Sukses


    Perjalanan Luar Biasa Jude Bellingham: Dari Bocil Diincar MU, Andalan Inggris di Piala Dunia 2022

    Bola.com, Doha - Dua jempol buat Inggris. Tiga Singa langsung mengamuk kala melakoni laga pembuka Grup B Piala Dunia 2022, Senin malam (21/11) WIB.

    Bentrok kontra Iran di Stadion Khalifa International, Inggris menang mencolok dengan setengah lusin gol.

    Satu bintang yang layak disebut, siapa lagi kalau bukan Jude Bellingham. Sukses Tiga Singa mencabik Iran 6-2, berawal dari gol Bellingham. Anak baru gede (ABG) berusia 19 tahun membuka kran gol Inggris pada menit ke-35, memaksimalkan assits manis Luke Shaw.

    Dari situ kemudian gol Inggris mengalir sampai jauh via Bukayo Saka (2), Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan Jack Grealish.

    Bellingham memang top. Pendukung Inggris, terlebih sang pelatih, Gareth Southgate, berharap bintang belia itu terus bersinar di sepanjang turnamen.

    Menariknya, Bellingham merupakan satu-satunya pemain yang bermain di luar Inggris yang dipanggil Southgate di Piala Dunia 2022.

     

     

    2 dari 7 halaman

    Masa Kecil

    Pemilik nama lengkap Jude Victor William Bellingham lahir di Stourbridge, Inggris, kelahiran 29 Juni 2003 memperkuat Borussia Dortmund sejak 2020. Dortmund mampu mengendus talenta eks Birmingham City itu dengan baik.

    Saat diboyong ke Signal Iduna Park, semua melongo. Bayangkan, demi mendapatkan permata Inggris tersebut, Die Borussen sampai harus bongkar celengan sebesar 26 juta pounds atau setara Rp487 miliar.

    Bersama Dortmund, Bellingham meledak-ledak. Dia sosok monster yang sangat menakutkan di Bundesliga.

    Musim ini saja, dia kembali pamer gol dengan tabungan sembilan lesakan di semua kompetisi. Dia bahkan sudah dibangding-bandingkan dengan legenda lini tengah box-to-box Inggris, Bryan Robson.

    Sejumlah klub beken Eropa seperti Manchester United, Manchester City, Liverpool, dan Real Madrid dikabarkan siap saling sikut guna mengamankan tanda tangan Bellingham pada bursa transfer Januari mendatang.

     

    3 dari 7 halaman

    Bimbangan Ayah

    Sukses Bellingham tak lepas dari perhatian besar ayahnya yang seorang polisi berpangkat sersan di wilayah West Midlands, Mark Bellingham.

    Bellingham bukan pak polisi biasa. Dia jagoan bola juga, meski hanya sebatas pemain tim non Liga Inggris. Tak tanggung-tanggung, sedikitnya 15 klub pernah memakai jasanya.

    Total, Mark tampil dalam 700 laga untuk tim seperti Stourbridge, Leamington, Bromsgrove, dan Halesowen.

    Bakat Mark mengalir ke deras ke tubuh Bellingham. Mark memasukkan anaknya ke Akademi Birmingham City dan berkembang baik di sana.

    Dia sudah bikin geger saat masih berusia 16 tahun 28 hari, karena menjadi pemain termuda yang pernah tampil bersama The Blues, julukan Birmingham City. Sebelumnya, rekor wonderkid termuda digenggam Trevor Francis pada 1970.

    4 dari 7 halaman

    Pilih Dortmund ketimbang MU

    Bakat luar biasa Bellingham sampai ke telinga petinggi Manchester United. Setan Merah yang kala itu ditukangi Sir Alex Ferguson kemudian melakukan pendekatan.

    Bellingham sebenarnya tertarik, terlebih saat melihat kemegahan Old Trafford yang menjadi impian pemain di seluruh dunia. Namun, tataka ada tawaran menggiurkan dari Dortmund ayahnya kontan menyuruhnya angkat koper dari Inggris.

    Mark punya alasan, karena pemain muda Inggris lainnya, Jadon Sancho yang kini bermain bersama Manchester United, juga sukses di Dortmund.

    5 dari 7 halaman

    Cemerlang

    Ternyata, arahan Mark jitu cepek persen.

    "Saya sangat senang bisa bergabung dengan salah satu klub terbesar di Eropa," kata Bellingham, tak lama setelah resmi berkostum Dortmund.

    "Arah yang mereka tuju dan seberapa banyak mereka membantu meningkatkan pemain muda menjadikannya keputusan yang mudah untuk saya dan keluarga," ujar Bellingham.

    Tak hanya gol demi gol, Bellingham juga mulai mendapat kepercayaan lebih.

    6 dari 7 halaman

    Kapten Termuda di Bundesliga

    Awal musim ini, remaja ajaib itu dipercaya sebagai kapten kala bentrok kontra Cologne. Walhasil, dia menjadi kapten termuda di Bundesliga.

    Pada 2020, saat tampil di Liga Champions melawan Lazio, Bellingham menjadi pemain Inggris termuda yang menjadi starter di pertandingan Liga Champions, memecahkan rekor yang sebelumnya dibuat Phil Foden.

    Rekor demi rekor sudah di tangan dan kini saatnya memenangkan rekor terbesar bersama timnas: Juara Piala Dunia 2022. Mainkan, Bellingham!

    Sumber: The Sun

    7 dari 7 halaman

    Liputan Eksklusif Bola.com

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer