Sukses


    Piala Dunia 2022: FIFA Sanksi Kroasia dan Serbia terkait Politik Balkan

    Bola.com, Jakarta - FIFA menjatuhkan denda kepada Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) sebesar 50.000 franc Swiss atau sekira 830 juta rupiah setelah suporter mereka melakukan nyanyian berbau xenofobia atau kebencian terhadap orang dari negara lain.

    Tindakan verbal dan mengolok-olok itu ditujukan kepada kiper Timnas Kanada, Milan Borjan, selama pertandingan penyisihan Grup F Piala Dunia 2022, 27 November lalu.

    Diketahui, pemain yang membela FK Crvena Zvezda itu ialah seorang keturunan etnik Serbia, yang lahir di Kroasia, tetapi meninggalkan negara itu ketika masih anak-anak pada 1995 selama "Operasi Badai".

    Mereka juga membentangkan spanduk, satu di antaranya mengacu ke operasi militer 1995 yang mengakhiri perang kemerdekaan Kroasia.

    FIFA memberi sanksi denda Kroasia terkait pelanggaran "penggunaan kata-kata dan benda-benda untuk menyiarkan pesan yang tidak sesuai dengan acara olahraga".

    2 dari 3 halaman

    Federasi Sepak Bola Serbia Juga Terkena Hukuman

    Selain Krosia, FIFA juga mendenda Asosiasi Sepak Bola Serbia. Besaran denda mencapai 20 ribu 20.000 Swiss franc (Rp332 juta).

    FIFA menjatuhkan denda menyusul keberadaan banner kontroversial terkait Kosovo, tergantung di ruang ganti pemain saat pertandingan Serbia versus Brasil pada laga pertama penyisihan Grup G (25/11/2022).

    Federasi sepak bola Kosovo (FFK) lantas mengajukan komplain ke FIFA lantaran banner tersebut memuat peta Serbia yang mencakup wilayah bekas provinsinya, padahal Kosovo telah menjadi negara merdeka selama hampir 15 tahun, dan dicap dengan slogan "No Surrender".

     

    Sumber: AP

    3 dari 3 halaman

    Liputan Khusus Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer