Sukses


    Javier Roca: Awas Spanyol! Sukses Maroko ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Tidak Datang dari Langit

    Bola.com, Jakarta - Maroko akan bertemu Spanyol pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Selasa (6/12/2022).

    Keberhasilan Maroko lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E tentu masih membuat pecandu sepak bola dunia heran dan takjub.

    Pasti tak sedikit pula, orang yang mengatakan sukses mereka karena faktor kebetulan dan keberuntungan. Namun ini tidak berlaku bagi Javier Roca.

    Pelatih Arema FC asal Cile malah menyebut kesuksesan Maroko tidak diperoleh dengan mudah. Tapi berkat perjuangan pemain di lapangan, proses panjang, dan dukungan luar biasa dari Kerajaan Maroko. Terutama Raja Muhammad VI.

    "Kesuksesan team nasional Maroko lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 tidak datang dari langit. Atau kebetulan saja," tulis Javier Roca pada akun Instagram pribadinya @javierroca9, Jumat (2/12/2022).

    2 dari 5 halaman

    Dukungan Negara Maksimal Bener!

    Dalam akunnya, mantan arsitek Persik di BRI Liga 1 2021/2022 itu juga mengunggah video berbagai fasilitas mewah yang terdapat di Kompleks Sepak Bola Mohammed VI Maamoura di Sale, Maroko.

    "Ini adalah Kompleks Mohammed VI mereka di Maamoura yang mencakup 30 hektare dengan investasi keseluruhan sebesar $65,4 juta yang dibangun selama tiga tahun. Ini digunakan oleh semua tim nasional! Semua mulai dari sini," kutip Roca.

    Pada 2019, Raja Mohammed VI meresmikan kompleks sepak bola tersebut. Kompleks ini dirancang dengan sistem terintegrasi untuk mengembangkan sepakbola Maroko ke tingkat tinggi.

    3 dari 5 halaman

    Meledak pada 2022

    Tiga tahun berselang, di Qatar, usaha keras Raja Muhammed VI membuahkan hasil spektakuler. Para pemain sebagai duta bangsa tampil cemerlang di babak penyisihan Grup F.

    Tim asuhan Walid Regragui keluar sebagai juara grup setelah menahan runner-up Piala Dunia Rusia 2018, Kroasia 0-0, membungkam semifinalis Rusia 2018, Belgia 2-0 dan Kanada 2-1.

    Rapor apik Maroko makin lengkap bila sukses menjegal Spanyol di 16 besar. Jadi, Tim Matador tak boleh meremehkan Singa Atlas di fase ini.

    4 dari 5 halaman

    Selebrasi Maroko

    5 dari 5 halaman

    Liputan Eksklusif Bola.com

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer