Sukses


    Ulasan Luciano Leandro: Performa Tak Jelas Jerman di Piala Dunia 2022, Tetap Lolos

    Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman mengawali start yang kurang memuaskan pada perhelatan Piala Dunia 2022. Dari dua pertandingan yang dilakoni di babak penyisihan Grup E, Der Panzer belum sekalipun meraih kemenangan.

    Malah, di partai pembuka Jerman harus bertekuk lutut kala menghadapi wakil Asia, Jepang. Jamal Musiala dkk dijungkalkan Jepang dengan skor tipis 1-2 di Stadion Khalifa Internasional, Doha, Qatar Rabu (23/11/2022) malam WIB.

    Hasil itu tentu diluar dugaan. Tidak ada yang menyangka tim bertabur bintang Jerman tunduk dari Jepang. Di atas kertas, Der Panzer jauh lebih diunggulkan ketimbang Samurai Biru. Selain lebih difavoritkan, Jerman dihuni sederet pemain top yang berkarier di Eropa.

    Sebut saja Antonio Rudiger dari Real Madrid, Kai Havertz (Chelsea), Mario Gotze (Eintracht Frankfurt). Adapula jagoan-jagoan Bayern Munchen yakni Joshua Kimmich, Thomas Muller, Leroy Sane, Serge Gnabry, Jamal Musiala dan Leon Goretzka.

    Tapi, catatan itu terbukti hanya pemanis. Jerman gagal menjadi perkasa pada laga perdana di Piala Dunia 2022

    2 dari 5 halaman

    Nyaris Tersingkir

    Pun demikian pada matchday kedua, Jerman nyaris kalah kala bersua Spanyol. Beruntung, gol Niclas Fullkrug dipengujung laga mampu menyelamatkan Jerman dari kekalahan. Laga pun berakhir sama kuat 1-1 di Al Bayt Stadium, Al Khor pada Senin (28/11/2022) dini hari WIB.

    Pada laga itu, La Furia Roja unggul lebih lewat Alvaro Morata di babak kedua, tepatnya di menit ke-60. Jerman baru bisa menyamakan kedudukan jelang tujuh menit laga bubar.

    Hasil imbang membuat Jerman memperpanjang nafas lolos ke babak 16 besar. Sebab, jika kalah mereka dipastikan angkat koper lebih cepat dari Qatar.

    Saat ini Der Panzer berada di dasar klasemen dengan raihan satu angka. Sedangkan Spanyol bertengger di puncak klasemen sementara dengan torehan empat poin. La Furia Roja unggul satu angka dari Jepang dan Kosta Rika.

    3 dari 5 halaman

    Yakin Bangkit

    Meski berada dalam posisi terjepit Jerman diyakini bisa bangkit di laga terakhir Grup E melawan Kosta Rika pada 2 Desember mendatang. Hal ini diungkapkan mantan pemain Persija Jakarta Luciano Leandro.

    "Di ajang Piala Dunia ini saya melihat Jerman masih sangat kuat untuk lolos di fase penyisihan grup, meskipun mereka bukan tim seperti di tahun 2014," ujar Luciano Leandro kepada Bola.com Selasa (29/11/2022) siang.

    4 dari 5 halaman

    Kurang Agresif

    Lebih lanjut, Luciano Leandro berujar, juara Piala Dunia empat kali itu memang tampil kurang meyakinkan di dua laga awal Piala Dunia 2022. Der Panzer dinilai bermain kurang agresif dalam menyerang maupun bertahan. Lini depan Jerman juga tidak begitu menonjol.

    "Tetapi menurut saya Jerman akan selalu dihormati, mereka sedang dalam masa transisi dan telah kehilangan banyak kualitas. Timnas Jerman juga belum menunjukkan ketajamannya di area lawan," ucap Luciano Leandro.

    "Mereka belum berhasil menunjukkan keunggulan dan kualitas para pemain yang mereka miliki. Terutama pada pertandingan pertama Piala Dunia 2022 melawan Jepang," sambung pelatih kelahiran Rio de Janeiro itu. (Ana Dewi)

    5 dari 5 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer