Sukses


    6 Pemain yang Sabet Trofi Piala Dunia Tanpa Berkeringat: Datang, Memandang, dan Juara

    Bola.com, Jakarta - Tidak mudah menyabet gelar Piala Dunia. Ratusan negara harus merangkak dulu dari babak kualifikasi sebelum berlaga di Piala Dunia.

    Bahkan tim-tim yang memiliki tradisi sepak bola luar biasa saja bisa gagal di babak kualifikasi. Juara empat kali Piala Dunia, Italia, bahkan dua kali berturut-turut absen di ajang sepak bola termegah di planet ini.

    Perlu sekumpulan pemain yang luar biasa untuk melewati babak kualifikasi hingga akhirnya berlaga di Piala Dunia kemudian menjadi juara. 

    Tetapi dari sejumlah pemain yang pernah merasakan gelar juara dunia, ada beberapa yang tidak berkeringkat alias tidak perlu bermain. Mereka berada di tim dan momen yang tepat meski hanya berada di bangku cadangan selama turnamen.

    Berikut enam pemain yang menyabet gelar juara Piala Dunia meski tanpa bermain. Pemain itu datang, lalu hanya duduk, dan kemudian mengangkat piala.

     

    2 dari 7 halaman

    1. Franco Baresi

    Franco Baresi mencatat 81 caps untuk Timnas Italia, tetapi semua pertandingan itu datang setelah dirinya memenangi Piala Dunia. Pada tahun 1982, Baresi yang saat itu berusia 22 tahun adalah bagian dari skuad Azzurri untuk Piala Dunia di Spanyol.

    Italia saat itu diisi pemain hebat seperti Enzo Bearzot, Paolo Rossi, dan Marco Tardelli. Baresi akhirnya memenangi Piala Dunia meski tidak turun ke lapangan.

     

    3 dari 7 halaman

    2. Angelo Peruzzi

    Setelah 1982, Italia baru bisa juara Piala Dunia lagi 24 tahun kemudian atau pada 2006. Di skuadnya ada penjaga gawang veteran Angelo Peruzzi.

    Peruzzi adalah kiper legendaris Italia media 1990-an dan tampil buruk di Euro 1996. Setelah 10 tahun kemudian, dia berada di senja kariernya, tetapi menerima telepon dari Marcello Lippi dan menyaksikan dari pinggir lapangan saat timnya menang adu penalti melawan Prancis di final Piala Dunia di Berlin.

     

    4 dari 7 halaman

    3. Raul Albiol

    Raul Albiol adalah bagian dari skuad Timnas Spanyol pada Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Tetapi mantan bek Real Madrid tersebut tidak bermain sedetik pun pada dua turnamen yang berujung Spanyol menjadi juaranya.

    Albiol memiliki 58 caps untuk Spanyol, dengan lebih dari satu dekade antara 2007 hingga 2021. Namun, dia hanya sekali turun berlaga di Piala Dunia pada 2014 melawan Australia.

     

    5 dari 7 halaman

    4. Erik Durm

    Berbicara tentang Piala Dunia 2014, skuad Jerman adalah salah satu yang paling banyak diperbincangkan. Dari skuad Jerman yang luar biasa di Brasil saat itu, ada pemain berusia 22 tahun bernama Erik Drum.

    Durm adalah salah satu anggota termuda dari skuad Jerman setelah bermain gemilang bersama Borussia Dortmund. Pemain yang memiliki 7 caps bagi Jerman ini tidak bermain sedetik pun saat timnya juara di Brasil.

     

    6 dari 7 halaman

    5. Alphonse Areola

    Saat Hugo Lloris menjadi kapten Prancis di Piala Dunia 2018 Rusia, peluang kiper lain tampil selalu akan terbatas. Steve Mandanda beruntung mendapat jatah rotasi menghadapi Denmark saat Les Bleus sudah mengantongi tiket ke 16 besar Piala Dunia 2018.

    Sayangnya kiper ketiga Prancis, Alphonse Areola, tidak seberuntung Mandanda. Penjaga gawang PSG berusia 25 tahun saat itu hanya menjadi penghangat ketika Prancis juara Piala Dunia di Rusia.

     

    7 dari 7 halaman

    6. Adil Rami

    Areola menjadi rekan Adil Rami saat menghangatkan bangku cadangan Prancis di Piala Dunia 2018. Adil Rami, yang gagal masuk skuad Piala Dunia 2010, akhirnya mendapat kesempatan melakukan perjalanan delapan tahun kemudian.

    Bek berusia 32 tahun itu hanya menjadi pelapis bagi Raphael Varane dan Samuel Umtiti di Rusia. Meski tidak bermain, dia berhasil memenangi gelar Piala Dunia.

    Sumber: Mirror

     

    Video Populer

    Foto Populer