Sukses


    Piala AFF 2020: Malaysia Dibantai Timnas Indonesia, Tan Cheng Hoe Ngeles 2 Penyebab Kekalahan Telak Harimau Malaya

    Bola.com, Singapura - Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, menyayangkan kekalahan telak 1-4 dari Timnas Indonesia pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021). Tan Cheng Hoe menilai, ada dua penyebab utama dari kekalahan timnya itu.

    Dalam laga yang digelar di National Stadium itu, Malaysia berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-13 melalui aksi Kogileswaran Raj. Namun, Timnas Indonesia kemudian bereaksi dengan membalikkan keadaan melalui dua gol Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43'.

    Pada babak kedua, Timnas Indonesia makin tak terbendung. Pasukan Shin Tae-yong menambah dua gol melalui Pratama Arhan (50') dan Elkan Baggott (82').

    Kekalahan ini membuat Malaysia dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2020, sedangkan Timnas Indonesia lolos ke semifinal. Pelatih Tan Cheng Hoe menilai timnya kesulitan mengembangkan permainan setelah Tim Garuda melakukan serangan secara masif.

    "Para pemain kami bermain baik pada 15 menit pertama dan mencetak gol lebih dulu. Akan tetapi, saya rasa para pemain gagal menangani intensitas dan pressing dari Indonesia," kata Tan Cheng Hoe dalam konferensi pers setelah laga.

    Selain itu, Tan Cheng Hoe juga menilai absennya Aidil Zafuan dan Shahrul Saad sangat berpengaruh di lini belakang Malaysia. Tan Cheng Hoe berharap Malaysia segera bangkit dan melupakan kekalahan memalukan dari Timnas Indonesia.

    "Jelas absennya Aidil Zafuan dan Shahrul Saad memengaruhi stabilitas di sisi pertahanan. Secara keseluruhan kami sangat kecewa dengan kekalahan ini dan harus segera bangkit," ucap Tan Cheng Hoe.

     
    2 dari 4 halaman

    Timnas Indonesia Juara Grup B

    Kemenangan atas Malaysia membuat Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup. Pasukan Shin Tae-yong mengoleksi 10 poin hasil empat kali bermain.

    Timnas Indonesia sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Vietnam. Namun, Timnas Indonesia unggul produktivitas gol, setelah selisih golnya sama-sama plus 9, dari Vietnam yang juga lolos melalui jalur runner-up.

    Pada laga semifinal Piala AFF 2020, Timnas Indonesia akan menghadapi tim tuan rumah, Singapura. Pertandingan akan digelar di National Stadium pada 22 dan 25 Desember 2021.

    3 dari 4 halaman

    Lebih Efektif

    Timnas Indonesia sebenarnya hanya memiliki 48 persen penguasaan bola. Namun, Asnawi Mangkualam dkk. tercatat lebih efektif dalam mengkreasikan peluang.

    Timnas Indonesia mendapatkan 15 peluang yang tujuh di antaranya akurat. Adapun Malaysia gagal memanfaatkan dominasi penguasaan bola, yakni 52 persen.

    Pasukan Tan Cheng Hoe hanya mendapatkan enam peluang. Dari jumlah tersebut tiga di antaranya akurat.

    4 dari 4 halaman

    Klasemen Akhir Penyisihan Grup Piala AFF 2020

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by Bola.com (@bolacomid)

    Video Populer

    Foto Populer