Sukses


    Cek Yuk, 5 Aturan yang Wajib Diperhatikan Sebelum Nonton Piala Dunia 2022 di Qatar

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 akan istimewa dan berbeda dari edisi-edisi sebelumnya. Meski kembali berlangsung di Asia, Piala Dunia edisi ke-22 ini pertama kali berlangsung di Timur Tengah.

    Secara adat istiadat, Piala Dunia 2022 yang bakal berlangsung di Qatar ini akan terasa berbeda. Turnamen sepak bola terbesar di bumi tersebut juga pertama kali berlangsung pada akhir tahun.

    Jutaan orang dari penjuru bumi akan datang ke Qatar untuk menyaksikan Piala Dunia 2022. Namun, warga negara asing dari berbagai benua ini wajib memahami peraturan di Qatar.

    Qatar memiliki budaya yang sangat berbeda dari negara-negara peserta turnamen. Ada sejumlah peraturan yang wajib diperhatikan dan dilaksanakan saat berada di Qatar.

    Menjelang turnamen, penyelenggara telah mengumumkan beberapa poin penting bagi fans yang ingin melakukan perjalanan untuk menonton pertandingan Piala Dunia 2022. Berikut ini peraturannya. 

     

    2 dari 6 halaman

    1. Hayya

    Hayya adalah paspor khusus dan sangat penting untuk memasuki Qatar mulai November 2022. Paspor ini menggantikan visa apa pun dan merupakan dokumen yang disyaratkan masuk ke negara itu.

    Hayya hanya dapat diperoleh jika Anda telah membeli tiket untuk pertandingan. Proses baru selesai ketika Anda memasukkan reservasi hotel.

    Dengan kata lain, Anda memerlukan tiket dan reservasi hotel untuk menyelesaikan Hayya dan memasuki negara tersebut. Namun, anak-anak di bawah usia tidak memerlukan persyaratan Hayya untuk memasuki Qatar dan stadion Piala Dunia.

     

    3 dari 6 halaman

    2. Alkohol

    Alkohol dapat dikonsumsi di Qatar selama Piala Dunia 2022, tetapi terbatas pada beberapa area dan waktu. Di zona penggemar yang menampung 40.000 orang di sekitar Teluk Doha, alkohol akan dijual mulai pukul 18.30 hingga 01.00 waktu setempat.

    Di luar stadion, alkohol akan dijual tiga jam sebelum pertandingan hingga satu jam setelahnya. Kemudian, di dalam stadion, bir non-alkohol akan dijual.

    Fans juga bisa minum alkohol di hotel-hotel internasional, tetapi tidak akan ada penjualan di jalanan. Membawa alkohol ke negara itu juga dilarang keras, dan bisa dikenai hukuman.

     

    4 dari 6 halaman

    3. Hotel di Qatar

    Qatar 2022 menawarkan akomodasi resmi, melalui platformnya, seharga 80 euro (Rp1,2 juta) per malam. Hanya akomodasi milik warga yang akan tersedia dengan harga lebih murah daripada itu.

    Namun, mengingat Qatar tidak terlalu luas maka akan sulit menemukan penginapan yang disewakan warga. Fans akan sulit menemukan akomodasi dengan harga di bawah 80 euro dan jika tanpa reservasi maka Anda tidak mendapatkan Hayya dan Anda tidak dapat memasuki negara itu.

     

    5 dari 6 halaman

    4. Tiket untuk Pertandingan Piala Dunia

    Jika seseorang ingin datang ke Qatar dan belum memiliki tiket, masih ada tiga opsi untuk mendapatkannya. Pada akhir September, melalui situs web FIFA, panitia membuka penjualan tiket terakhir.

    Setelah itu, hanya akan ada penjualan kembali  melalui saluran resmi. Beberapa hari sebelum pertandingan, ada sisa tiket tunggal yang akan dijual kembali oleh pemegangnya.

    Tiga juta tiket yang telah FIFA alokasikan sudah mereka klaim terjual sebanyak 2,4 juta lembar. Laga final, pertandingan pembukaan, dan laga Meksiko kontra Argentina adalah tiga pertandingan yang paling banyak diminati.

     

    6 dari 6 halaman

    5. Tiket Transportasi gratis

    Jika sudah memiliki tiket pertandingan, reservasi hotel, dan telah mendapatkan Hayya, maka ada sejumlah keuntungan. Beberapa keuntungan yang didapatkan pengunjung yakni transportasi gratis.

    Semua pemegang Hayya akan memiliki akses ke transportasi umum gratis. Total ada delapan stadion, yang berjarak 70 kilometer, dihubungkan dengan metro, kecuali Al Bayt.

    Sumber: FIFA

     

    Video Populer

    Foto Populer