Sukses


    4 Top Scorer Sepanjang Masa Timnas Italia di Piala Dunia: Deretan Maestro Hebat Gli Azzurri

    Bola.com, Jakarta - Timnas Italia merupakan satu di antara kekuatan sepak bola Eropa dan dunia dengan ciri khas permainan tersendiri. Tim berjulukan Gli Azzurri itu melahirkan begitu banyak pemain hebat dalam sejarah sepak bolanya.

    Hal tersebut tidak mengherankan karena Timnas Italia disokong kompetisi domestik yang hebat dan memiliki banyak pemain kelas dunia. Gli Azzurri menjadi satu di antara tim nasional tersukses dalam sejarah Piala Dunia.

    Bersama Timnas Jerman, Italia merupakan tim dengan raihan empat trofi Piala Dunia, tertinggal satu trofi di belakang Timnas Brasil yang unggul satu gelar lebih banyak.

    Dengan melimpahnya pemain hebat yang pernah malang melintang di Timnas Italia, ada beberapa nama yang identik dengan kesuksesan La Nazionale pada masanya.

    Berikut para pemain Timnas Italia dengan jumlah gol terbanyak ketika tampil di Piala Dunia.

    2 dari 5 halaman

    Roberto Baggio - 9 Gol

    Pemain jenius yang satu ini memang merupakan talenta unik yang pernah dimiliki Timnas Italia. Memiliki rambut yang sedikit panjang di bagian belakang kepalanya menjadi ciri khas Roberto Baggio.

    Dari tiga edisi Piala Dunia yang pernah diikutinya, mulai 1990, 1994, dan 1998, Baggio mencetak 9 gol dari 16 kali bermain. Jumlah gol tersebut menjadikannya pencetak gol terbanyak Timnas Italia di gelaran Piala Dunia hingga saat ini.

    3 dari 5 halaman

    Paolo Rossi - 9 Gol

    Paolo Rossi, seorang striker yang sempat dilarang bermain sepak bola dan juga sempat kehilangan bentuk permainannya, mampu membuktikan kejayaannya. Ia pernah meraih Ballon d'Or pada 1982 setelah membawa Timnas Italia juara Piala Dunia pada tahun itu.

    Striker yang juga di turnamen edisi tersebut menyabet gelar top scorer dan pemain terbaik ini, total sudah mengemas 9 gol dari 14 laga dalam tiga edisi Piala Dunia berbeda.

    Sang legenda kini sudah berpulang pada 2020 lalu. Pahlawan Piala Dunia itu mengembuskan napas terakhirnya pada usia 64 tahun.

    4 dari 5 halaman

    Christian Vieri - 9 Gol

    Bomber yang akrab disapa Bobo ini berhasil menjadi pemegang tongkat estafet striker elite Timnas Italia. Vieri merupakan salah satu striker murni terbaik yang pernah dimiliki Italia. Dia merupakan bagian skuad Italia di Piala Dunia 1998, Piala Dunia 2002, dan Euro 2004.

    Vieri yang meraih masa kejayaannya di akhir 1990-an hingga pertengahan 2000-an ini juga membukukan 9 gol seperti dua pendahulunya di atas.

    Namun, catatan Vieri lebih spesial karena 9 golnya berhasil ia raih hanya dari 2 edisi Piala Dunia, yaitu 1998 dan 2002.

    5 dari 5 halaman

    Salvatore Schillaci - 6 Gol

    Terkadang orang yang tak dianggap justru jadi pembeda di lapangan. Salvatore Schillaci pernah mengalaminya saat bersama Timnas Italia di Piala Dunia 1990.

    Anggapan ini cocok disematkan kepada Schillaci. Ia tidak perlu derasan keringat yang keluar dari tubuhnya untuk terbang ke Piala Dunia. Dia hanya perlu satu pertandingan untuk meyakinkan pelatih Timnas Italia saat itu, Azeglio Vicini, bahwa dia layak diberi kesempatan.

    Secara keseluruhan karier profesionalnya hampir tidak ada tinta emas yang ditorehkan. Mantan penyerang Juventus dan Inter Milan ini adalah top scorer di Piala Dunia 1990 dengan 6 gol dari 7 laga.

    Sayangnya, Piala Dunia 1990 adalah satu-satunya turnamen besar yang pernah diikuti Schillaci bersama Timnas Italia.

    Sumber: Diolah dari Berbagai Sumber

    Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan/Ari Prayoga, published 11/8/2022)

    Video Populer

    Foto Populer