Sukses


    Kapten PSM Pede Belanda Jadi Kampiun Piala Dunia 2022 dan Akhiri Kutukan

    Bola.com, Jakarta - Timnas Belanda tidak diragukan lagi adalah satu di antara kiblat sepak bola dunia. Jauh sebelum Spanyol dengan Tiki-Taka atau Inggris dengan Kick and Rush, Belanda sudah duluan populer dengan filosofi Total Football.

    Dari Negeri Tulip itu pula banyak lahir pesepak bola top yang mendominasi liga di Eropa, sejak dulu hingga sekarang. Akan tetapi, Timnas Belanda belum pernah sekalipun meraih trofi Piala Dunia.

    Dari 10 kali keikutsertaan di Piala Dunia, tim yang dijuluki The Flying Dutchmen itu hanya mampu meraih tiga kali status runner-up, yakni pada 1974, 1978, dan 2010.

    Pada Piala Dunia 1974, Timnas Belanda menelan kekalahan 1-2 dari Jerman Barat, kemudian takluk 1-3 dari Argentina pada 1978, dan edisi 2010 menyerah 0-1 dari Spanyol. Tiga kali menjadi runner-up membuat Tim Oranje mendapat julukan 'juara tanpa mahkota'.

     

    2 dari 5 halaman

    Timnas Belanda Juaraa

    Nah, kali ini ada momentum mengakhiri kutukan tersebut. Pada Piala Dunia 2022 di Qatar yang mulai bergulir pada 20 November 2022, Timnas Belanda lagi-lagi masuk hitungan kandidat juara.

    Keyakinan itu dilontarkan Wiljan Pluim, gelandang sekaligus kapten PSM Makassar. Pluim menegaskan, tahun ini Belanda bukan hanya lolos dari grup saja, tetapi terus melaju sampai ke final dan menjadi juara.

    "Lalu juara. Saya yakin ini saatnya Belanda menjadi juara," seru Pluim, selepas latihan PSM Makassar di Stadion Kalegowa, Kamis (17/11/2022).

     

    3 dari 5 halaman

    Punya Modal Penting

    Timnas Belanda memiliki modal penting untuk menjadi kampiun di Piala Dunia 2022. Mulai dari tim pelatih hingga skuad yang mumpuni. Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, mengusung kombinasi pemain senior dan junior.

    Sebanyak 26 pemain dibawa Van Gaal ke Qatar. Termasuk pemain muda yaitu Xavi Simons.

    Pluim sepakat, akan banyak pemain Belanda yang bersinar di Qatar. "Salah satunya Frankie de Jong. Dia pemain favorit saya," lanjut Pluim.

     

    4 dari 5 halaman

    Empat Rival Berat

    Rival berat Belanda di Piala Dunia 2022 tentu ada, lanjut Pluim lagi. Bukan hanya satu, Pluim menganalisa ada empat tim yang bisa menjegal Belanda ketika bersua.

    "Yang akan jadi lawan berat adalah Brasil, Argentina dan Jerman. Portugal juga bisa merepotkan," kata Pluim mengakhiri.

     
     
     
    Lihat postingan ini di Instagram

    Sebuah kiriman dibagikan oleh Bola.net (@bolanet)

     

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    5 dari 5 halaman

    Simak Daftar Tim di Grup A:

    Video Populer

    Foto Populer