Sukses


    Geng Elite Nih, 8 Negara yang Koleksi Gelar Piala Dunia: Belanda Masih Sebatas Berharap

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia sudah merampungkan 21 edisi, yang berlangsung sejak 1930. Dari 21 perhelatan Piala Dunia tersebut, hanya delapan negara yang meraih gelar juara.

    Brasil adalah negara yang paling banyak tampil yakni di 21 edisi Piala Dunia. Selecao selalu berpartisipasi di setiap edisi Piala Dunia.

    Jerman yang paling mendekati mereka dengan 19 kali penampilan. Der Panzer hanya absen saat menolak undangan pada Piala Dunia 1930 dan dilarang tampil tahun 1950 usai perang dunia II.

    Dari banyaknya kesempatan bermain di Piala Dunia ini, tentu saja menambah peluang mereka untuk menjadi juara. Jika gagal di kesempatan pertama, mungkin saja mereka akan beruntung di kesempatan selanjutnya.

    Berikut delapan negara yang pernah meraih gelar juara dunia. Sayangnya tidak ada Belanda yang pernah mendapat kesempatan tiga kali berlaga di final Piala Dunia.

     

    2 dari 9 halaman

    1. Brasil

    Selain paling banyak tampil di Piala Dunia, Brasil merupakan negara tersukses meraih gelar juara. Selecao sudah menyabet lima trofi Piala Dunia.

    Mereka mendapatkan gelar juara pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Bahkan pada 1970, trofi Piala Dunia Julies Rimet menjadi milik Brasil selamanya karena sebagai negara pertama peraih 3 gelar juara.

     

    3 dari 9 halaman

    2. Jerman

    Jerman merupakan tim kedua yang tampil terbanyak di Piala Dunia. Mereka juga punya banyak trofi, tepatnya empat kali. 

    Der Panzer menyabet gelar juara Piala Dunia pada 1954, 1974, 1990, dan terakhir 2014. Mereka bisa menjadi juara meski terkadang tidak menjadi favorit.

     

    4 dari 9 halaman

    3. Italia

    Nasib Italia sungguh ragis karena dua kali berturut-turut tidak berpartisipasi di Piala Dunia yakni 2018 dan 2022. Namun mereka sudah mengoleksi empat trofi juara.

    Azzurri meraih gelar juara pada 1934, 1938, 1982, dan 2006. Terakhir kali mereka juara saat sepak bola Italia dilanda kasus pengaturan skor atau Calciopoli.

     

    5 dari 9 halaman

    4. Uruguay

    Uruguay adalah negara pertama yang meraih gelar Piala Dunia saat menjadi tuan rumah pada 1930. Mereka baru merengkuh gelar juara dunia kedua 20 tahun kemudian atau pada 1950.

    Pada saat ini, Uruguay juga merupakan satu di antara tim kuat di Piala Dunia. Sayangnya, penampilan mereka terkadang inkosisten di Piala Dunia.

     

    6 dari 9 halaman

    5. Argentina

    Tidak mau kalah dari tetangganya, Argentina juga mengoleksi dua gelar trofi Piala Dunia. Mereka pertama kali mendapatkan gelar juara pada 1978 saat menjadi tuan rumah.

    Kemunculan Diego Maradona berhasil membuat mereka menambah koleksi gelar Piala Dunia pada 1986. Kini, publik masih menantikan apakah Lionel Messi mampu membawa gelar ketiga Piala Dunia ke Argentina.

     

    7 dari 9 halaman

    6. Prancis

    Menjelang pergantian milenium kedua, Prancis akhirnya berhasil merengkuh gelar Piala Dunia. Gelar juara Piala Dunia pertama, mereka dapatkan tahun 1998 saat menjadi tuan rumah.

    Dua puluh tahun kemudian atau di tahun 2018, Les Blues berhasil menggandakan trofi Piala Dunia di lemari mereka. Pada 2022 Prancis lagi-lagi masih jadi kandidat kuat juara.

     

    8 dari 9 halaman

    7. Inggris

    Rakyat Inggris mengklaim sepak bola berasal dari negaranya. Namun, mereka baru sekali meraih gelar juara dunia pada 1966 saat menjadi tuan rumah.

    Timnas Inggris selalu menjadi momok menakutkan bagi lawan-lawannya di Piala Dunia. Sayangnya mereka selalu gagal di setiap edisi Piala Dunia.

     

    9 dari 9 halaman

    8. Spanyol

    Negara paling anyar yang meraih gelar Piala Dunia adalah Spanyol. Tim Matador meraih gelar juara dunia pada tahun 2010 di Afrika Selatan.

    Padahal mereka baru pertama kali berhasil ke partai final. Berbekal talenta-talenta berbakat seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez hingga Sergio Ramos, mereka sukses mencium trofi Piala Dunia.

    Sumber: Planet Football

    Video Populer

    Foto Populer