akan memainkan pemain-pemain terbaiknya, mengingat boleh dibilang laga ini akan menjadi persiapan terakhir masing-msing tim dengan menghadapi sesama tim nasional, meski masih ada laga uji coba menghadapi klub-klub Turki.

    Artinya, Timnas Indonesia perlu mewaspadai sejumlah ancaman yang bakal datang dari Myanmar. Mengingat ini akan menjadi laga uji coba internasional level A.

    Myanmar sudah berlatih di Turki sejak awal November 2021. Laga uji coba perama mereka menghadapi klub amatir Turki, Manavgat Belediyespor. Setelah itu, Myanmar juga menghadapi tim asal Afrika, Burundi, dan melakukan uji coba internasional dengan menghadapi Timnas Indonesia.

    Siapa saja pemain Myanmar yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam pertandingan uji coba ini? Berikut ulasan Bola.com:

    2 dari 4 halaman

    Aung Kaung Mann

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Aung Kaung Mann (@aungkaungmann_official)

    Striker berusia 23 tahun ini merupakan andalan Myanmar ketika tampil di SEA Games 2019. Kala itu, bersama Timnas Myanmar U-22, Aung Kaung Mann berhasil mencetak lima gol dan hampir saja menjadi top scorer dengan lima gol.

    Satu dari lima golnya saat itu dicetak ke gawang Timnas Indonesia dalam laga yang berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Tim Garuda.

    Namun, akhirnya penyerang Timnas Indonesia, Osvaldo Haay, dan pemain Vietnam Ha Duc Chinh, melewati perolehan gol itu dan menjadi top scorer dengan enam gol.

    Aung Kaung Mann sejak saat itu memang sudah digadang-gadang bakal menjadi pemain masa depan Timnas Myanmar. Aung Kaung Mann sempat disebut-sebut bisa menjadi pemain yang direkrut oleh klub Indonesia setelah tampil apik di SEA Games 2019.

    Namun, pada akhirnya ia bergabung bersama klub Malaysia, Sri Pahang, pada musim 2021 ini. Sebelumnya, Aung Kaung Mann sempat dipinjamkan ke tiga klub Thailand berbeda, antara lain Trat, Lampang, dan Khonkaen United.

    Aung Kaung Mann juga berhasil mencetak hattrick dalam sebuah laga uji coba yang dilakukan Myanma menghadapi klub amatir Turki, Antalya Hal Spor Kulubu, yang berakhir dengan skor telak 8-0 untuk kemenangan Myanmar. Padahal Aung Kaung Mann baru datang belakangan di Turki.

    3 dari 4 halaman

    Maung Maung Lwin

    Pemain berikutnya yang harus diantisipasi Timnas Indonesia adalah Maung Maung Lwin yang beroperasi di lini tengah. Pemain berusia 26 tahun itu sudah 38 kali membela Timnas Myanmar hingga saat ini dan sudah mencetak empat gol.

    Satu dari empat golnya untuk Timnas Myanmar senior dicetak ketika menghadapi Timnas Indonesia yang untuk pertama kalinya ditangani oleh pelatih asal Spanyol, Luis Milla, di Stadion Pakansari, Cibinong, pada 21 Maret 2021. Saat itu Myanmar menang 3-1 atas Indonesia.

    Sebagai seorang gelandang, Maung Maung Lwin mampu mengatur ritme permainan Myanmar dan menjadi pemecah kebuntuan ketika perannya dari lini kedua dibutuhkan untuk membantu serangan.

    Gol ke gawang Laos pada Piala AFF 2018 dan Tajikistan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 membuktikan pemain yang satu ini punya mentalitas yang bagus dan bakal jadi lawan ideal untuk Evan Dimas di lini tengah.

    4 dari 4 halaman

    David Htan

    Pemain yang satu ini merupakan yang paling berpengalaman di dalam skuad Myanmar saat ini. Bek berusia 33 tahun itu sudah tampil sebanyak 67 kali bersama Timnas Myanmar dan masih dalam kondisi terbaik.

    Pertama kali bermain bersama Timnas Myanmar pada 2012, ini menjadi tahun kesembilan bagi pemain yang sudah mencetak empat gol di Timnas Myanmar itu.

    Satu dari empat golnya juga dicetak ke gawang Timnas Indonesia pada sebuah laga uji coba di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada 30 Maret 2015. Kala itu, Myanmar kalah 1-2 dari Indonesia.

    Meski tak lagi muda, pengalaman dan jam terbang David Htan masih dibutuhkan Myanmar untuk memimpin rekan-rekan setimnya. Selayaknya legenda bagi Timnas Myanmar, David Htan mampu menjadi panutan bagi para pemain muda yang ada di dalam tim tersebut.

    Video Populer

    Foto Populer