Sukses


    Punya Goncalo Ramos dan Rafael Leao, Timnas Portugal Bersiap Lanjutkan Hidup Tanpa Cristiano Ronaldo

    Bola.com, Lusail - Dua bintang Timnas Portugal, Goncalo Ramos dan Rafael Leao, tampil impresif di Piala Dunia 2022. Kehadiran Ramos serta Leao membuat Portugal bersiap melanjutkan hidup tanpa sosok Cristiano Ronaldo.

    Sejak dipercaya membela tim senior A Selecao pada Agustus 2003, Ronaldo merupakan sosok penting di lini depan. Performa moncer CR7 membuat Timnas Portugal menjadi satu di antara tim yang disegani di Eropa.

    Sejauh ini, Cristiano Ronaldo telah mendulang 118 gol dari 195 penampilan di seluruh ajang. Berkat torehan tersebut, pemain berusia 37 tahun itu kini menyandang status sebagai top skorer sepanjang masa Portugal, dan juga pencetak gol terbanyak di level internasional.

    Berkat kontribusi Cristiano Ronaldo, Timnas Portugal berhasil meraih trofi juara Piala Eropa 2016 dan juga UEFA Nations League 2018/2019. Kini, Ronaldo bertekad untuk membawa negaranya menjuarai Piala Dunia pada tahun ini.

     

    2 dari 5 halaman

    Menua dan Terpinggirkan

    Namun, faktor usia yang semakin menua membuat kemampuan Cristiano Ronaldo menurun. Pada musim ini, dia hanya mendulang tiga gol dari 16 pertandingan bersama Manchester United.

    Penampilan kurang oke tersebut berlanjut ketika membela Timnas Portugal di Piala Dunia 2022. Dari tiga pertandingan di Grup H, Cristiano Ronaldo hanya mampu mendulang satu gol. Meski begitu, dia turut membantu Portugal lolos ke fase knock-out.

    Pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 kontra Swiss di Lusail Iconic Stadium, Lusail, pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos, mengambil keputusan berani. Santos mencadangkan Cristiano Ronaldo, dan baru memainkannya pada menit ke-76.

    Strategi pelatih berusia 68 tahun itu untuk menepikan Ronaldo berbuah manis. Timnas Portugal berhasil melumat Swiss dengan skor 6-1. Hasil tersebut membuat A Selecao melenggang ke perempat final dan akan bersua Maroko di Al Thumama Stadium, 10 Desember mendatang.

     

    3 dari 5 halaman

    Goncalo Ramos dan Rafael Leao Penerus Ronaldo

    Keberhasilan Timnas Portugal mengalahkan Swiss tak lepas dari performa dua pemain muda, yakni Goncalo Ramos dan Rafael Leao. Ramos sukses mengukir hattrick, sedangkan Leao berhasil menyumbangkan satu gol.

    Trigol Goncalo Ramos tercipta pada menit ke-17, 51', dan 67'. Adapun gol Rafael Leao tercipta pada menit ke-90+2.

    Saat ini, Ramos baru berusia 21 tahun, di sisi lain Leao telah berumur 23 tahun. Dengan usia yang masih muda, Goncalo Ramos dan Rafael Leao diyakini bakal menjadi tumpuan di lini depan Timnas Portugal.

    Keduanya pun diprediksi bakal menjadi suksesor Cristiano Ronaldo, dan perlahan A Selecao mulai melepaskan ketergantungan kepada sosok CR7.

    "Cristiano berbicara kepada saya, seperti dia berbicara kepada semua orang. Dia adalah kapten dan dia selalu berusaha membantu. Dia melakukannya dengan sangat baik untuk saya," kata Ramos.

     

    4 dari 5 halaman

    Perjalanan Timnas Portugal di Piala Dunia 2022:

    Grup H

    24 November 2022:

    Portugal 3 - 2 Ghana

    29 November 2022:

    Portugal 2 - 0 Uruguay

    2 Desember 2022:

    Korea Selatan 2 - 1 Portugal

    Fase 16 Besar

    7 Desember 2022:

    Portugal 6 - 1 Swiss

    Sumber: Transfermarkt, Sportskeeda

     

    5 dari 5 halaman

    Saksikan Keseruan Piala Dunia 2022 di EMTEK

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer