Sukses


    Performa Penyerang Timnas Indonesia Kontra Singapura di Leg I Semifinal Piala AFF 2020: Masih Mandul

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia irit gol dalam pertandingan melawan Singapura pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020, di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021) malam WIB. Skuad Garuda hanya memproduksi sebiji gol untuk partai yang berakhir imbang 1-1.

    Iritnya gol yang dihasilkan Timnas Indonesia tak lepas dari performa para penyerang yang kurang optimal. Hal itu kontras dibandingkan pertandingan sebelumnya ketika melawan Malaysia pada laga pamungkas Grup B, saat skuad Garuda menang 4-1.

    Satu-satunya gol Timnas Indonesia ke gawang Singapura pada leg pertama memang dihasilkanya penyerang, tepatnya penyerang sayap, yaitu Witan Sulaeman pada menit ke-28. Tapi selebihnya, tidak banyak lagi serangan berbahaya yang mampu dilancarkan.

    Dalam pertandingan leg pertama melawan Singapura, Shin Tae-yong memakai formasi 5-4-1. Penyerang yang diturunkan adalah Ricky Kambuaya sebagai gelandang serang, Witan Sulaeman dan Irfan Jaya menjadi penyerang sayap, serta posisi striker tunggal ditempati Dedik Setiawan sebagai starter.

    Kurang menggigitnya serangan Timnas Indonesia bisa dilihat dari statistik pertandingan yang disajikan affsuzukicup.com. Dari jumlah tembakan tepat sasaran hanya terekam sebanyak dua kali, sementara Singapura tiga.

    Lalu tembakan melebar Singapura ada lima, sedangkan Timnas Indonesia tiga. Dengan begitu, akurasi tembakan skuad Garuda hanya 22,2 persen, sementara Singapura 33,3 persen.

     

     

    2 dari 3 halaman

    Usaha Merubah Serangan

    Usaha mengubah sistem serangan dilakukan Shin Tae-yong dengan menarik keluar Dedik Setiawan dan digantikan oleh Ezra Walian. Pergantian terjadi pada kick-off babak kedua.

    Sayangnya, Ezra bermain di bawah kemampuan terbaik. Penggawa Persib Bandung ini tampak tidak mampu untuk menembus pertahanan Singapura.

    Akibatnya pada menit ke-79, Ezra diganti Hanis Saghara. Penggawa Bali United itu tampak memberi sedikit harapan, tetapi seperti masih kurang panas.

    Selama dimainkan, Hanis melepaskan satu tembakan mengarah ke gawang. Tapi, tembakan sambil memutar itu mampu diamankan kiper Singapura, Hassan Sunny.

    3 dari 3 halaman

    Sebaran Gol Timnas Indonesia

    Dari lima pertandingan yang sudah dijalani Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, sudah 14 gol dihasilkan. Top skor skuad Garuda sejauh ini adalah Irfan Jaya, dengan tiga gol.

    Sebaran gol lainnya adalah Rachmat Irianto, Evan Dimas Darmono, dan Witan Sulaeman, yang masing-masing mencetak dua gol. Berikutnya Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Elkan Baggot, Ezra Walian, dan Ramai Rumakiek, yang semua menyumbangkan masing-masing satu gol.

    Terlihat dari catatan gol itu, para penyerang Timnas Indonesia, khususnya striker masih mandul. Baru ada Ezra Walian sebagai striker murni yang menyumbang gol, itupun baru satu gol.

    Video Populer

    Foto Populer