Sukses


    4 Negara Berstatus Juara Piala Eropa tapi Gagal Mentas di Piala Dunia: Ternyata Timnas Italia Tidak Sendirian Guys!

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 makin dekat. Tim nasional top dari seluruh dunia mulai mempersiapkan diri menyongsong putaran final yang dijadwalkan berlangsung di Qatar pada akhir tahun ini.

    Sayangnya, masih ada beberapa tim yang belum memastikan dirinya lolos ke partai puncak turnamen tersebut. Terdapat pula hasil mengejutkan dalam fase Kualifikasi Piala Dunia 2022, yakni tersingkirnya Italia oleh Makedonia Utara.

    Juara Euro 2020 itu takluk 0–1 saat menjamu lawannya di Stadion Renzo Barbera pada Jumat (25/3/2022). Bermain 0–0 hingga mendekati akhir babak kedua, pasukan Roberto Mancini kecolongan gol Aleksandar Trajkovski di injury time.

    Gli Azzurri sejatinya bermain cukup solid di awal pertandingan. Mereka memenangkan sebagian besar duel di lapangan dan berhasil membatasi pergerakan pemain Makedonia Utara. Namun, Domenico Berardi cs gagal memanfaatkan sejumlah peluang.

    Malapetaka justru menimpa Timnas Italia di menit-menit akhir. Kiper Gianluigi Donnarumma gagal menampik tendangan jarak jauh Trajkovski. Alhasil, Gli Azzurri tak berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia 2022.

    Italia menjadi tim keempat yang gagal lolos dari kualifikasi Piala Dunia, usai meraih gelar juara Euro. Berikut negara-negara yang berstatus sebagai juara Euro, tetapi bernasib buruk di Piala Dunia, seperti dilansir dari Sportskeeda.

    2 dari 5 halaman

    1. Cekoslovakia (1978)

    Cekoslovakia merupakan bagian dari Grup 7 Kualifikasi Zona Eropa untuk Piala Dunia 1978. Negara yang kini dipecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia itu pernah mengalamai masa kejayaan usai keluar sebagai juara Euro 1976.

    Sayangnya, predikat tersebut tak serta-merta membuat Cekoslovakia lolos ke putaran final Piala Dunia 1978 di Argentina. Berada satu grup dengan Skotlandia dan Wales, Cekoslovakia harus tersingkir dari kompetisi lantaran kalah di babak kualifikasi.

    Skotlandia berhasil mengamankan tempat di partai puncak dengan torehan enam poin. Sementara itu, Cekoslovakia harus puas berada di urutan kedua setelah hanya berhasil mengoleksi empat poin.

    3 dari 5 halaman

    2. Denmark (1994)

    Denmark ikut serta dalam Kualifikasi Piala Dunia 1994 Zona Eropa yang terdiri atas dua leg dan berlangsung antara tahun 1992 dan 1993. Timnas negara ini ditempatkan dalam grup 3 bersama Albania, Latvia, Lithuania, Irlandia Utara, Republik Irlandia, dan Spanyol.

    Adapun Denmark sebelumnya telah mencuri perhatian berkat kesuksesannya di Euro 1992. Diperkuat oleh pemain-pemain top seperti Peter Schmeichel dan Brian Laudrup, Denmark berhasil keluar sebagai juara Euro edisi tersebut.

    Sayangnya, keberuntungan tak berlanjut hingga kualifikasi Piala Dunia 1994. Tim yang dijuluki Danish Dynamite ini kalah saing dengan selisih poin tipis. Spanyol dan Republik Irlandia, yang berstatus sebagai juara dan runner up grup, jadi dua negara yang lolos ke babak selanjutnya.

    4 dari 5 halaman

    3. Yunani (2006)

    Pada 2004, Yunani sukses mengejutkan kancah sepakbola dunia lantaran berhasil meraih trofi Euro usai mengalahkan Portugal yang notabene lebih diunggulkan di turnamen tersebut. Melansir Sportskeeda, Yunani menang 1–0 atas tuan rumah di babak final.

    Sayang penampilan gemilang itu tak bertahan lama. Mereka gagal memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2006. Berada segrup dengan Albania, Denmark, Georgia, Kazakhstan, Turki, dan Ukraina, Yunani tak mampu bersaing.

    Mereka kalah 2–1 dari Albania di laga kualifikasi pertama. Catatan tersebut diikuti dengan hasil imbang kala melawan Turki dan Ukraina. Akibatnya, Timnas Yunani harus mengubur harapan untuk bertanding di putaran final Piala Dunia 2006.

    5 dari 5 halaman

    4. Italia (2022)

    Italia menambah daftar panjang negara yang gagal melaju ke putaran final Piala Dunia, meski berstatus sebagai juara Euro. Skuad asuhan Roberto Mancini kalah 0 – 1 berkat gol semata wayang dari Aleksandar Trajkovski di injury time.

    Kekalahan dari Makedonia Utara menandai kegagalan kedua berturut-turut bagi Italia untuk melaju ke putaran final Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Gli Azzurri juga sempat absen di putaran final Piala Dunia 2018 usai kalah agregat 0–1 dari Swedia di babak playoff.

    Italia sebenarnya dijagokan untuk memperebutkan tempat di putaran final Piala Dunia 2022 dengan Portugal. Namun, Makedonia Utara justru merebut posisi tersebut setelah tampil dengan pertahanan rapat dalam laga kontra Gli Azzurri, Jumat (25/3/2022).

    Sumber asli: Sportskeeda 

    Disadur dari: Liputan6 (Theresia Melinda Indrasari, Published 28/03/2022)

    Video Populer

    Foto Populer