Sukses


    5 Rivalitas Sengit dan Membara di Piala Dunia: Saking Panasnya Ada yang Memicu Perang Sepak Bola!

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 di Qatar akan bergulir dalam tiga bulan lagi. Piala Dunia edisi ke-22 tersebut bakal berlangsung mulai 21 November hingga 18 Desember 2022.

    Perhatian puluhan juta pencinta sepak bola dari seluruh penjuru dunia tentu saja akan terpusat ke Qatar. Ada laga-laga menarik yang bakal tersaji di Piala Dunia 2022.

    Misalnya saja ada laga Spanyol kontra Jerman di Grup E. Lalu duel Belgia vs Kroasia di Grup F maupun Portugal melawan Uruguay di Grup H.

    Namun, dari deretan big match tersebut, ada sejumlah rivalitas antardua negara di kancah internasional. Rivalitas ini sudah terjadi sejak bertahun-tahun lamanya.

    Berikut 5 rivalitas yang terjadi di kancah internasional hingga Piala Dunia. Simak juga sejarah terjadinya rivalitas antara dua negara ini.

     

    2 dari 6 halaman

    1. Meksiko Vs Amerika Serikat

    Dua negara ini memiliki persaingan yang sengit di sepak bola sejak 1934 saat berhadapan di Roma, Italia. Rivalitas terjadi mulai babak kualifikasi dan pemenangnya akan menjadi perwakilan zona Amerika Utara dan Tengah ke Piala Dunia.

    Amerika Serikat akhirnya menang 4-2 atas Meksiko dan melanjutkan langkah ke Piala Dunia. Sayangnya, Amerika Serikat pulang cepat karena langsung kalah 1-7 dari tuan rumah Italia yang kemudian jadi juara.

    Setelah itu, rivalitas keduanya terus terjadi di babak kualifikasi Piala Dunia. Akan tetapi, Meksiko lebih unggul dibandingkan Negara Paman Sam.

     

    3 dari 6 halaman

    2. Brasil Vs Argentina

    Laga Super Clasico Brasil vs Argentina dimulai pada 1914. Rivalitas antara Argentina dan Brasil bahkan menjadi persaingan paling sengit di dunia sepak bola internasional.

    Di setiap gelaran Piala Dunia, dua negara ini selalu masuk menjadi kandidat kuat calon juara. Bakat-bakat luar biasa seperti Pele, Ronaldo, Maradona hingga Messi muncul dari dua negara ini.

    Jika keduanya bertemu di babak kualifikasi, kejadian kontroversi kerap terjadi. Bahkan pertemuan terakhir kedua tim pada 2021 terhenti saat Kementerian Kesehatan Brasil masuk karena ada pemain Argentina menjalani karantina Covid-19.

     

    4 dari 6 halaman

    3. Jerman Vs Belanda

    Tidak hanya panas di lapangan hijau, laga Jerman melawan Belanda juga memiliki bumbu politik. Persaingan keduanya terjadi saat Perang Dunia II, saat Jerman di bawah Nazi menduduki Belanda selama lima tahun.

    Perasaan anti-Jerman menjadi tertanam dalam jiwa nasional Belanda. Ini memanifestasikan dirinya dalam keputusasaan untuk mengalahkan Jerman di sepak bola.

    Keduanya akhirnya bertemu dalam pertandingan kompetitif, yakni di laga final Piala Dunia 1974. Sayangnya Belanda kalah dan menjadi hari berkabung nasional pada saat itu.

     

    5 dari 6 halaman

    4. Honduras Vs El Salvador

    Perang antarnegara ternyata bisa meluas hingga lapangan hijau. Hal ini yang terjadi antara Honduras ketika menghadapi El Salvador di kancah sepak bola internasional.

    Peristiwa itu terjadi pada laga kualifikasi Piala Dunia 1970 antara Honduras vs El Salvador yang berlangsung secara brutal. Laga berlangsung ricuh hingga menimbulkan perang sepak bola atau perang 100 jam dan merenggut sekitar 6.000 nyawa.

    Hubungan antara dua negara yang memanas terkait sengketa perdagangan, reformasi sosial, dan perbatasan menjadi penyebabnya. Akhirnya ajang sepak bola pada laga kualifikasi menjadi api penyulut yang mengakibatkan peperangan.

     

    6 dari 6 halaman

    5. Inggris Vs Skotlandia

    Pertandingan sepak bola antara Inggris vs Skotlandia menjadi laga internasional tertua di dunia. Laga pertama keduanya berlangsung pada 1872 di Glasgow.

    Persaingan muncul pada laga yang selalu mereka gelar setiap tahun dari 1872 hingga 1989, terlepas dari jeda karena Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Pada 1967, hanya satu tahun setelah Inggris memenangkan Piala Dunia, Skotlandia mengalahkan Inggris di Stadion Wembley.

    Skotlandia menyatakan diri sebagai tim terbaik di dunia setelah mengalahkan sang juara dunia, Inggris.

    Sumber: dari berbagai sumber 

    Video Populer

    Foto Populer