Sukses


    Alasan Shin Tae-yong Ganti 5 Nama pada Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Laos di Piala AFF 2020

    Bola.com, Singapura - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, punya alasan khusus mengganti lima pemain starter saat melawan Laos di Piala AFF 2020, Minggu (12/12/2021). Shin Tae-yong mengaku ingin melihat kualitas pemain lain yang diklaim sama baiknya dengan pemain inti.

    Pergantian susunan pemain Timnas Indonesia yang dimaksud adalah pada posisi penjaga gawang yang kali ini dipercayakan Ernando Ari yang menggantikan Syahrul Trisna. Sementara itu, Rizky Ridho menggantikan posisi Ryuji Utomo serta Pratama Arhan yang cedera digantikan oleh Edo Febriansyah.

    Pelatih Shin Tae-yong juga memasukkan Kushedya Hari Yudo yang menggantikan posisi Witan Sulaeman. Adapun pada posisi juru gedor, Shin Tae-yong mempercayakannya kepada Dedik Setiawan.

    "Saya membawa 30 pemain ke Piala AFF dan semuanya sangat bekerja keras. Siapapun yang bermain saya percaya mereka bisa melakukan permainan yang baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

    "Atas kepercayaan itu pula saya mengganti lima pemain dalam starter tadi dan juga pada babak kedua. Meksipun pemain pelapis akan tetapi siapapun bisa melakukan permainan terbaik. Saya sangat percaya pada pemain," tegas Shin Tae-yong.

    Timnas Indonesia dalam laga tersebut meraih kemenangan 5-1 atas Laos. Gol kemenangan skuad Garuda dicetak tendangan penalti Asnawi Mangkualam (23') dan Irfan Jaya (34'), Witan Sulaeman (56'), Ezra Walian (77'), dan Evan Dimas (84'), sedangkan gol Laos dibukukan Kydavone Souvanny (41').

    Tambahan tiga poin membuat Timnas Indonesia kini menjadi pemuncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi enam angka. Namun, posisi tersebut berpeluang berubah sembari menunggu hasil duel Vietnam Vs Malaysia.

    2 dari 3 halaman

    Unggul Segalanya

    Statistik mencatat, Timnas Indonesia unggul segalanya atas Laos pada laga tersebut. Pasukan Shin Tae-yong memiliki penguasaan bola mencapai 74 persen.

    Timnas Indonesia juga melepaskan 14 tembakan yang sembilan di antaranya akurat. Adapun Laos memiliki 26 persen penguasaan bola.

    Laos mendapatkan satu tembakan ke gawang dan satu tidak akurat. Gol ke gawang Timnas Indonesia menjadi yang pertama dicetak Laos di Piala AFF 2020.

    3 dari 3 halaman

    Perpanjang Rapor Positif

    Timnas Indonesia juga memperpanjang catatan positif atas Laos. Timnas Indonesia belum terkalahkan dalam 10 pertandingan dengan rincian sembilan kemenangan dan sekali imbang.

    Timnas Indonesia sejauh ini sudah mencetak 45 gol ke gawang Laos. Adapun Laos hanya mencetak sembilan gol ke gawang skuad Garuda.

    Video Populer

    Foto Populer