Sukses


    7 Fakta Mengejutkan Piala AFF 2014: Timnas Indonesia Tak Bertaji, Thailand Menggila

    Bola.com, Jakarta - Perhelatan Piala AFF 2020 akan segera bergulir. Namun, sebelum menyaksikan turnamen tersebut, yuk kita tengok fakta menarik Piala AFF 2014 dan perjuangan Timnas Indonesia.

    Timnas Garuda menghadapi Piala AFF tujuh tahun lalu dengan percaya diri. Indonesia diasuh Alfred Riedl, pelatih yang berhasil membawa Tim Merah-Putih lolos ke final Piala AFF 2010.

    Selain itu, Timnas Indonesia juga diperkuat pemain-pemain berkualitas, mulai dari Boaz Solossa, Evan Dimas, Kurnia Meiga, Firman Utina, hingga tiga pemain naturalisasi, yakni Raphael Maitimo, Sergio van Dijk, serta Cristian Gonzales.

    Akan tetapi, Timnas Garuda justru tampil tak bertaji. Timnas Indonesia hanya meraih satu kemenangan, sekali imbang, dan menelan satu kekalahan dari tiga laga di Grup A.

    Satu-satunya kemenangan diraih ketika melumat Laos dengan skor 5-1. Adapun hasil imbang didapat saat bermain 2-2 kontra Filipina, dan kekalahan terjadi ketika keok 0-4 dari Filipina.

    Alhasil, Timnas Indonesia finis di peringkat ketiga Grup A dan gagal lolos ke semifinal. Indonesia mendulang empat poin, tertinggal dua angka dari Filipina di urutan kedua dan tiga poin dari Vietnam di puncak grup.

    Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia untuk kedua kalinya secara beruntun gagal lolos dari fase grup. Pada Piala AFF 2012, Indonesia menempati tempat ketika Grup B dengan koleksi empat poin.

    Sementara itu, Timnas Thailand berhasil merengkuh titel juara. Pada laga final, Thailand menang agregat 4-3 atas Malaysia. Mereka menang 2-0 pada leg pertama, namun kalah 2-3 pada laga kedua.

    Berikut ini adalah kumpulan fakta menarik Piala AFF 2014, termasuk torehan Timnas Indonesia.

     

    2 dari 3 halaman

    Data dan Fakta Piala AFF 2014:

    1. Piala AFF 2014 adalah edisi ke-10. Pada ajang kali ini, Thailand berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Malaysia di final dengan agregat 5-4.

    2. Bagi Timnas Thailand, itu adalah gelar keempat di turnamen elite antarnegara di Asia Tenggara tersebut. Sebelumnya, Thailand menjadi juara pada 1996, 2000, 2002, dan 2012.

    3. Gelandang serang Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin, berhasil menyandang status pemain terbaik Piala AFF 2014. Sementara itu, Mohammad Safiq Rahim menyandang status top skorer dengan koleksi enam gol.

    4. Timnas Indonesia tampil buruk pada edisi kali ini. Diperkuat pemain bintang, Timnas Garuda gagal lolos ke semifinal karena hanya finis di peringkat ketiga Grup A dengan nilai empat.

    3 dari 3 halaman

    Data dan Fakta Piala AFF 2014:

    5. Pada Piala AFF 2014, Timnas Indonesia diasuh Alfred Riedl. Bagi Riedl, edisi kali ini adalah untuk kedua kalinya menangani Indonesia setelah sebelumnya pada 2010 sampai 2011.

    6. Dua pemain Timnas Indonesia diganjar kartu merah pada laga fase grup, yakni Rizky Pora (Vs Filipina) dan Supardi Nasir (Vs Laos). Torehan itu juga membuat Timnas Indonesia menjadi tim dengan koleksi kartu merah terbanyak di Piala AFF 2014.

    7. Tercipta 65 gol di Piala AFF 2014 atau rata-rata 3,61 gol per pertandingan. Timnas Thailand menjadi tim paling subur dengan catatan 14 gol dan kemasukan enam gol dari tujuh pertandingan.

    Video Populer

    Foto Populer