Sukses


    5 Drama di Laga Terakhir Grup E Piala Dunia 2022: Antara Hidup dan Mati dalam 63 Menit

    Bola.com, Doha - Grup E Piala Dunia 2022 bisa dikatakan menjadi grup yang paling sengit. Dua tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar baru bisa ditentukan pada pertandingan terakhir, bahkan dalam drama 63 menit, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

    Bagaimana tidak? Empat tim di grup ini saling bergantian menunggu nasibnya antara lolos ke fase gugur atau pulang dari Piala Dunia 2022 lebih cepat. Dua laga memang dimainkan secara bersamaan, yaitu Jepang versus Spanyol dan Kosta Rika kontra Jerman dengan kick-off mulai pukul 02.00 WIB.

    Hingga akhirnya melahirkan Jepang dan Spanyol yang menggenggam, tiket ke babak 16 besar. Sementara Jerman dan Kosta Rika harus meratapi kesedihan tersingkir dari Qatar.

    Jepang mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1, sementara Jerman mengalahkan Kosta Rika 4-2. Banyak drama yang membalut kedua pertandingan tersebut. Yuk simak ulasannya yang melansir The Athletic berikut ini.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 8 halaman

    Menit ke-10

    Jerman mencetak gol ke gawang Kosta Rika melalui aksi Serge Gnabry di menit ke-10. Musiala menggiring bola dari tengah lapangan, lalu mengoper kepada David Raum. Raum memberikan umpan silang ke depan gawang Kosta Rika yang disundul Gnabry ke pojok kiri gawang Keylor Navas.

    Situasi ini membuat Jerman berada di posisi pertama, sebab di pertandingan lain Jepang kontra Spanyol masih imbang.

    3 dari 8 halaman

    Menit ke-49 dan 51

    Jepang berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 melawan Spanyol saat Ritsu Doan mengoyak jala gawang Unai Simon. Tendangan keras kaki kiri Ritsu Doan dari luar kotak penalti, membuat Unai Simon terkejut.

    Bahkan Jepang membalikkan keadaan menjadi 2-1 saat Ao Tanaka menjebol gawang Spanyol pada menit ke-51. Gol ini sempat mengundang kontroversi dan wasit harus meminta bantuan VAR untuk melihat keabsahan gol tersebut lantaran bola assist Mitoma sempat terlihat sudah keluar.

    Keadaan ini membuat Jepang berada di puncak klasemen dengan nilai enam dan Spanyol dengan koleksi nilai empat. Jerman dan Kosta Rika bisa tersingkir.

    4 dari 8 halaman

    Menit ke-55

    Pada menit ini, kedudukan Kosta Rika versus Jerman masih imbang 1-1. Sementara di partai lain Jepang berbalik unggul 2-1 atas Spanyol. Artinya, Jerman dan Kosta Rika dalam situasi sulit mengejar Jepang dan Spanyol.

    Kosta Rika yang punya nilai sama empat dengan Spanyol, kalah selisih gol yang sangat jauh dari Spanyol. Apalagi Jerman yang masih mengumpulkan nilai dua.

    5 dari 8 halaman

    Menit ke-70

    Kosta Rika di luar dugaan membalikkan keadaan atas Jerman menjadi 2-1. Mereka sanggup mengejar dua gol dari Yeltsin Tejeda menit ke-58 dan gol bunuh diri Manuel Neuer di menit ke-70.

    Situasi ini membuat Kosta Rika berada di posisi kedua di bawah jepang dengan nilai sama enam. Artinya Spanyol dalam posisi ketiga yang masih memiliki nilai empat.

    6 dari 8 halaman

    Menit ke-73

    Jerman menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Kai Havertz di menit ke-73. Hingga kemudian dua gol tambahan lagi diciptakan melalui Kai Havertz (85’) dan Niklas Fullkrug (89’).

    Tapi Jerman tidak sanggup mencetak gol tambahan untuk mengejar Spanyol di papan klasemen. Sebab Spanyol punya surplus enam gol sementara Jerman baru surplus satu gol.

    Laga Jepang kontra Spanyol berakhir lebih dulu dan akhirnya berhasil dimenangkan Jepang dengan skor 2-1. Beberapa menit kemudian giliran duel Jerman kontra Kosta Rika berakhir dan skor tidak berubah 4-2.

    Artinya poin yang dimiliki Jerman sebenarnya sama dengan milik Spanyol. Namun Jerman kalah dalam selisih gol dan harus angkat koper lebih cepat dari Qatar. Sementara Kosta Rika mengantongi nilai tiga dan berada di posisi terbawah grup E dengan nilai tiga. Adapun Jepang menyandang status juara Grup E dengan nilai enam.

    Sumber: The Athletic

    7 dari 8 halaman

    Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022

    8 dari 8 halaman

    Piala Dunia 2022 Eksklusif di Emtek Group

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Sepak Bola Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer