Sukses


5 Negara Non Eropa yang Tebar Ancaman di Piala Dunia 2022, Bisa Menggoyang Dominasi Benua Biru

Bola.com, Jakarta - Tim-tim non Eropa berhasrat memutus dominasi negara Benua Biru saat berlangsungnya Piala Dunia 2022. Kans tersebut terbuka, meski tidak mudah. 

Sejak 2006 hingga 2018 atau empat edisi terakhir, negara-negara dari Benua Eropa silih berganti memenangi Piala Dunia.

Kali terakhir negara non Eropa jadi kampiun pada Piala Dunia 2002. Saat itu, Brasil yang jadi juara. Setelah itu, Italia, Spanyol, Jerman dan terakhir Prancis yang menyabet trofi.

Eropa juga begitu mendominasi secara keselurahan karena memenangi 12 kali dari 21 edisi Piala Dunia yang telah berlangsung. Jadi, hanya sembilan kali negara di luar Eropa muncul menjadi juara.

Sembilan gelar Piala Dunia yang diraih oleh negara di luar Eropa yakni Brasil lima kali dan Argentina serta Uruguay masing-masing dua kali. Lalu apakah negara Amerika Selatan atau benua lainnya bisa memutus rekor dari Benua Eropa di Piala Dunia 2022 nanti?

Sebelumnya, tengok dulu lima negara non Eropa yang memiliki kekuatan menakutkan di Piala Dunia 2022. Siapa tahu satu di antara lima negara ini bakal keluar jadi juara.

 

2 dari 6 halaman

1. Brasil

Kekuatan Selecao benar-benar menakutkan jelang Piala Dunia 2022 nanti. Brasil memiliki kedalaman skuat yang luar biasa dari posisi penjaga gawang hingga striker.

Mereka tampil dominan di babak kualifikasi dan sejumlah laga uji coba, bahkan tidak terkalahkan. Brasil kini juga menduduki peringkat pertama FIFA sejak awal tahun ini.

 

3 dari 6 halaman

2. Senegal

Jika Kroasia pernah mencapai final Piala Dunia 2018, Senegal mungkin saja bisa mengikuti jejaknya di Qatar. Senegal membuka 2022 dengan manis setelah menjuarai Piala Afrika dan berharap menutup tahun ini dengan prestasi gemilang juga di Piala Dunia 2022.

Singa Teranga juga memiliki skuad mumpuni yang bermain di Eropa seperti Sadio Mane, Ismaila Sarr, Kalidou Koulibaly, dan Edouard Mendy. Peluang mereka untuk melampaui pencapaian lolos ke perempat final saat Piala Dunia 2002 bisa saja terwujud di Qatar nanti.

 

4 dari 6 halaman

3. Uruguay

Uruguay tampil tidak kosisten pada kualifikasi Piala Dunia dan berlanjut hingga sejumlah laga uji coba pada September 2022. Meski demikian, skuad besutan Diego Alonso kini memenangi tujuh dari sembilan pertandingan terakhir mereka.

Menjelang Piala Dunia 2022, Uruguay memiliki senjata andalan yakni berpadunya para pemain berpengalaman dan para talenta baru. La Celeste memiliki bintang muda Federico Valverde dan Darwin Nunez hingga pemain pengalaman seperti Luis Suarez dan Diego Godin.

 

5 dari 6 halaman

4. Iran

Iran adalah jagoan utama dari Asia bukan karena menempati ranking FIFA di benua tersebut, tetapi juga karena perjalanannya saat kualifikasi. Mereka menjadi juara grup dan mengungguli Korea Selatan serta baru-baru ini mengalahkan Uruguay pada laga uji coba.

Iran juga terinspirasi oleh kembalinya mantan pelatih Portugal, Carlos Queiroz, untuk memimpin skuad mereka di Piala Dunia 2022. Striker Porto Mehdi Taremi juga mencetak tujuh gol dalam sembilan laganya musim ini.

 

6 dari 6 halaman

5. Argentina

Selain Brasil, negara-negara Eropa harus mewaspadai Argentina yang sedang mengincar gelar Piala Dunia sebelum Lionel Messi pensiun. Messi juga sedang dalam performa yang prima meski sudah berusia 35 tahun.

La Pulga tampil apik bersama PSG musim ini dan mencetak empat gol dalam dua laga uji coba Argentina akhir September. Argentina juga memiliki kedalaman skuad yang baik serta Lionel Scaloni yang bisa meramu strategi untuk memenangkan Piala Dunia 2022.    

Sumber: Daily Mail

Video Populer

Foto Populer