Sukses


    5 Catatan Duel Timnas Indonesia Vs Kamboja: Superior! Tak Pernah Kalah, Cetak 18 Gol dan 1 Kali Kebobolan

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja pada laga perdana Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Kamis (9/12/2021). Ini menjadi pertemuan pertama kedua tim sejak 2017.

    Kamboja memang bukan lawan yang asing buat Timnas Indonesia. Sejarah mencatat, Timnas Indonesia sudah 23 kali melawan Kamboja.

    Skuad Merah Putih punya catatan apik yakni meraih 19 kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Timnas Indonesia berhasil mencetak 89 gol dan kebobolan 17 kali.

    Namun, sejarah mencatat Timnas Indonesia belum terkalahkan lagi dalam lima laga terakhir. Timnas meraih lima kemenangan dengan mencetak 18 gol dan sekali kebobolan.

    Catatan positif ini menjadi modal berharga untuk tampil di Piala AFF 2020. Namun, pasukan Shin Tae-yong tak boleh memandang sebelah mata kekuatan Kamboja.

    Pada Piala AFF 2020, Kamboja diasuh pelatih Ryu Hirose dengan skuat termuda yakni rataan usia 22,9 tahun. Lantas, seperti apa jejak laga Timnas Indonesia melawan Kamboja pada lima pertemuan terakhir? Yuk scroll ke bawah untuk melihatnya. 

    2 dari 6 halaman

    Timnas Indonesia 3-1 Kamboja (Pertandingan Persahabatan)

    Timnas Indonesia menjamu Kamboja pada laga persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga (4/10/2017). Timnas Indonesia ketika itu berhasil menang dengan skor 3-1.

    Gol kemenangan skuat Garuda dibukukan Lerby Eliandry (32'), Rezaldi Hehanusa (34'), dan Septian David Maulana (49'). Adapun gol Kamboja dibukukan oleh Chan Vatanaka (48').

    Ini menjadi pertemuan terakhir Timnas Indonesia melawan Kamboja. Sejak saat itu sampai sekarang kedua tim belum pernah lagi bertemu.

    3 dari 6 halaman

    Kamboja 0-2 Timnas Indonesia (Pertandingan Persahabatan)

    Timnas Indonesia kemudian menantang Kamboja pada laga persahabatan di Stadion Olimpiade Phnom Penh pada 8 Juni 2017. Ketika itu, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-0.

    Ketika itu, Timnas Indonesia diasuh oleh pelatih Luis Milla. Laga ini merupakan pemanasan bagi Timnas Indonesia yang baru keluar dari sanksi FIFA.

    Gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak Irfan Bachdim pada menit ke-26. Adapun gol lainnya dibukukan oleh Gian Zola pada menit 90+6'.

    4 dari 6 halaman

    Timnas Indonesia 1-0 Kamboja (Pertandingan Persahabatan)

    Timnas Indonesia kemudian menjamu Kamboja di Stadion Gajayana Malang pada 25 September 2014. Ketika itu, Timnas Indonesia hanya mampu menang dengan skor tipis 1-0.

    Raphael Maitimo mencetak gol melalui tendangan penalti pada menit ke-45'. Tak ada gol lagi yang tercipta dalam laga tersebut.

    5 dari 6 halaman

    Kamboja 0-4 Timnas Indonesia (Piala AFF 2008)

    Timnas Indonesia kembali berjumpa Kamboja di Piala AFF 2008. Ketika itu, Timnas Garuda menghadapi Kamboja pada laga perdana Grup A.

    Timnas Indonesia tak terbendung dan berhasil menang telak dengan skor 3-0. Gol kemenangan skuat Merah Putih dicetak Budi Sudarsono (24'), Firman Utina (28'), dan Bambang Pamungkas (64').

    Timnas Indonesia kemudian berhasil menjadi runner-up Grup A dan lolos ke semifinal. Sayangnya, Timnas Garuda tersingkir di semifinal setelah kalah 0-1 dari Thailand.

    6 dari 6 halaman

    Timnas Indonesia 8-0 Kamboja (Piala AFF 2004)

    Timnas Indonesia pernah menang telak dengan skor 8-0 atas Kamboja. Duel itu terjadi di Piala AFF 2004 yang berlangsung di Vietnam.

    Timnas Indonesia ketika itu dipertemukan dengan Kamboja pada laga keempat Grup A Piala AFF 2004. Timnas Indonesia tampil digdaya dengan menceploskan delapan gol ke gawang Kamboja.

    Gol kemenangan Timnas Garuda dicetak Ilham Jaya Kesuma (5', 48', 56'), Elie Eboy (30', 55'), Kurniawan Dwi Yulianto (74', 76'), dan Ortizan Solossa (90'). Kemenangan telak itu mengantarkan Timnas Indonesia menuju semifinal Piala AFF 2004 sebagai juara grup.

    Video Populer

    Foto Populer