Sukses


    Ulasan Luciano Leandro Tentang Kans Wakil Asia di Piala Dunia 2022: Cukup Mengejutkan

    Bola.com, Yogyakarta - Legenda PSM Makassar, Luciano Leandro, memprediksi wakil-wakil benua Asia di Piala Dunia 2022 akan berbicara banyak. Timnas Jepang, Korea Selatan, Iran dan Arab Saudi diyakini bakal jadi sandungan bagi tim-tim unggulan.

    Meski Iran sudah mengalami kekalahan telak 2-6 saat menghadapi Inggris di laga pertamanya di Piala Dunia 2022, mereka masih memiliki dua pertandingan yang bisa dimenangkan.

    Menurut Luciano Leandro wakil Asia di Piala Dunia 2022 memang memiliki kans untuk bisa membuat kejutan, seperti yang terjadi pada babak penyisihan Grup C Piala Dunia 2022.

    Ya, secara mengejutkan Timnas Arab Saudi berhasil mengalahkan Timnas Argentina dengan skor 2-1 di Lusail Iconic Stadium, Qatar pada Selasa 22 November 2022.

    "Sepak bola tidak dapat diprediksi. Inilah keajaiban sepak bola, hasil yang tidak terpikirkan dan mustahil mungkin bagi banyak orang. Kekalahan Argentina terjadi, tapi Arab Saudi membuktikan bahwa favorit tidak selalu menang," ujar Luciano Leandro kepada Bola.com Rabu (23/11/2022) pagi.

    "Arabia melakukan debutnya dengan sangat baik melawan Argentina. Kejutan spektakuler di pertandingan kemarin," sambung Luciano Leandro mengenai penampilan Arab Saudi di pertandingan pertamanya di Piala Dunia 2022.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    3 Tim Berpotensi Menyulitkan Para Unggulan

    Negara-negara Asia memang bukan unggulan di Piala Dunia 2022. Kondisi itu sejatinya bisa menjadi keuntungan. Pasalnya mereka bisa tampil lepas tanpa beban dan merepotkan lawan.

    Pelatih kelahiran Rio de Janeiro itu menyebut Timnas Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan punya peluang mengukir prestasi membanggakan bagi Asia. Dua nama terakhir bahkan tercatat sebagai negara paling sering mentas di Piala Dunia.

    Taegeuk Warriors, julukan Timnas Korea Selatan sudah lolos sebanyak 11 kali dan Jepang total tujuh kali.

    Untuk Piala Dunia 2022, kedua negara ini juga bermaterikan sederet pemain yang mumpuni. Tidak sedikit dari pemain mereka yang bermain di kompetisi elite Eropa.

    "Arab Saudi dapat memimpikan posisi terkemuka di Piala Dunia dengan mengalahkan Argentina. Tim seperti Jepang dan Korea Selatan juga sama, punya kans bersaing dan memimpikan posisi terbaik mereka di Piala Dunia tahun ini," kata mantan pemain Persija Jakarta itu.

     

    3 dari 5 halaman

    Kecil Peluang hingga Semifinal, Apalagi Final

    Arab Saudi memang sukses menjungkalkan tim bertabur bintang Argentina. Namun, Luciano Leandro menilai wakil Asia tetap kesulitan untuk menembus tangga teratas. Begitupun juga dengan Jepang, Korea Selatan, ataupun Iran.

    Alasannya jelas seandainya berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, wakil Asia kemungkinan bakal bersua tim-tim yang lebih tangguh. Ada Brasil, Prancis, Portugal, hingga Belanda.

    "Jangan lihat tim-tim Asia mencapai semifinal atau final. Saya rasa masih agak jauh untuk mencapai level ini. Ada pepatah lama di Brasil yang mengatakan: SEPAKBOLA DIMAINKAN, LAMBARI DIPANCING! Artinya Sepak bola dimainkan dan ikan (lambari) dipancing!," ucap dia.

    "Meski Arab Saudi menang atau bahkan jika nanti Jepang menang melawan Jerman itu masih belum menjamin di fase selanjutnya. Grup Jepang sangat kuat, di mana selain Jerman ada Spanyol dan Kosta Rika. Saya melihat klasifikasi yang tidak mungkin untuk bisa ke fase berikutnya," pungkasnya. (Ana Dewi)

    4 dari 5 halaman

    Jadwal Tim Asia di Piala Dunia 2022

    Grup A

    20 November 2022

    • Qatar vs Ekuador 0-2

    25 November 2022

    • Qatar vs Senegal

    29 November 2022

    • Belanda vs Qatar

    Grup B

    21 November 2022

    • Inggris vs Iran 6-2

    25 November 2022

    • Wales vs Iran

    29 November 2022

    • Iran vs Amerika Serikat

    Grup C

    22 November 2022

    • Argentina vs Arab Saudi 1-2

    26 November 2022

    • Polandia vs Arab Saudi

    30 November 2022

    • Arab Saudi vs Meksiko

    Grup E

    23 November 2022

    • Jerman vs Jepang

    27 November 2022

    • Jepang vs Kosta Rika

    1 Desember 2022

    • Jepang vs Spanyol

    Grup H

    24 November 2022

    • Uruguay vs Korea Selatan

    28 November 2022

    • Korea Selatan vs Ghana

    2 Desember 2022

    • Korea Selatan vs Portugal
    5 dari 5 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer