Sukses


    Profil Kontestan Piala Dunia 2022: Kroasia

    Bola.com, Jakarta - Tampil heboh di Piala Dunia 2018, Timnas Kroasia kini mencoba peruntungan selanjutnya di Piala Dunia 2022 Qatar.

    Di Rusia, empat tahun silam, secara mengejutkan Timnas Kroasia merangsek ke final. Mereka akhirnya harus puas sebagai runner up usai dikalahkan Prancis 2-4. Toh begitu, Luka Modric dkk tetap disambut bak pahlawan.

    Soalnya, itulah kali pertama Vatreni, julukan Timnas Kroasia, sukses menyentuh babak paling bergengsi. Di fase grup, mereka melibas tim favorit Argentina tiga gol tanpa balas. Di babak 16 besar mereka menyingkirkan Denmark, di perempat final mengempaskan Rusia, dan di semifinal melumat Inggris.

    Di Piala Dunia 2022, Timnas Kroasia tergabung di Grup F. Mereka bersaing dengan Belgia, Maroko, dan Kanada. Melihat materi pemain yang ada saat ini, sepertinya tak banyak perubahan. Dengan demikian, Kroasia berpeluang kembali membuat kejutan.

     

    2 dari 6 halaman

    Pemain Bintang: Luka Modric

    Berusia 37 tahun, Luka Modric belum habis. Di Real Madrid, klub yang dibelanya sejak 2012, Modrid tetap jadi andalan. Kendati tak memiliki postur tubuh tinggi besar seperti kebanyakan pemain Eropa, gelandang elegan ini bermain sangat lincah. Gocekannya dan umpan-umpannya juga sungguh berkelas.

    Loyalitas, juga totalitasnya di Madrid menghasilkan banyak trofi. Pencapaian Modric yang paling berkesan adalah koleksi lima gelar juara Liga Champions.

    Banjir gelar di klub, kini saatnya bagi Modric menorehkan sejarah di pentas sepak bola tertinggi. Empat tahun lalu di Rusia, di ajang Piala Dunia 2028, Modric dkk nyaris menggenggam dunia. Melaju ke final, Kroasia yang sempat tak divaforitkan di awal turnamen, kalah 2-4 dari Prancis.

    Walau berstatus runner up, Kroasia tetap banjir pujian. Soalnya, itu merupakan pencapaian terbaik mereka. Lebih baik dari Piala Dunia 1998, saat mereka sukses merengkuh peringkat ketiga.

    Apakah kapten Modric bisa kembali tampil gemilang di Qatar? Semoga.

     

    3 dari 6 halaman

    Profil Pelatih: Zlatko Dalic

    Di panggung internasional, nama Dalic memang kalah mentereng dari pelatih lainnya macam Tite (Brasil), Didier Deschamps (Prancis), dan Luis Enrique (Spanyol).

    Namun, sejak Piala Dunia 2018, pandangan orang-orang tentang Dalic kontan berbalik. Nakhoda berusia 55 tahun itu disanjung setinggi langit. Soalnya, Kroasia secara mengejutkan justru berhasil menggapai final. Bersua Prancis, Vatreni terjungkal 2-4.

    Dalic dipercaya menukangi timnas sejak 2017. Kepercayaan tersebut direspons Dalic dengan kerja keras. Gaya kepemimpinannya membuat semua pemain merasa nyaman.

    Dalic juga tipikal pelatih yang kerap gonta-ganti formasi. Sukses Kroasia empat tahun lalu di Rusia tak lepas dari ragam formasi yang dimainkan. Dalic menerapkan 4-2-3-1, 4-3-2-1, dan 4-1-4-1 bergantung siapa lawan yang dihadapi.

    Menyandang status finalis di edisi sebelumnya, Kroasia akan menjadi ancaman serius bagi semua lawan. Tak menutup kemungkinan Dalic bakal memahat sejarah baru.

     

    4 dari 6 halaman

    Perkiraan Skuad

    • Kiper: Dominik Livakovi ( Dinamo Zagreb), Ivo Grbi (Lille), Ivica Ivušić (osijek).
    • Bek: Mile korić (osijek), Borna Bariši (Rangers), Duje Caleta-Car (Marseille), Marin Pongračić (Borussia Dortmund), Borna Sosa (VfB Stuttgart), Joško Gvardiol (RB Leipzig), Domagoj Vida (Beşiktaş), Josip Juranovic (Celtic).
    • Tengah: Nikola Moro (Moskow), Mateo Kovačić (Chelsea), Luka Modric (Real Madrid), Lovro Majer (Rennes), Nikola Vlašić (West Ham), Mario Pašalić (Atalanta), Kristijan Jakić (Eintracht Frankfurt), Ivan Rakitic (Sevilla).
    • Depan: Ivan Perišić (Inter Milan), Andrej Kramarić (1899 Hoffenheim), Marko Livaja (Hajduk Split), Ante Budimir (Osasuna), Mislav Oršić (Dinamo Zagreb).

     

    5 dari 6 halaman

    Jadwal Pertandingan di Piala Dunia 2022

    Rabu, 23 November 2022

    • Kroasia vs Maroko (Al Bayt Al-Khor Stadium)

    Minggu, 27 November 2022

    • Kroasia vs Kanada (Khalifa Internasional Stadium)

    Kamis, 1 Desember 2022

    • Kroasia vs Belgia (Al Rayyan Stadium)

     

    6 dari 6 halaman

    Road to Qatar

    Langkah Kroasia ke putaran final Piala Dunia 2022 terbilang enteng. Mereka nyaris tak terkalahkan dalam 10 laga di babak kualifikasi zona Eropa.

    Kroasia mengemas tujuh kemenangan, dua kali seri, dan hanya kalah sekali. Bercokol di puncak klasemen Grup H dengan torehan 23 poin, Kroasia kini siap kembali membuat kejutan di Piala Dunia 2022.

    • 14/11/2021: Kroasia 1 - 0 Rusia
    • 11/11/2021: Malta 1 - 7 Rusia
    • 11/10/2021: Kroasia 2 - 2 Slowakia
    • 8/10/2021: Siprus 0 - 3 Kroasia
    • 7/9/2021: Kroasia 3 - 0 Slovenia
    • 4/9/2021: Slowakia 0 - 1 Kroasia
    • 1/9/2021: Rusia 0 - 0 Kroasia
    • 30/3/2021: Kroasia 3 - 0 Malta
    • 27/3/2021: Kroasia 1 - 0 Siprus
    • 24/3/2021: Slovenia 1 - 0 Kroasia

    Sumber: FIFA, berbagai sumber

    Video Populer

    Foto Populer