Sukses


    Keunikan Jersey Korea Selatan di Piala Dunia 2022, Ada Goblinnya

    Bola.com, Jakarta - Jersey Timnas Korea Selatan untuk Piala Dunia 2022 sudah dirilis dan resmi dikenalkan akhir September lalu. Namun, masih banyak yang belum mengetahui makna di balik motif jersey tersebut.

    Cukup menarik karena melibatkan makhluk mitologi populer, yakni goblin. Ya, pencinta drama Korea (drakor) mungkin sudah tidak asing dengan goblin. Makhluk supranatural yang menghiasi dongeng dan fiksi Korea tersebut kerap muncul atau dijadikan cerita dalam drakor. 

    Nah, timnasnya rupanya tak mau ketinggalan. Bekerja sama dengan apparel Nike, terciptalah jersey yang unik sebagai 'baju tempur' Timnas Korea Selatan di Qatar nanti.

    Ada dua jersey yang akan dikenakan Son Heung-min dkk. di Piala Dunia 2022, yakni jersey kandang dan tandang.

    Jersey pertama, yakni kostum kandang, berwarna merah cerah. Dilansir dari The Chosunilbo, jersey kandang menampilkan pola garis harimau dan motif "dokkaebi" atau goblin, sedangkan jersey tandang menampilkan simbol "taegeuk" dari bendera nasional Korea.

    Motif dokkaebi di jersey kandang Timnas Korea Selatan menonjolkan sifat agresif dari makhluk mitos. Garis-garis hitam berpotongan di sisi jersey dan celana pendek yang menyerupai ekor makhluk itu, sedangkan motif harimau muncul dalam bentuk garis-garis di bagian bahu.

    2 dari 2 halaman

    Jersey Kedua Unik Banget

    Jersey tandang atau kostum kedua tak kalah menarik dengan jersey kandang. Bahkan, jersey tandang Timnas Korea Selatan kali ini sungguh unik. 

    Seragam tandang menampilkan garis merah, biru, dan kuning dengan latar belakang hitam. Dari warnanya, terlihat 'ramai dan mencolok', dan terkesan seperti sapuan warna abstrak. Motif jersey tandang ini punya makna tersendiri.

    "Desainnya merupakan interpretasi ulang dari simbol taegeuk dan melambangkan gelombang Korea (Korean wave) yang menyebar ke seluruh dunia," ujar salah seorang staf Nike, memberi penjelasan.

    Perihal Korean wave ini, mirip dengan seragam Taeguk Warriors di Piala Dunia 2018. Ketika itu jersey di Piala Dunia Rusia tersebut juga terinspirasi "hallyu".

    Hanya, jersey untuk Piala Dunia 2022 lebih unik lantaran ini kali pertama Timnas Korea Selatan menggunakan banyak warna di kostum mereka.

    Seragam tandang Timnas Korea Selatan berwarna biru hingga Piala Dunia 1998 di Prancis, tetapi berubah menjadi putih sejak Piala Dunia Korea-Jepang 2002.

    Penyerang Timnas Korea Selatan, Hwang Hee-chan, tak menutupi kebanggaannya dengan jersey terbaru ini.

    "Saya akan memainkan pertandingan dengan berpikir ini baju zirah saya," ucap penyerang berusia 26 tahun itu dalam sesi resmi peluncuran jersey.

     

    Sumber: The Chosunilbo

    Video Populer

    Foto Populer