Sukses


    7 Rekor Mentereng Pele di Piala Dunia: Bukan Kaleng-kaleng, Memang Pemain Istimewa

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia sudah berlangsung sebanyak 21 edisi sejak 1930. Rekor-rekor pun tercipta dalam 21 edisi Piala Dunia tersebut. 

    Menjelang Piala Dunia 2022 ini, mungkin sejumlah rekor belum akan terpecahkan. Bahkan ada rekor yang akan sulit terulang atau terlampaui hingga satu abad mendatang.

    Dari sejumlah rekor tersebut, bintang sepak bola Brasil bernama Pele jadi pusatnya. Dia memecahkan sejumlah rekor yang pernah tercatat dalam sejarah Piala Dunia hingga saat ini.

    Dalam satu abad ini, rekor Pele bahkan sulit untuk para pemain profesional yang saat ini masih aktif untuk melampauinya. Bahkan untuk menyamainya saja masih terasa sulit.

    Berikut sejumlah rekor Pele yang tercatat dalam sejarah Piala Dunia. Langsung saja kita simak.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 9 halaman

    1. Pemain Termuda yang Bermain dan Menjuarai Piala Dunia

    Pele adalah pemain termuda yang bermain dan memenangkan Piala Dunia. Pada usia 17 tahun dan 249 hari, Pele membantu Brasil memenangkan Piala Dunia pada 1958 di Stadion Rasunda di Solna, Swedia.

    Brasil mengalahkan tuan rumah 5-2 untuk memenangkan trofi Piala Dunia pertama, dengan Pele mencetak dua gol. Rekor pemain termuda yang memenangkan Piala Dunia ini belum terpatahkan.

     

    3 dari 9 halaman

    2. Pencetak Gol Internasional Terbanyak untuk Brasil

    Pele adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Brasil di sepak bola internasional. Dalam 92 pertandingan resmi yang diakui oleh FIFA, penyerang legendaris itu mencetak 77 gol.

    Rekor itu tetap tidak tersentuh selama lima dekade. Namun, Neymar mungkin segera melampaui penghitungan Pele karena saat ini dia mengoleksi 71 gol.

     

    4 dari 9 halaman

    3. Pengoleksi Gelar Piala Dunia yang Terbanyak

    Pele telah memenangkan tiga gelar Piala Dunia bersama Brasil pada 1958, 1962 dan 1966. Dia tampil fantastis saat memenangkan tiga gelar tersebut.

    Tidak ada pemain lain di Brasil atau di seluruh dunia yang pernah menjadi bagian dari tiga tim pemenang Piala Dunia.

     

    5 dari 9 halaman

    4. Assist Terbanyak di Piala Dunia

    Pele menjadi pemain Brasil yang memegang rekor memberikan assist terbanyak di Piala Dunia. Dalam empat turnamen ia muncul (1958, 1962, 1966, 1970), Pele memberikan 10 assist.

    Pada Piala Dunia 1970, ia membukukan enam assist termasuk dua kali di laga final. Rekor ini belum terpatahkan karena tidak ada pemain lain yang memberikan enam assist dalam satu edisi.

     

    6 dari 9 halaman

    5. Pencetak Gol Termuda di Piala Dunia

    Pele, hingga saat ini, adalah pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Dunia saat berusia 17 tahun. Pemain Brasil itu mencetak gol pertamanya saat melawan Wales di perempat final.

    Gol ini merupakan awal dari Brasil melangkah ke semifinal. Bahkan Tim Samba mampu meraih trofi Piala Dunia pertamanya.

     

    7 dari 9 halaman

    6. Pencetak Hattrick Termuda di Piala Dunia

    Di semifinal Piala Dunia 1958, Pele mencetak hattrick pertama di kancah nternasional saat Brasil mengalahkan Prancis 5-2.

    Dalam prosesnya, ia menjadi pemain termuda yang mencetak hattrick internasional pada usia 17 tahun dan 245 hari.

     

    8 dari 9 halaman

    Gol Terbanyak dalam Semusim

    Tidak hanya di Piala Dunia, Pele juga mencetak rekor untuk level klub. Dia mencetak 127 gol bagi Santos dalam satu musim pada 1959.

    Rekor ini hampir disaingi oleh Lionel Messi. Namun pemain asal Argentina ini hanya mencetak 91 gol di tahun 2012.

     

    9 dari 9 halaman

    Berapa Banyak Ballon d'Or yang Diraih Pele?

    Meskipun menjadi salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa, Pele tidak pernah memenangkan Ballon d'or. Penyebabnya, hingga 1995, penghargaan tersebut disediakan khusus untuk pesepak bola Eropa.

    Baru pada tahun 1995 penghargaan tersebut diperluas untuk mencakup pemain dari seluruh dunia. Pemain Liberia George Weah menjadi penerima penghargaan bagi pemain non-Eropa.

    Sumber: Goal

     

    Video Populer

    Foto Populer