Sukses


    Kontribusi Luar Biasa 3 Bintang J-League saat Jepang Lumat Spanyol di Piala Dunia 2022: Statistik Jadi Bukti

    Bola.com, Jakarta - Timnas Jepang membuat sensasi di Piala Dunia 2022 dengan menjadi juara Grup E.  Samurai Biru berhasil mengalahkan Spanyol 2-1 pada matchday terakhir Grup E di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Qatar, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

    Jepang sempat tertinggal oleh gol Alvaro Morata pada menit ke-11. Namun, tim asuhan Hajime Moriyasu itu kemudian bangkit dengan mencetak dua gol lewat Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka (51').

    Kemenangan itu mengantarkan Timnas Jepang ke puncak klasemen dengan torehan enam poin. Samurai Biru pun lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E.

    Dalam pertandingan melawan Spanyol, Hajime Moriyasu menurunkan tiga pemain yang berasal dari kompetisi Jepang, atau J.League. Ketiganya juga tampil luar biasa. Siapa saja mereka?

     

    2 dari 4 halaman

    1. Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse)

    Di bawah mistar gawang, Shuichi Gonda masih jadi andalan. Kiper berusia 33 tahun ini selalu jadi starter dalam tiga laga Jepang di babak penyisihan grup.

    Lawan Spanyol, Shuichi Gonda dihujani 12 tembakan. Lima di antaranya tepat ke arah gawang.

    Untungnya, Shuichi Gonda mampu melakukan empat penyelamatan. Tiga di antaranya dari peluang yang berasal dari dalam kotak penalti.

     

    3 dari 4 halaman

    2. Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale)

    Di lini belakang, ada Shogo Taniguchi. Ia jadi satu dari tiga bek tengah yang diturunkan Hajime Moriyasu sebagai starter.

    Pertandingan melawan Spanyol jadi kali pertama Shogo Taniguchi tampil di Piala Dunia 2022. Meski begitu, bek berusia 31 tahun itu bermain apik di lini belakang.

    Selama 90 menit, Shogo Taniguchi melakukan lima sapuan, dua blok, satu intersep, dan satu tekel. Ia juga memenangi tiga duel udara.

     

     

    4 dari 4 halaman

    3. Yuto Nagatomo (FC Tokyo)

    Satu pemain J League lainnya yang jadi starter saat melawan Spanyol adalah Yuto Nagatomo. Ia beroperasi di pos wing-back kiri.

    Namun, Yuto Nagatomo hanya bermain pada babak pertama. Setelah turun minum, pemain berusia 36 tahun itu digantikan oleh Kaoru Mitoma.

    Sepanjang babak pertama, Yuto Nagatomo sempat melakukan satu kali tekel dan satu kali umpan silang akurat.

    Sumber: berbagai sumber

    Disadur dari: Bola.net (Penulis Fitri Apriani, published 2/12/2022)

     

    Video Populer

    Foto Populer