Sukses


    Rapor 6 Negara Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022: Qatar Paling Buruk, Jepang Bersemangat, Korsel Ajaib!

    Bola.com, Jakarta - Fase grup Piala Dunia 2022 telah usai. 16 Negara telah memastikan diri melaju ke fase gugur. Menariknya, ada tiga wakil Asia yang akan berlaga pada babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

    Tiga wakil Asia yang dimaksud adalah Timnas Jepang, Korea Selatan, dan Australia. Sementara itu Iran, Arab Saudi, dan Qatar harus tersingkir.

    Lolosnya tiga wakil Asia ke babak gugur Piala Dunia 2022 itu menjadi sejarah sendiri. Ini menjadi kali pertama ada tiga tim Asia yang mampu lolos ke fase gugur Piala Dunia.

    Lantas, seperti apa rapor negara-negara Asia di fase grup Piala Dunia 2022? Simak selengkapnya di bawah ini:

    2 dari 8 halaman

    Qatar - 4

    Qatar tampil sangat buruk di Piala Dunia 2022. Padahal mereka berada di turnamen itu sebagai tuan rumah yang berstatus juara Piala Asia 2019.

    Qatar kalah 0-2 dari Ekuador pada matchday pertama. Setelah itu, kalah dengan skor 1-3 dari Senegal. Pada laga terakhir Grup A, Qatar kalah dengan skor 2-0 dari Belanda.

    Qatar gagal meraih poin dari tiga laga yang dimainkan. Qatar bahkan hanya mampu mencetak satu gol. Bersama Kanada, Qatar menjadi klub yang selalu kalah pada laga fase grup.

    3 dari 8 halaman

    Iran - 6

    Iran memulai Piala Dunia 2022 dengan hasil yang buruk. Sardar Azmoun dkk. kalah dengan skor 2-6 dari Inggris. Walau kalah telak, Iran sejatinya menunjukkan permainan ngotot dan berjuang hingga akhir.

    Iran kemudian bangkit pada matchday kedua, saat berjumpa Wales. Tim Meli menang dengan skor 2-0. Kedua gol Iran tercipta pada injury time babak kedua. Iran membuka peluang lolos ke babak 16 Besar.

    Pada laga terakhir Grup B, Iran berjumpa Amerika Serikat. Iran hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak 16 Besar. Sayangnya Iran kalah dengan skor 0-1 pada laga itu.

    4 dari 8 halaman

    Arab Saudi - 6

    Arab Saudi menghadirkan kejutan besar saat mengalahkan Argentina pada laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022.

    Kemenangan itu membuat seluruh negeri, bahkan dunia, gempar. Pemerintah Arab Saudi memberlakukan hari libur nasional.

    Hanya saja, setelah itu, Arab Saudi kembali seakan kembali ke level mereka. Pasukan Green Falcons kemudian kalah dari Polandia dan Meksiko. Arab Saudi menjadi juru kunci klasemen Grup C Piala Dunia 2022.

    5 dari 8 halaman

    Jepang - 9

    Jepang berada di Grup E Piala Dunia 2022, yang disebut-sebut dengan sebutan grup neraka. Jepang membuat kejutan besar karena mampu mengakhiri persaingan di Grup E dengan status juara grup.

    Jepang memulai perjalanan dengan menang 2-1 lawan Jerman. Hasil ini membuat dunia terkejut karena Jerman unggul materi pemain dan membuka keunggulan lebih dulu. Pada matchday kedua, Jepang kembali membuat kejutan. Kali ini, mereka kalah dari Kosta Rika.

    Jepang lagi-lagi mengejutkan dunia. Saat diprediksi bakal kesulitan, Jepang justru mampu menumbangkan Spanyol dengan skor 2-1. Samurai Blue pun mengunci posisi juara grup.

    6 dari 8 halaman

    Korea Selatan - 8

    Korea Selatan memulai Piala Dunia 2022 dengan kurang meyakinkan. Pada duel laga awal di Grup H, Taeguk Wariors hanya mendapat satu poin. Mereka imbang lawan Uruguay dan kalah dari Ghana.

    Pada laga ketiga babak grup, Korea Selatan harus berjumpa Portugal. Korea Selatan tidak bisa didampingi pelatih Paulo Bento karena menerima kartu merah pada duel lawan Ghana.

    Korea Selatan mengalahkan Portugal dengan heroik dan skor 2-1 pada laga ketiga babak grup. Pada laga lain, Uruguay hanya menang 2-0 lawan Ghana. Sama-sama punya empat poin, Korea Selatan lolos ke babak 16 Besar karena unggul produktivitas mencetak gol daripada Uruguay.

    7 dari 8 halaman

    Australia - 8

    Australia tampil cukup mengejutkan di Piala Dunia 2022. Socceroos sama sekali tak diperhitungkan pada awal turnamen.

    Australia kalah dengan skor 1-4 dari Prancis pada matchday pertama Grup D. Dari laga ini, Australia terlihat akan menjadi lumbung gol bagi lawan-lawannya. Namun, Australia mampu bangkit pada dua laga berikutnya.

    Australia menang 1-0 ketika berjumpa Tunisia dan Denmark. Australia berada di posisi kedua klasemen akhir Grup D. Australia lolos ke babak 16 Besar dan akan berhadapan dengan Argentina. Laga yang cukup berat bagi Australia.

    Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 3/12/2022)

    8 dari 8 halaman

    Liputan Khusus Tim KLY di Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer