Sukses


Piala Dunia 2022: Gara-Gara Pakai Kostum Tentara Salib, Fan Inggris ini Tidak Diizinkan Masuk Stadion

Bola.com, Jakarta - Seorang suporter Timnas Inggris mengalami kejadian kurang menyenangkan saat akan menyaksikan Piala Dunia 2022 di Qatar. Dia dilarang masuk ke stadion untuk menyaksikan jalannya pertandingan gara-gara memakai kostum tentara salib.

Dalam sebuah video yang diunggah di media sosial, terlihat seorang fan Inggris mengenakan kostum tentara salib tidak diperbolehkan masuk stadion oleh tim keamanan. Penolakan yang dilakukan tim keamanan tersebut tentu bukan tanpa sebab.

Melansir dari Sportbible, Jumat (25/11/2022), kostum Tentara Salib berisiko menyinggung penduduk lokal di Qatar karena Perang Salib yang terjadi pada 1095 dan 1291 melibatkan tentara Kristen saat merebut Yerusalem dan daerah sekitarnya dari kekuasaan Islam.

Alhasil, juru bicara kelompok antirasisme Kick It Out telah mengirimkan peringatan keras kepada seluruh fans Timnas Inggris terkait penggunaan kostum tersebut.

"Kami akan menyarankan para penggemar yang menghadiri pertandingan Piala Dunia untuk tidak memakai pakaian tertentu, seperti kostum-kostum yang mewakili kesatria atau tentara salib karena tidak diterima di Qatar dan negara-negara Islam lainnya," tulis Kick It Out, dilansir dari Sportbible.

"Seperti yang disampaikan Kementerian Luar Negeri Inggris, yang dikeluarkan sebelum turnamen, menyatakan bahwa penggemar harus membiasakan diri dengan kebiasaan setempat, dan kami akan mendorong penggemar untuk mematuhi hal ini."

Kendati demikian, tetap saja ada sejumlah suporter Timnas Inggris yang terlihat mengenakan kostum Tentara Salib pada awal-awal Piala Dunia 2022. 

2 dari 3 halaman

Menyinggung Warga Qatar

Direktur Tell Mama, sebuah proyek Inggris yang memantau Islamofobia, Iman Atta, berkata kepada The Telegraph via Sportbible.

"Penggemar kami harus sadar bahwa ada hal-hal yang dapat menyinggung warga Qatar, seperti minum secara terbuka atau mengenakan pakaian Kesatria Salib yang bersejarah itu. Itu memiliki implikasi yang sangat negatif di daerah," kata Iman Atta.

"Kami juga tahu bahwa ini tidak dilakukan secara sengaja untuk mengganggu warga Qatar. Namun, karena keinginan untuk mendukung Inggris," tambahnya

"Namun, kami sangat percaya pada prinsip bahwa setiap Piala Dunia harus memiliki lingkungan dengan para penggemar dapat terbuka, menikmati apa yang ingin mereka kenakan dan merasa aman dan terjamin. Prinsip ini menjadi satu di antara yang kami yakini, meski di Qatar orang harus berhati-hati dan sadar akan kepekaan yang mendalam," tandas Atta.

Di sisi lain, Inggris mengawali laga pertama di Piala Dunia 2022 dengan  mulus. Skuad asuhan Gareth Southgate itu berhasil menang telak atas Iran dengan skor 6-2.

Selanjutnya Harry Kane dkk. akan bertemu Amerika Serikat pada laga kedua Grup B Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Sabtu dini hari WIB (26/11/2022). Kemudian di laga terakhir grup B, Inggris akan melawan Wales pada Selasa (29/11/2022).

 

Sumber: Sportbible

3 dari 3 halaman

Simak Keseruan Piala Dunia 2022 di EMTEK

<p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

 

Mencoba Transportasi Doha Metro

Video Populer

Foto Populer