Sukses


Subur di Dalam, Produktif di Luar : Ini Sosok Pencetak Hattrick di Piala Dunia

Bola.com, Jakarta - Pemain veteran Tim Nasional (Timnas) Swiss, Xherdan Shaqiri mengaku sudah tak sabar ingin beraksi di Piala Dunia 2022. Pilar penting berusia 30 tahun itu maju tak gentar meski Swiss kembali berada saru grup dengan langganan juara Piala Dunia, Brasil.

Sama-sama bersemanyam di Grup G, dua kontestan lagi yang harus diwaspadai Shaqiri dkk. adalah Serbia dan Kamerun. "Grup ini tentunya tidak akan mudah dan saya cukup terkejut karena pesertanya hampir sama dengan empat tahun lalu di Rusia. Bedanya, kali ini, hanya Kamerun yang baru. Saya sudah tak sabar," kata Shaqiri, dilansir Chicago Fire.

 

2 dari 7 halaman

Bakal Hebat

Swiss kembali menaruh asa besar di pundak Shaqiri. Gelandang serang yang pernah memperkuat sejumlah klub beken seperti Bayern Munchen dan Liverpool itu bakal masuk starting XI racikan Murat Yakin.

Di Piala Dunia 2014 dan 2018, Shaqiri punya kontribusi besar di balik kesuksesan Swiss melangkah hingga babak 16 besar. Khusus di Piala Dunia 2014, Shaqiri malah mengemas hat-trick yang membuat pemain yang kini memperkuat Lyon itu melimpah sanjungan.

 

3 dari 7 halaman

Nama Lain

Shaqiri memborong tiga lesakan, sekaligus menjadi pahlawan kemenangan kala La Nati menggiling Honduras tiga gol tanpa balas di fase grup. Di pentas sekelas Piala Dunia, memahat hat-trick merupakan suatu pencapaian hebat karena tak semua pemain bisa melakukannya.

Selain Shaqiri, di bawah ini ada empat pemain lain yang juga sukses dikenang sepanjang masa karena mampu mencetak hat-trick di pentas terakbar empat tahunan. Siapa saja?

 

4 dari 7 halaman

Harry Kane (Inggris)

Piala Dunia: 2018

Putaran: Babak Grup

Pertandingan: Inggris 6-1 Panama

Seperti diprediksi sebelum laga, Panama bukanlah lawan yang sepadan bagi Inggris. Selain dijejali pemain top, Inggris juga sukses mengawali duel Grup G dengan melumat Tunisia 2-1.

Sementara itu, Panama mendapat malu ketika kalah dari Belgia dengan skor 0-3. . Benar saja, bentrok Inggris vs Panama berjalan timpang. Tiga Singa masih terlalu tangguh.

Walhasil, Panama keok 1-6. Kane tampil ngeri. Sang idola mengemas hat-trick dan menjadi pemain pertama Inggris yang mampu melakukannya di Piala Dunia dalam 32 tahun terakhir.

 

5 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo (Portugal)

Piala Dunia: 2018

Putaran: Babak Grup

Pertandingan: Portugal 3-3 Spanyol

Di mana ada bang Dodo, di situ ada gol. Nggak di klub, nggak di timnas, gol bang Dodo selalu dinanti. Di Piala Dunia 2018, pemain yang kini terpinggirkan di Manchester United itu sosok menakutkan bagi lawan.

Saat bersua Spanyol di laga pembuka Grup B, eks Juventus dan Real Madrid ini tampil kesetanan yang berujung hat-trick. Duel berakhir imban 3-3. Bisa cetak hat-trick lagi di Piala Dunia 2022 Qatar, bang Dodo?

 

6 dari 7 halaman

Thomas Muller (Jerman)

Panser Eropa langsung tancap gas. Mengawali petualangannya di Piala Dunia 2014, Jerman tanpa ampun melibas Portugal 4-0 dalam laga pembuka Grup G. Tak pakai lama, Jerman sudah unggul via gol kilat Thomas Muller pada menit ke-12.

Muller kembali menambah dua gol yang masing-masing diceploskannya pada menit ke-45 dan 78'. Sebiji lesakan lagi dicetak Mats Hummels. Tak hanya menjadi neraka bagi Portugal, Jerman juga menjadi yang terbaik di edisi ini. Di final, Muller dkk merontokkan Argentina 1-0.

 

7 dari 7 halaman

Gonzalo Higuain (Argentina)

Piala Dunia: 2010

Putaran: Babak Grup

Pertandingan: Argentina 4-1 Korea Selatan

Masih ada yang kenal, Higuain? Kalau sudah lupa, ini bukti kalau dia pernah jadi buah bibir. Di Piala Dunia 2010, saat bentrok kontra Korea Selatan dalam laga kedua Grup B, Higuain mengemas hat-trick yang membuatnya menuai pujian dari sang pelatih Diego Maradona.

Saat itu, Higuain yang sejak 2020 memperkuat Inter Miami, masih berusia 22 tahun. Sayang, Argentina terhenti di babak perempat final.

Video Populer

Foto Populer