Sukses


3 Anggota Geng Elite Piala Dunia, Bermain dalam 5 Edisi: Messi dan Ronaldo Segera Gabung?

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi maupun Cristiano Ronaldo masih punya impian yang belum terwujud hingga kini, yaitu merengkuh trofi Piala Dunia. Tetapi, keduanya bakal mencetak rekor jika tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan merupakan bukti umur panjang karier mereka. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo juga membuktikan masih mampu bermain di level atas meski sudah tidak muda lagi.

Ya, jika terpilih masuk skuad Portugal dan Argentina untuk Piala Dunia 2022, Messi dan Ronaldo akan masuk geng elite. Geng ini berisi pemain yang sudah tampil dalam lima edisi Piala Dunia. 

Baru ada tiga pemain yang berhasil melakukannya. Bermain dalam lima edisi, tentu saja sang pemain wajib tampil konsisten di selama 20 tahun.

Sebenarnya, kiper Italia Gianluigi Buffon juga telah masuk dalam lima Piala Dunia, tetapi dia tidak mencatatkan penampilan pada 1998. Lalu penjaga gawang Meksiko Guillermo Ochoa juga akan menghadiri Piala Dunia kelimanya November ini, tetapi dia hanya bermain di dua laga terakhir.

Jadi hanya tiga pemain yang mampu bermain pada lima edisi Piala Dunia. Berikut nama pemainnya yang kemungkinan besar bakal disaingi rekornya oleh Messi dan Ronaldo.

 

2 dari 4 halaman

1. Antonio Carbajal

Carbajal adalah penjaga gawang Meksiko, yang mendapat julukan El Cinco Copas yang berarti lima piala. Julukan itu dia dapatkan karena bermain di lima edisi Piala Dunia dari Brasil 1950 hingga Inggris 1960.

Sayangnya, pemain yang menghabiskan sebagian besar karier profesional di Club Leon ini tidak memiliki rekor yang baik di Piala Dunia. Dari 11 laganya bersama Meksiko di Piala Dunia, dia kebobolan 25 gol.

Meski demikian, Carbajal memang mendapat anugerah fisik yang kuat. Dia  mendapatkan umur panjang karena sudah kini sudah berusia 93 tahun.

 

3 dari 4 halaman

2. Lothar Matthaus

Gelandang Jerman ini mungkin menganggap Piala Dunia adalah turnamen favorit baginya. Dia memainkan laga terbanyak di Piala Dunia, memenanginya pada 1990 dan termasuk pesepak bola Jerman terhebat sepanjang masa.

Matthaus bermain dari Piala Dunia 1982 di Spanyol hingga di Prancis 1998 dan memegang rekor 25 laga tampil di Piala Dunia. Sayangnya, dia tampaknya kesal dengan Jerman yang menganggapnya bukanlah idola karena gagal menjadi pelatih timnas maupun klub Jerman..

"Di negara lain, mereka memperlakukan idola secara berbeda dan saya adalah idola di Jerman," kata Matthaus pada 2009 tentang rasa frustrasinya. "Jerman seharusnya malu dengan cara memperlakukan idola seperti itu.”

 

4 dari 4 halaman

3. Rafael Marquez

Meksiko dianugerahi pemain dengan usia yang panjang dalam kariernya. Tidak hanya Carbajal, ada juga Rafael Marquez. Mantan gelandang Barcelona itu tampil di lima Piala Dunia dari 2002 di Korea Selatan dan Jepang hingga 2018 di Rusia.

Bersama Barcelona selama tujuh tahun dia pernah memenangi dua gelar Liga Champions dan kini bermain untuk klub Meksiko, Atlas. Bahkan Marquez juga masih dipanggil oleh Timnas Meksiko meski kini usianya sudah 39 tahun hingga memutuskan pensiun.

Marquez bisa menjadi pemain pertama yang bermain di enam Piala Dunia. Dia menjalani debut bersama Timnas Meksiko pada 1997 tetapi absen di skuad saat Piala Dunia 1998.

Sumber: Planet Football

 

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer