Sukses


    Menerka Kiper Andalan Portugal di Piala Dunia 2022: Diogo Costa dan Rui Patricio Bersaing Ketat

    Bola.com, Jakarta - Timnas Portugal diberkahi banyak pemain yang sedang dalam performa terbaiknya menjelang Piala Dunia 2022. Posisi kiper menjadi posisi yang dihuni pemain yang on fire di level klub.

    Meski menjadi sebuah berkah, Fernando Santos bisa saja kebingungan memilih kiper utama Timnas Portugal. Dari puluhan kiper asal Portugal, beberapa nama di antaranya tampil cukup baik bersama tim-tim top Eropa.

    Rui Patricio yang lama menjadi kiper utama Timnas Portugal memiliki kompetitor yang kuat menjelang Piala Dunia 2022. Nama kiper FC Porto, Diogo Costa, menjadi kandidat terkuat yang bisa saja menggeser nama Rui Patricio.

    Penampilan apik Diogo Costa bersama FC Porto menjadi pertimbangan besar Fernando Santos memberikan tempat utama untuknya. Namun, di sisi lain, pengalaman Rui Patricio di Timnas Portugal tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

    2 dari 5 halaman

    Adu Statistik: Diogo Costa Menang!

    Berbicara mengenai statistik bersama masing-masing klub, Diogo Costa lebih unggul dibandingkan Rui Patricio. Pemain berusia 23 tahun ini bahkan beberapa kali tampil sebagai pahlawan FC Porto di ajang Liga Champions.

    Diogo Costa tampil apik dalam dua laga terakhir FC Porto di Liga Champions. Diogo Costa bahkan mampu menjaga dua tendangan penalti pada laga melawan Bayer Leverkusen dan Club Brugge.

    Dalam dua laga tersebut, Diogo Costa juga mampu menjaga gawang FC Porto tetap bersih dari kebobolan.

    Secara keseluruhan, Diogo Costa sudah mencatatkan delapan clean sheet dari 16 laga yang dimainkan. Diogo Costa juga baru kebobolan 14 gol di semua kompetisi pada musim ini bersama FC Porto.

    Sementara Rui Patricio baru menorehkan lima clean sheet dari 15 laga bersama AS Roma. Namun, jumlah kebobolan Rui Patricio masih sama dengan Diogo Costa, yakni 14 gol.

    3 dari 5 halaman

    Rui Patricio Mulai Digantikan

    Penampilan apik Diogo Costa bersama FC Porto nyatanya membuat hati Fernando Santos tergugah untuk memberikannya ruang di Timnas Portugal. UEFA Nations League menjadi batu loncatan Diogo Costa untuk membuktikan kapasitasnya.

    Dari enam laga Portugal di UEFA Nations League, Diogo Costa dipasang sebagai starter dalam empat laga. Dari empat laga tersebut, Diogo Costa berhasil mencatatkan dua clean sheet dan hanya kebobolan dua gol.

    Sementara dua laga sisanya diberikan Fernando Santos kepada Rui Patricio. Turun dalam laga melawan Swiss, Rui Patricio mencatatkan satu clean sheet dan satu kebobolan.

    Dari catatan penampilan dan kontribusi kedua kiper tersebut, sepertinya Fernando Santos akan memberikan banyak penampilan lagi bagi Diogo Costa. Fernando Santos bahkan bisa saja menjadikan Costa sebagai kiper utama di Piala Dunia 2022

    Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby/Serafin Unus Pasi, published 31/10/2022)

    4 dari 5 halaman

    Portugal di Piala Dunia 2022

    Grup H Piala Dunia 2022

    • Portugal
    • Ghana
    • Uruguay
    • Korea Selatan
    5 dari 5 halaman

    Jadwal Portugal di Piala Dunia 2022

    24 November 2022

    • Portugal vs Ghana

    28 November 2022

    • Portugal vs Uruguay

    2 Desember 2022

    • Korea Selatan vs Portugal
     

    Video Populer

    Foto Populer