Sukses


    Profil Kontestan Piala Dunia 2022 : Spanyol

    Bola.com, Jakarta - Setelah Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Timnas Spanyol seakan tenggelam ditelan bumi. Pencapaian La Furia Roja masih jauh dari kata memuaskan. Pada Piala Dunia 2014, mereka gagal mempertahankan gelar dan justru terkapar di fase grup.

    Empat tahun kemudian di Rusia, Spanyol juga melempem. Mengapungkan target tinggi, Spanyol tersungkur di babak 16 besar. Dua kegagalan tersebut membuat Spanyol bertekad mengulang sukses. Armada Luis Enrique sudah melupakan semua kegagalan di belakang.

    "Kini kami fokus ke Piala Dunia 2022," kata Enrique.

    Hanya, dari skuad bayangan saat ini, dua nama beken santer tak masuk daftar. Keduanya adalah bek tangguh Sergio Ramos (Paris Saint Germain) dan pemain muda Ansu Fati (Barcelona).

    Keduanya tak dipanggil jelang jeda internasional akhir bulan ini. Spanyol bakal melakoni dua laga UEFA Nations League kontra Swiss dan Portugal. Nama lain yang juga terpinggirkan adalah Thiago Alcantara, Marc Cucurella, serta David De Gea.

    Dilansir Marca, tak dipanggilnya pemain-pemain tadi karena Enrique menilai sudah mendapatkan pemain yang lebih baik. Bisa dibilang, Enrique dan pasukannya mengusung misi berat ke Qatar.

    "Luis Enrique adalah fenomena dan pelatih yang luar biasa. Dia aset berharga di timnas. Dia membangun timnya dengan hebat dan akan menjadi pembeda di Piala Dunia 2022," kata Juan Carlos Garrido, eks pelatih Real Betis yang juga asal Spanyol.

    2 dari 7 halaman

    Profil Pemain Bintang: Sergio Busquets

    Dia dijuluki pahlawan dalam sunyi. Itu karena dia berada di bawah bayang-bayang bintang Barcelona lainnya, termasuk Lionel Messi yang kini hengkang ke Paris Saint Germain. Padahal, sukses besar yang dituai Blugrana kala masih ditukangi Pep Guardiola, tak lepas dari kontribusi Busquets.

    Di timnas, Busquets juga bukan "siapa-siapa" ketimbang Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Carles Puyol, atau Sergio Ramos. Namun, gelandang 34 tahun itu ikut merasakan manisnya gelar juara Piala Dunia 2010 serta Euro 2012.

    Kaya pengalaman, Spanyol menaruh harapan besar di pundak sang veteran. Setelah 2010, Tim Matador tak pernah lagi menjadi yang terbaik. Empat tahun lalu di Rusia, La Furia Roja hanya bertahan sampai babak 16 besar.

    "Saya tahu betapa pentingnya dia bagi kami. Dia seorang gelandang yang sempurna, baik saat bertahan maupun menyerang," sanjung Luis Enrique, sang pelatih, terkait peran Busquets di Piala Dunia 2022.

    3 dari 7 halaman

    Profil Pelatih: Luis Enrique

    Enrique punya catatan tersendiri di Timnas Spanyol. Setelah sempat mengundurkan diri karena ingin fokus menguru punterinya yang terkena kanker tulang, PSSI-Spanyol kembali menunjuknya sebagai arsiteki tim pada 2019.

    Di bawah Enrique, Spanyol tampil cukup mengesankan di Euro 2020. Mereka melaju ke semifinal sebelum dihentikan Italia via adu penalti yang berakhir dengan kekalahan 2-4.

    Meski begitu, Enrique tetap dipercaya menukangi Busquets dkk di ajang Piala Dunia 2022 dengan target kembali menguasai dunia.

    Dipatok target tinggi, Enrique yang juga pernah membesut AS Roma dan Barcelona maju tak gentar. Termasuk ketika harus melewati tiga laga di Grup E kontra Jepang, Kosta Rika, dan tim kuat Jerman.

    "Kami akan sangat menikmati setiap laga dan kami selalu optimistis. Kami akan menaklukkan dunia," katanya.

    Jika Enrique bisa merealisasikan target tinggi tersebut, maka dia akan menyamai pencapaian hebat pelatih kenamaan Spanyol, Vicente del Bosque. Del Bosque dikenang karena sukses memahat sejarah spekatuler di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

    4 dari 7 halaman

    Prediksi Skuad

    • Kiper: Unai Simon (Athletic Bilbao), David Raya (Brentford), Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion).
    • Bek: Jordi Alba (Barcelona), César Azpilicueta (Chelsea), Dani Carvajal (Real Madrid), Iñigo Martínez (Athletic Bilbao), Pau Torres (Villarreal), Eric Garcia (Barcelona), Diego Llorente (Leeds United), Marcos Alonso (Chelsea).
    • Gelandang: Sergio Busquets (Barcelona), Koke (Atlético Madrid), Thiago Alcantara (Liverpool), Rodri (Manchester City), Dani Olmo (RB Leipzig), Marcos Llorente (Atletico Madrid), Gavi (Barcelona), Carlos Soler (Valencia).
    • Depan: Álvaro Morata (Juventus), Marco Asensio (Real Madrid), Ferran Torres (Barcelona), Pablo Sarabia (Sporting CP), Ansu Fati (Barcelona), Raal de Tomas (Espanyol).

     

    5 dari 7 halaman

    Jadwal Pertandingan

    Rabu, 23 November 2022Spanyol vs Kosta Rika (Stadium Al Thumama)

    Senin, 28 November 2022Spanyol vs Jerman (Stadium Al Bayt Al Khor)

    Jumat, 2 Desember 2022Jepang vs Spanyol (Stadion Internastional Khalifa)

    6 dari 7 halaman

    Road to Qatar

    Spanyol memang memuncaki klasemen Grup B, namun pelatih Luis Enrique mengaku sempat deg-degan. Mantan pembesut Barcelona itu seperti baru saja melepas beban berpuluh-puluh kilo gram beratnya.

    "Saya telah melepas tas punggung seberat 100 kg. Ini lebih berat dari Euro atau final four Nations League," katanya.

    14/11/2021: Spanyol 1 - 0 Swedia

    11/11/2021: Yunani 0 - 1 Spanyol

    08/09/2021: Kosovo 0 - 2 Spanyol

    05/09/2021: Spanyol 4 - 0 Georgia

    02/09/2021: Swedia 2 - 1 Spanyol

    31/03/2021: Spanyol 3 - 1 Kosovo

    28/03/2021: Georgia 1 - 2 Spanyol

    25/03/2021: Spanyol 1 - 1 Yunani

    7 dari 7 halaman

    Saksikan Semarak Piala Dunia 2022 di Emtek Group

    SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Group yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia bakal memanjakan pecinta bola Tanah Air dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan yang pastinya seru nih.

    Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan Moji. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

    Tayanan Piala Dunia juga bisa disaksikan lewat saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio.

    Piala Dunia 2022 akan dimulai 21 November 2022. Rangkaian Piala Dunia 2022 di Emtek Group sudah dimulai sejak pengundian fase grup pada 1 April 2022 di Doha, Qatar.

    Video Populer

    Foto Populer