Sukses


    5 Bintang Andalan Portugal di Piala Dunia 2022: Misi Ambisius Cristiano Ronaldo

    Bola.com, Jakarta - Timnas Portugal termasuk tim kuat di Piala Dunia meski belum pernah menjadi juara. Portugal mencatatkan debut pada Piala Dunia 1996 di Inggris, saat generasi Coluna dan Eusebio. 

    Penampilan kedua Portugal terjadi 20 tahun kemudian atau pada Piala Dunia 1986 Meksiko. Setelah Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang, Portugal tidak pernah absen di Piala Dunia.

    Prestasi tertinggi tim yang dijuluki Seleccao das Quinas di Piala Dunia adalah mencapai semifinal pada 2006. Saat itu, Portugal berisi generasi emas seperti Rui Costa, Luis Figo, dan bakat muda Cristiano Ronaldo.

    Namun, setelah itu prestasi mereka mentok hingga babak 16 besar bahkan tersingkir cepat pada Piala Dunia 2014. Kini mereka hadir dengan sejumlah pemain andalan menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar.

    Ini lima pemain yang kemungkinan menjadi pilar Timnas Portugal pada Piala Dunia 2022. Akankah mereka melangkah lebih jauh bahkan meraih gelar juara di Qatar?

     

    2 dari 6 halaman

    1. Joao Cancelo

    Pelatih Portugal, Fernando Santos, menganggap bek kanan berusia 28 tahun, Joao Cancelo, sebagai pemain penting baginya. "Saya pikir Cancelo adalah bek sayap terbaik di dunia saat ini," kata Santos.

    Cancelo berada di lapangan selama 694 menit saat Portugal mengarungi babak Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Fakta ini menandakan kehadirannya sangat dibutuhkan bagi Santos dan Portugal.

    Bek Manchester City itu juga bisa bermain di kedua sisi lapangan. Dia juga memiliki kecepatan dan kemampuan yang sama baiknya saat menyerang maupun bertahan.

     

    3 dari 6 halaman

    2. Ruben Dias

    Serupa dengan Cancelo, Ruben Dias adalah pemain produk Akademi Benfica yang kini bermain di Manchester City. Pemain berusia 25 tahun itu bisa memainkan posisi sebagai bek tengah atau gelandang dengan sama baiknya.

    Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengatakan Dias adalah pemain terbaik dan penting baginya. "Dia sempurna di dalam dan di luar lapangan, serta selalu bermain bagus dan membuat semua orang di sekitarnya bermain apik juga," kata Guardiola.

     

    4 dari 6 halaman

    3. Bruno Fernandes

    Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, termasuk dalam jajaran pemain tengah mumpuni di dunia. Setelah pindah dari Sporting ke United, Bruno bermain kompetitif.

    Pemain berusia 27 tahun tersebut juga menjadi penentu Portugal meraih tiket Piala Dunia. Dia mencetak satu gol saat playoff menghadapi Makedoneia dan membuat Portugal menang 2-0.

     

    5 dari 6 halaman

    4. Cristiano Ronaldo

    Cristiano Ronaldo bukan saja pilar bagi Portugal di Piala Dunia 2022, tetapi juga seorang kapten. Tugasnya tidak hanya mencetak gol, tetapi juga harus memompa semangat rekan-rekannya.

    Piala Dunia di Qatar kemungkinan akan menjadi ajang terakhir bagi pemain berusia 37 tahun ini. Faktor ini yang bakal membuatnya bakal tampil habis-habisan demi mendapatkan gelar juara.

     

    6 dari 6 halaman

    5. Bernardo Silva

    Fernando Santos pastinya akan menulis nama Bernardo Silva terlebih dahulu saat penentuan skuad Portugal untuk Piala Dunia 2022. Dia merupakan pemain Portugal yang paling banyak tampil saat babak kualifikasi Piala Dunia 2022, dengan 734 menit.

    Gelandang berusia 28 tahun itu juga menjadi pemain penting bagi Manchester City. Bahkan ketika sejumlah klub seperti Barcelona mengincarnya, Manchester City langsung memagarinya.

    Sumber: FIFA

    Video Populer

    Foto Populer