Sukses


    Dani Alves Jadi Calon Pemain Brasil Tertua yang Tampil di Piala Dunia

    Bola.com, Jakarta - Dani Alves masuk dalam daftar 26 pemain Timnas Brasil yang dibawa untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. Pemain klub Meksiko, UNAM Pumas, itu bahkan tercatat menjadi pemain paling senior di skuad Brasil saat ini.

    Pelatih Timnas Brasil, Tite, sudah menetapkan 26 pemain yang dipastikan bakal membela Selecao di Piala Dunia 2022. Kejutan pun dibuat Tite dengan memasukkan Dani Alves dalm skuadnya tersebut.

    Dani Alves, yang kini berusia 39 tahun, bersama Thiago Silva merupakan pemain paling senior yang ada di Timnas Brasil pada saat ini.

    Dengan dua pemain senior di lini pertahanan, Tite berharap komando mereka bisa menjadi arahan bagi rekan setimnya yang lain demi meraih gelar juara dunia untuk keenam kalinya.

    Namun, yang menarik, jika sampai Dani Alves tampil membela Timnas Brasil dalam pertandingan di Piala Dunia 2022 nanti, akan ada rekor baru yang tercipta.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Bakal Cetak Rekor

    Seperti dilansir dari ESPN, kehadiran Dani Alves di Piala Dunia 2022 nanti membuat bek sayap kanan itu berpeluang memecahkan rekor sebagai pemain tertua di Timnas Brasil.

    Kini rekor pemain tertua di skuad Brasil saat Piala Dunia menjadi milik Djamal Santos, pesepak bola yang membela Selecao di Piala Dunia 1966 dalam usia 37 tahun.

    Tentu pemanggilan Dani Alves membuatnya bisa sedikit mengobati kekecewaan setelah gagal membela Brasil di Piala Dunia 2018 lantaran cedera lutut.

    3 dari 5 halaman

    Cerita Awal Karier

    Dani Alves mengawali karier sepak bolanya bersama akademi Juazeiro dan kemudian pindah ke akademi Bahia. Kemudian ia mendapatkan promosi memperkuat tim senior Bahia pada 2001.

    Alves kemudian menjadi andalan tim selama semusim sebelum dibajak oleh Sevilla dengan status pinjaman pada 2002. Selama di Ramon Sanchez Pizjuan, permainannya dirasa makin berkembang hingga Sevilla mempermanenkannya pada 2003.

    Total, Alves memperkuat Sevilla selama lima musim. Bersama Sevilla, ia turut mempersembahkan dua kali trofi Piala UEFA, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Super Spanyol.

    4 dari 5 halaman

    Gabung Barcelona, Trofi Mengalir Deras

    Dani Alves kemudian melanjutkan karier di Barcelona pada 2008 dengan biaya transfer mencapai 35 juta euro. Bersama Blaugrana, raihan trofi bergengsi mulai diraih oleh Alves.

    Ia bermain bersama Barcelona selama delapan tahun dengan raihan beragam trofi bergengsi, mulai dari empat kali Piala Super Spanyol, empat Copa del Rey, tiga Piala Super Eropa, enam juara La Liga, hingga tiga kali juara Liga Champions.

    Setelahnya, Alves membela Juventus, PSG, serta Sao Paulo. Bersama dua raksasa Juventus dan PSG, Alves juga meraih beberapa trofi di sana.

    5 dari 5 halaman

    Kiprah Bersama Timnas Brasil

    Dani Alves mencatatkan debut bersama Timnas Brasil pada 2006 saat pertandingan persahabatan melawan Ekuador. Sejak saat itu, Alves kemudian menjadi langganan memperkuat sektor bek sayap Selecao.

    Bersama Brasil, Alves juga mempersembahkan dua kali trofi Copa America dan dua kali trofi Piala Konfederasi. Total, Dani Alves telah mencatatkan 124 caps bagi Timnas Brasil.

    Dengan penampilan Alves sebanyak itu, ia menjadi pemain ketiga dengan caps terbanyak di Selecao setelah Cafu (142 caps) dan Roberto Carlos (125 caps).

    Sumber: ESPN dan Transfermarkt

    Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan/Serafin Unus Pasi, published 8/11/2022)

    Video Populer

    Foto Populer