Sukses


    Cerita Suporter Bayaran Timnas Qatar di Piala Dunia 2022: Dari Berbagai Negara dan Berlatih Lagu Kebangsaan

    Bola.com, Doha - Timnas Qatar menyewa 1.500 orang dari negara lain untuk menjadi suporter mereka di Piala Dunia 2022. Namun, dukungan fans bayaran itu tak mampu memompa semangat pemain Qatar untuk meraih poin di kandang sendiri.

    Dari tiga laga di Piala Dunia 2022, Timnas Qatar yang berstatus tim debutan selalu menelan kekalahan. Mereka takluk 0-2 dari Ekuador, 1-3 dari Senegal serta menyerah 0-2 dari Belanda.

    Timnas Qatar menemani Afrika Selatan sebagai tuan rumah yang gagal lolos dari fase grup dalam sejarah Piala Dunia. Namun, Afrika Selatan mampu meraih satu poin ketika bermain imbang 1-1 melawan Meksiko pada laga pembuka Piala Dunia 2010.

    Qatar juga merupakan negara pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2022. Meski selalu kalah, setiap pertandingan tim tuan rumah selalu dipenuhi para penonton.

    Ada yang unik saat Qatar berlaga di Piala Dunia 2022, yakni ribuan orang berkaos merah berbaris rapi yang ternyata merupakan suporter bayaran. Lalu bagaimana Qatar mendapatkan orang-orang ini?

     

    2 dari 6 halaman

    Dukungan Penuh

    Saat Qatar berlaga di Piala Dunia 2022, ada ribuan orang berkaos merah yang bertuliskan Qatar berada di bagian belakang gawang. Mereka memberikan dukungan secara penuh selama 90 menit kepada skuad besutan Felix Sanchez Bas tersebut.

    Para suporter ini begitu menghidupkan suasana pertandingan meski tim yang didukungnya kalah. The New York Times melaporkan para penggemar tersebut merupakan suporter bayaran yang datang dari negara lain.

     

    3 dari 6 halaman

    Asal Negara

    Tidak hanya dibayar, para suporter ini juga mendapatkan akomodasi gratis, makanan hingga tiket pertandingan. Total 1.500 suporter bayaran Qatar ini berasal dari berbagai negara seperti Lebanon, Mesir, Aljazair, dan Suriah.

    Surat kabar Amerika itu juga melaporkan para suporter bayaran ini tiba di Qatar pada awal pertengahan Oktober. Mereka terlebih dahulu berlatih nyanyian dan mempelajari Lagu Kebangsaan Qatar hingga meniru 'budaya ultra'.

     

    4 dari 6 halaman

    Dukungan Negara Arab

    Seorang Ultra Lebanon yang tidak mau namanya disebut mengatakan dia datang ke Qatar bukan demi uang. Dia menyebut dukungan bagi negara tuan rumah karena ingin mensuport sesama tim Timur Tengah atau Arab.

    "Ini adalah tugas kita untuk mendukung negara Arab. Kami berbagi bahasa yang sama. Kami berbagi budaya yang sama. Kami adalah jari di tangan yang sama," katanya.

    "Kami ingin menunjukkan kepada dunia sesuatu yang istimewa. Anda akan melihat sesuatu yang istimewa," sambungnya.

     

    5 dari 6 halaman

    Banyak Kritikan

    Suporter bayaran ini adalah cara Qatar untuk menghentikan banyaknya kritikan kepada mereka. Pasalnya, selepas terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, datang kritikan jika Qatar tidak memiliki basis suporter sepak bola yang kuat.

    Namun kenyataannya, suporter bayaran ini juga menimbulkan kontroversi yang lain. Bahkan, sebelum Piala Dunia dimulai, sejumlah suporter palsu telah berseliweran di negara petro dollar tersebut.

    Sumber: The Sun

    6 dari 6 halaman

    Saksikan Keseruan Piala Dunia 2022 di EMTEK

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer