Sukses


    Deretan Fakta Menarik di Piala AFF 2008: Vietnam Cetak Sejarah, Timnas Indonesia Tetap Merana

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dalam hitungan hari akan bertanding di Piala AFF 2020. Turnamen bergengsi antarnegara Asia Tenggara itu semestinya digelar pada 2020, akan tetapi pandemi COVID-19 membuat event harus ditunda.

    Sebelum Piala AFF 2020 digelar, ada baiknya bernostalgia ke edisi sebelumnya. Piala AFF 2008 merupakan edisi pertama turnamen berganti nama dari sebelumnya Piala Tiger, di mana Timnas Indonesia memiliki penampilan buruk.

    Ketika itu, Timnas Garuda menjadi tuan rumah bersama dengan Thailand. Kesempatan ini seharusnya bisa dimaksimalkan untuk menjadi juara.

    Timnas Indonesia saat itu diasuh oleh pelatih Benny Dollo. Skuad Merah Putih berkekuatan 30 pemain yang dihuni Markus Horison, Firman Utina, Ponaryo Astaman, Nova Arianto, dan Budi Sudardono.

    Namun, nama-nama pemain berkualitas tak jadi jaminan. Timnas Indonesia yang tergabung di Grup A bersama Singapura, Myanmar, dan Kamboja lolos sebagai runner-up.

    Pada semifinal, Timnas Indonesia tak berdaya. Budi Sudarsono dkk. dipaksa menyerah dengan agregat 1-3 dari Thailand. Lantas, fakta-fakta menarik apa yang terjadi pada Piala AFF 2008? Berikut ini adalah ulasannya. 

    2 dari 3 halaman

    Fakta Menarik (1)

    • Timnas Indonesia masih dibuat penasaran pada Piala AFF 2008 karena kandas pada semifinal. Tim asuhan Benny Dollo itu menyerah dengan agregat 1-3 dari Thailand.
    • Vietnam mengakhiri rasa penasaran di Piala AFF setelah mencetak sejarah pertama kali juara. Vietnam mengalahkan Thailand di final dengan agregat 3-2.
    • Budi Sudarsono meraih trofi sepatu emas bersama dengan Agu Casmir (Singapura) dan Teerasil Dangda. Ketiganya sama-sama mengoleksi empat gol di Piala AFF 2008.
    3 dari 3 halaman

    Fakta Menarik (2)

    • Timnas Indonesia secara keseluruhan mencetak delapan gol dan kebobolan empat kali di Piala AFF 2008.
    • Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2008 sudah jelas lebih baik dari edisi sebelumnya yang tidak mampu lolos dari penyisihan grup.
    • Kiper Vietnam, Duong Hong Son, terpilih sebagai pemain terbaik Piala AFF 2008. Duong Hong Son ketika itu tercatat hanya kebobolan enam gol sepanjang turnamen.

    Video Populer

    Foto Populer