Sukses


    Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Bersyukur Timnas Indonesia Cetak Gol Cepat Saat Hadapi Kamboja

    Bola.com, Singapura - Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja dalam laga Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Kamis (9/12/2021) malam. Pelatih Tim Garuda, Shin Tae-yong, mengaku beruntung timnya bisa mencetak banyak gol lebih dulu setelah melihat penurunan performa yang dialami Evan Dimas dkk. pada babak kedua.

    Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja dengan lebih dulu unggul 3 gol. Rachmat Irianto mencetak dua gol, pada menit keempat dan 33', sementara satu gol lain dicetak Evan Dimas pada menit ke-17.

    Namun, empat menit setelah Rian, panggilan karib Rachmat Irianto, mencetak gol kedua, Kamboja berhasil mencetak satu gol balasan lewat Yue Safy dan babak pertama ditutup dengan keunggulan 3-1 untuk Timnas Indonesia.

    Ramai Rumakiek yang masuk pada babak kedua berhasil mencetak gol keempat Timnas Indonesia pada menit ke-54. Namun, tendangan bebas Prak Mony Udom pada menit ke-60 menjadi gol kedua bagi Kamboja.

    Pada babak kedua, Timnas Indonesia tampak lebih loyo dan mendapatkan tekanan dari Kamboja. Beruntung, tim asuhan Ryu Hirose itu tak lagi bisa mencetak gol hingga pertandingan berakhir.

    Perubahan signifikan yang diperlihatkan Timnas Indonesia pada babak pertama dan kedua pun diakui oleh Shin Tae-yong. Apa kata pelatih asal Korea Selatan itu?

     

    2 dari 3 halaman

    Untung Cetak Gol Lebih Dulu

    Shin Tae-yong menyebut pertandingan menghadapi Kamboja bukanlah sebuah laga yang mudah. Menurutnya, kunci keberhasilan Timnas Indonesia adalah berhasil mencetak gol lebih dulu. Apalagi permainan di babak kedua sangat berbeda dengan 45 menit pertama.

    "Laga pertama sangat sulit, tapi untungnya gol pertama tercipta pada awal babak. Jadi kami bisa mendapatkan hasil pertandingan ini. Namun, setelah babak pertama, mungkin dianggap terlalu mudah, jadi malah membuat susah diri sendiri," ujar Shin Tae-yong dalam keterangan persnya setelah laga.

    Namun, Shin Tae-yong tetap merasa cukup puas dengan kemenangan yang diraih oleh Tim Garuda dalam pertandingan pertamanya di Piala AFF 2020.

    "Tetap saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada pemain atas kemenangan pertama ini. Ke depannya saya percaya akan lebih baik lagi," tegas pelatih asal Korea Selatan itu. 

    3 dari 3 halaman

    Komentari Cuaca di Singapura

    Mengenai merosotnya performa Timnas Indonesia di babak kedua laga kontra Kamboja, Shin Tae-yong sempat mengungkit cuaca yang dirasakan di Stadion Bishan.

    Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut faktor cuaca cukup memengaruhi kondisi pemain Timnas Indonesia yang sempat menjalani pemusatan latihan di Turki pada bulan lalu.

    "Kami sempat menjalani TC di tempat yang lumayan sejuk. Setelah tiba di Singapura, cuaca panas. Secara kondisi fisik sangat turun. Jadi memang ada beberapa bagian dari tim yang harus diperbaiki," ujarnya.

    Timnas Indonesia kini berada di peringkat kedua dalam klasemen Grup B Piala AFF 2020 dengan tiga poin, terpaut tiga poin dari Malaysia yang berada di puncak klasemen karena sudah bermain dua kali. Dalam laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Laos pada Minggu (12/12/2021).

    Video Populer

    Foto Populer