Sukses


    Mengenal Takuma Asano, Pahlawan Jepang yang Hancurkan Jerman di Piala Dunia 2022: Pernah Sengsara di Arsenal

    Bola.com, Jakarta - Kejutan besar kembali mewarnai Piala Dunia 2022. Kali ini, Timnas Jerman di luar dugaan takluk 1-2 dari Timnas Jepang pada laga pertama Grup E, Kamis (24/11/2022). 

    Tergabung di Grup E, Timnas Jerman membuka perjalanan di Qatar melawan wakil Asia, Jepang. Di atas kertas Jerman lebih diunggulkan untuk menang di laga ini.

    Pada pertandingan yang digelar di Khalifa International Stadium itu, Jerman sebenarnya unggul terlebih dahulu melalui penalti Ilkay Gundogan di babak pertama. Namun di babak kedua Jepang berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1.

    Takuma Asano adalah pahlawan kemenangan The Samurai Blue di laga ini. Ia berhasil mencetak kemenangan Jepang di menit ke-83.

    Siapa Takuma Asano dan bagaimana perjalanannya hingga menjadi pahlawan kemenangan Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022? Simak selengkapnya di bawah ini.

     

    2 dari 8 halaman

    Produk J-League

    Lahir di kota Komono di perfektur Mie, Asano memulai bermain sepak bola sejak kecil. Ia mulai diamati tim-tim J-League setelah bergabung dengan SMA Yokkaichi Chuo.

    Di usia 18 tahun, bakatnya diakui salah satu kontestan J-League, Sanfrecce Hiroshima. Di musim itu ia mendapatkan debut profesionalnya bersama Sanfrecce Hiroshima dan hanya bermain satu kali.

    Di musim keduanya ia bermain sebanyak 11 kali sebelum pada 2015 menjadi starter reguler dan membawa Sanfrecce Hiroshima menjadi juara J-1 League.

    Pada 2016 ia masih menjadi andalan Sanfrecce Hiroshima, dengan mengemas empat gol dari 14 pertandingan.

     

    3 dari 8 halaman

    Pindah ke Arsenal

    Pada musim panas 2016, ada lonjakan karier pada diri Asano. Arsenal secara mengejutkan merekrutnya di musim panas itu.

    Manajer Arsenal, Arsene Wenger, menyebut Asano punya bakat yang istimewa. Sehingga ia tidak ragu menebusnya dari klub Jepang itu.

    Namun, Asano dan Arsenal tidak berjodoh. Izin kerja sang pemain tidak keluar karena masih kurang jam bermain di timnas Jepang pada saat itu. Sehingga ia tidak bisa memperkuat Arsenal dan dipinjamkan ke Stuttgart.

     

    4 dari 8 halaman

    Pasang Surut di Jerman

    Stuttgart pada musim panas 2016 memutuskan meminjam Asano selama satu musim. Dalam klausul itu ada kesepakatan untuk memperpanjang masa peminjamannya selama satu musim lagi.

    Di musim perdananya bersama Stuttgart, Asano cukup sering bermain. Ia bermain total sebanyak 26 kali dan berhasil mencetak satu gol yang membantu Stuttgart promosi ke Bundesliga.

    Berkat performa apiknya itu, klausul perpanjangan peminjamannya diaktifkan. Namun sayang di musim keduanya Asano kalah saing di Stuttgart sehingga dikembalikan ke Arsenal di akhir musim.

    Di musim 2018/2019, Asano kembali ke Jerman. Kali ini ia dipinjam oleh Hannover96, tapi masih kesulitan untuk menjadi starter. Ia total hanya 13 kali bermain untuk Hannover.

     

    5 dari 8 halaman

    Berkarier di Serbia dan Kembali ke Jerman

    Pada 2019, Arsenal mendapatkan tawaran dari Partizan Belgrade untuk merekrut Asano. Mereka menerima tawaran sebesar 1 juta euro dari klub Serbia itu untuk jasa Asano.

    Bersama Partizan, Asano kembali menemukan sentuhan terbaiknya. Di musim perdananya, ia dipercaya turun sebanyak 33 kali bersama Partizan dan sukses mengemas tujuh gol dan lima assist.

    Di musim keduanya, Asano menggila bersama Partizan. Turun sebanyak 40 kali bersama Partizan, ia sukses mengemas 21 gol dan 10 assist bagi raksasa Serbia itu.

    Asano sebenarnya dikontrak selama tiga tahun di Partizan. Namun ia memutuskan untuk membatalkan sisa satu tahun kontraknya.

    Asano tidak butuh waktu lama untuk mencari klub baru. Klub Bundesliga, Vfl Bochum memutuskan untuk merekrut sang winger.

    Ia sejauh ini masih jadi andalan di lini serang Bochum, meski ia baru mencetak satu gol saja di musim 2022/23 ini.

     

    6 dari 8 halaman

    Karier di Timnas Jepang

    Asano pertama kali dipanggil ke timnas U-23 Jepang pada 2014. Ia dilibatkan dalam tim Jepang U-23 yang bertanding di Piala AFC U-23 2016.

    Pada saat itu ia membawa The Samurai Blue menjadi juara di turnamen itu, dengan mencetak dua gol di partai final melawan Korea Selatan sehingga Jepang menang dengan skor 3-2.

    Berkat bakatnya yang besar, manajer Jepang, Vahid Halilhodzic mulai menariknya ke tim senior Jepang sejak 2015. Namun di Piala dunia 2018 ia tidak dibawa ke Rusia karena minim mendapatkan jam bermain.

    Asano sekarang sudah mengoleksi total 38 caps bagi timnas Jepang, dan golnya ke gawang Jerman itu merupakan gol kedelapannya untuk The Samurai Blue. 

    Sumber: berbagai sumber

    Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 24/11/2022)

    7 dari 8 halaman

    Tengok Posisi Jepang

    8 dari 8 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022 di Sini

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer