Sukses


5 Final Dramatis di Piala Dunia: Kontroversi Tandukan Kepala hingga Misteri Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Ratusan negara terdaftar sebagai anggota FIFA, tetapi hanya ada 13 negara yang mampu mencapai final Piala Dunia. Dari 13 negara ini, hanya ada delapan negara yang pernah membawa pulang trofi Piala Dunia.

Uruguay, Italia, Jerman, Brasil, Inggris, Argentina, Prancis, dan Spanyol adalah negara yang pernah membawa pulang trofi Piala Dunia. Lalu lima negara yang pernah berlaga di final tetapi belum pernah juara yakni Republik Cheska, Hungaria, Swedia, Belanda, dan terakhir Kroasia.

Tidak hanya mencatatkan sejarah berlaga di final hingga meraih gelar juara dunia, ada sejumlah cerita di setiap laga pamungkas. Cerita menarik memang selalu terjadi di 21 edisi Piala Dunia yang telah berlangsung dari 1930 hingga terakhir 2018.

Ada laga final yang berjalan sangat menghibur, dramatis, bahkan hal kontroversial juga pernah terjadi. Laga-laga final yang memenuhi unsur-unsur tersebut pasti akan dikenang sepanjang masa.

Berikut lima final Piala Dunia yang berlangsung secara dramatis hingga berbau kontroversial. Tentu saja pertandingan ini menguras emosi bagi yang menonton apalagi pendukung kedua tim.

 

2 dari 6 halaman

5. Italia 1-1 Prancis (Piala Dunia 2006)

Secara permainan, laga final Piala Dunia 2006 antara Italia melawan Prancis memang tidak spesial. Namun, ada hal kontroversi yang mencuat dan terkenang hingga kini.

Pelaku dari kontroversi tersebut adalah pemain yang mencetak gol bagi masing-masing timnya, Marco Materazzi dan Zinedine Zidane. Laga berlangsung sama kuat hingga harus berlanjut ke perpanjangan waktu.

Saat perpanjangan waktu Zidane tiba-tiba menanduk dada Materazzi hingga akhirnya sang kapten Prancis mendapat kartu merah. Italia akhirnya keluar sebagai juara usai menang di babak adu penalti.

 

3 dari 6 halaman

4. Jerman 0-2 Brasil ( Piala Dunia 2002)

Brasil melakukan penebusan pada Piala Dunia 2002 Jepang dan Korea Selatan. Empat tahun sebelumnya atau di Piala Dunia 1998, Brasil kalah 0-3 dari Prancis pada laga final.

Pada Piala Dunia yang pertama kali berlangsung di Benua Asia, Brasil mengamuk. Selecao menyapu bersih setiap laga di Piala Dunia dengan kemenangan dalam 90 menit.

Itu juga mereka lakukan pada laga final saat Brasil menghadapi Jerman. Bintang Selecao, Ronaldo mencetak dua gol pada final yang berkesudahan 2-0 untuk Brasil.

 

4 dari 6 halaman

3. Brasil 0-3 Prancis (Piala Dunia 1998)

Bertindak selaku tuan rumah, Prancis akhirnya berhasil menembus laga final Piala Dunia 1998. Mereka harus menghadapi juara bertahan Brasil di pertandingan pamungkas.

Ada hal kontroversi menjelang laga final karena Ronaldo tiba-tiba sakit hingga tidak sadarkan diri. Bahkan namanya sempat tidak ada dalam daftar pemain yang akan bertanding di Stade de France.

Namun, tiba-tiba Ronaldo hadir di lapangan tetapi bermain secara ling-lung tak menentu arah. Brasil akhirnya kalah telak di laga ini dari Prancis dan merupakan final anti klimaks.

 

5 dari 6 halaman

2. Brasil 4-1 Italia (Piala Dunia 1970)

Brasil tidak pernah absen sejak Piala Dunia pertama 1930 hingga yang terakhir pada 2018. Nama-nama pemain bintang Brasil bermunculan mulai dari Pele, Ronaldo, hingga Neymar.

Namun, pada Piala Dunia 1970, Brasil tidak hanya mengandalkan Pele tetapi permainan indah seluruh tim. Mereka bermain secara kolektif dan indah hingga akhirnya melaju ke final untuk menghadapi Italia.

Azzurri bahkan harus bertekuk lutut karena kalah 1-4 dari Brasil. Selecao menjadi negara peraih tiga trofi Piala Dunia dan berhak menyimpan trofi Jules Rimet serta Pele jadi satu-satunya pemain hingga saat ini yang meraih tiga trofi Piala Dunia.

 

6 dari 6 halaman

1. Inggris 4-2 Jerman Barat (Piala Dunia 1966)

Laga final Piala Dunia 1966 antara Inggris melawan Jerman membawa sisi historis setelah Perang Dunia Kedua. Jerman mampu membuat para suporter tuan rumah yang hadir di Wembley terdiam saat unggul terlebih dahulu melalui Helmut Haller di menit ke-11.

Inggris berhasil menyamakan kedudukan bahkan berbalik unggul melalui gol Geoff Hurst menit 19 dan Martin Peters menit 78. Jerman tidak mau malu hingga akhirnya menyamakan kedudukan di pengujung laga lewat gol Wolfgang Weber.

Pertandingan akhirnya berlanjut ke perpanjangan waktu dan menjadi aksi Geoff Hurst. Pemain nomor 10 Inggris ini mencetak dua gol tambahan di babak perpanjangan waktu dan mempersembahkan gelar Piala Dunia satu-satunya Inggris hingga saat ini.

Sumber: Sportkeeda 

Video Populer

Foto Populer