Sukses


    5 Tangan Kanan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020: Punya Peran Krusial

    Bola.com, Kallang - Sukses pelatih dalam menangani suatu tim tak pernah berdiri sendiri. Selalu ada tim yang berada di balik kinerja mereka, termasuk di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020.

    Pelatih Shin Tae-yong juga punya staf yang membantu dalam aspek teknik, fisik, dan lain-lain. Setidaknya, ada tujuh orang yang masuk dalam daftar tim pelatih Timnas Indonesia.

    Ketujuhnya adalah Choi In-cheol, Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, Dzenan Radoncic, Nova Arianto, Alex Aldha Yudi, dan Sahari Gultom. Namun, dua nama terakhir tak dibawa Shin Tae-yong ke Piala AFF.

    "Untuk coach Alex dan Coach Sahari tidak ikut ke Piala AFF," kata Nova Arianto kepada Bola.net beberapa waktu lalu.

    Minus Alex Aldha dan Sahari Gultom, Shin Tae-yong dibantu oleh lima asisten sebagai tangan kanannya di Timnas Indonesia selama Piala AFF. Berikut ulasan kelimanya.

    2 dari 6 halaman

    1. Choi In-cheol (Asisten Pelatih)

    Dia baru menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pada awal Mei 2021. Kehadiran Choi In-cheul untuk menggantikan asisten pelatih sebelumnya, Gong Oh-kyun yang mundur pada Desember 2020.

    Sebagai asisten pelatih, tentu saja Choi In-cheul menjadi orang yang paling dekat dengan Shin Tae-yong. Perannya cukup vital dalam menjalankan program latihan yang disusun pelatih kepala.

    Sebelum membantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Choi In-cheul pernah menjadi pelatih kepala Timnas Korea Selatan U-20 pada 2010. Dia juga sempat mengarsiteki Timnas Wanita Korea Selatan U-19 pada 2006, dan Timnas Wanita Korea Selatan Senior pada 2007 dan 2010-2011.

    3 dari 6 halaman

    2. Kim Bong-soo (Pelatih Kiper)

    Sosok ini juga terbilang baru di Timnas Indonesia karena datang menggantikan pelatih kiper sebelumnya, Kim Hae-woon pada awal Oktober 2021. Kim Bong-soo merupakan pelatih kiper yang pernah menjadi penjaga gawang Korea Selatan pada 1987.

    Karier sebagai pelatih kiper dimulai di Ulsan Hyundai pada 2001. Dia juga menjadi bagian dari tim kepelatihan Korea Selatan di Asian Games Guangzhou 2010 dan Olimpiade London 2012. Di Korea Selatan, dia pernah menjadi pelatih kiper pada 2013-2015.

    4 dari 6 halaman

    3. Shin Sang-gyu (Pelatih Fisik)

    Sama seperti Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu juga baru masuk tim kepelatihan Timnas Indonesia pada awal Oktober 2021. Dia menggantikan Lee Jae-hong.

    Dia menjadi penanggungjawab fisik Evan Dimas dkk. lantaran jabatannya sebagai pelatih fisik. Perannya sangat penting karena Timnas Indonesia polesan Shin Tae-yong sangat mengandalkan kemampuan fisik.

    Sebelumnya, Shin Sang-gyu pernah menjadi pelatih fisik China U-23 pada 2019 dan pelatih fisik Timnas Wanita Korea Selatan U-20 saat Piala Dunia U-20 2016.

    5 dari 6 halaman

    4. Dzenan Radoncic (Asisten Pelatih)

    Sosok ini juga baru merapat ke Timnas Indonesia pada awal Oktober 2021, berbarengan dengan Kim Bong-soo dan Shin Sang-gyu. Jabatannya adalah asisten pelatih yang ikut menangani bagian teknik, terutama mengasah kemampuan para pemain

    Pria asal Montenegro ini merupakan bekas anak buah Shin Tae-yong di Seongnam Ilhwa Chunma. Ketika itu, Shin Tae-yong menjadi pelatih dan Dzenan Radoncic menjadi pemainnya.

    Prestasi mengesankan yang didapat keduanya di Seongnam Ilhwa adalah menjadi juara Liga Champions Asia 2010.

    6 dari 6 halaman

    5. Nova Arianto (Asisten Pelatih)

    Nova Arianto merupakan pelatih yang dimasukkan PSSI ke dalam tim kepelatihan Shin Tae-yong. Harapannya agar mendapatkan ilmu dari pengelolaan kepelatihan Timnas Indonesia yang diisi banyak orang asing.

    Pengalaman Nova melatih belum banyak. Dia lebih sering menjadi asisten pelatih. Dia adalah asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 pada 2019 dan timnas senior dan U-20 pada 2020.

    Nova tetap dipercaya Shin Tae-yong untuk menjadi tangan kanannya sejak mengambil alih kursi kepelatihan Timnas Indonesia pada 2020.

     

    Video Populer

    Foto Populer