Sukses


    5 Penggawa Kroasia yang Bisa Membuyarkan Mimpi Brasil Juara Piala Dunia 2022

    Bola.com, Jakarta - Timnas Kroasia bakal terlibat bentroo melawan Brasil pada babak 8 Besar Piala Dunia 2022, Jumat 9 Desember 2022. Laga tersebut akan dimainkan di Stadion Education City mulai pukul 22.00 WIB, live di SCTV, Indosiar dan Nex Parabola.

    Kroasia lolos ke babak 8 Besar usai menang atas Jepang pada babak sebelumnya. Vatreni mengalahkan Jepang yang tampil sangat mengejutkan pada fase grup, dengan mengalahkan Spanyol dan Jepang. Kroasia menang adu penalti.

     Sementara, Brasil adalah unggulan utama di Piala Dunia 2022. Brasil menang atas Korea Selatan dengan skor 4-1 pada babak 16 Besar. Brasil memang kalah dari Kamerun pada fase grup. Namun, Brasil mungkin 'sengaja' kalah dengan menyimpan banyak pemain inti.

    Kroasia punya kapasitas untuk memupus asa Brasil menjadi juara Piala Dunia 2022. Kroasia punya beberapa pemain kunci yang akan memainkan peran krusial. Siapa saja mereka?

    2 dari 7 halaman

    Josip Juranovic

    Juranovic adalah pemain yang spesial. Dia bisa bermain untuk peran bek kanan maupun bek kiri. Namun, di Piala Dunia 2022, pemain asal klub Celtic itu memainkan peran bek kanan dengan sangat baik.

    Juranovic tampil begitu sejak fase grup. Dia sudah teruji. Juranovic sudah pernah berhadapan dengan Sofiane Boufal, Alphonso Davies, Yannick Carrasco, Eden Hazard, hingga Daichi Kamada di babak sebelumnya.

    Pada babak 8 Besar nanti, Juranovic akan berjumpa Vinicius Junior. Tentu saja ini bukan perkara yang mudah. Namun, Juranovic punya kualitas dan kapasitas untuk membatasi pergerakan winger Brasil tersebut.

    3 dari 7 halaman

    Dominik Livakovic

    Livakovic adalah pilihan utama Zlatko Dalic di bawah mistar. Kiper 27 tahun pun menunjukkan performa yang luar biasa. Livakovic, hingga laga 16 Besar, baru kebobolan dua gol. Dia membuat dua kali nirbobol.

    Performa gemilang ditunjukkan Livakovic pada babak 16 Besar. Pada fase adu penalti, Livakovic hanya kebobolan satu gol dari empat eksekusi penalti yang dilepas pemain Jepang.

    Dari empat laga Piala Dunia 2022, Livakovic telah membuat delapan kali penyelamatan. Catatan itu tidak termasuk aksi heroik ketika menggagalkan tiga eksekutor penalti Jepang. Jadi, andai Brasil mendapat penalti, Neymar harus siap penaltinya ditepis Livakovic.

    4 dari 7 halaman

    Luka Modric

    Sang veteran masih akan menjadi andalan Kroasia untuk menyingkirkan Brasil dari Piala Dunia 2022. Luka Modric bakal sangat menentukan langkah Kroasia, gugur atau lanjut ke semifinal.

    Zlatko Dalic selalu memainkan Luka Modric sejak fase grup. Selalu menjadi starting XI. Modric belum mencetak gol. Juga belum membuat assist. Namun, jangan pernah ragu pada kontribusinya.

    Di laga melawan Brasil, Modric bakal banyak berduet dengan Casemiro. Mereka bermain bersama untuk waktu yang lama di Real Madrid. Selain itu, Modric juga berhadapan dengan Vinicius yang menjadi rekan kerjanya di Madrid.

    5 dari 7 halaman

    Ivan Perisic

    Perisic menjadi pemain sangat penting bagi Kroasia. Dia memainkan peran yang sama sekali berbeda dengan di klub, baik saat di Inter Milan maupun Tottenham. Perisic bermain sebagai winger, bukan wingback.

    Ini adalah posisi natural Perisic. Jauh sebelum Antonio Conte mengubahnya menjadi wingback, Perisic punya reputasi yang bagus sebagai winger.

    Perisic telah mencetak dua assist dan satu gol di Piala Dunia 2022. Pelatih Zlatko Dalic selalu memainkan Perisic sejak menit awal. Perisic hanya sekali tak bermain penuh, ketika Kroasia menang 4-1 atas Kanada di fase grup.

    6 dari 7 halaman

    Josko Gvardiol

    Gvardiol menjadi pemain penting lain di balik kokohnya pertahanan Gvardiol. Bek berusia 20 tahun sudah teruji secara kualitas. Dia sudah berhadapan dengan para penyerang top sejak fase grup.

    Gvardiol mampu membuat Romelu Lukaku tak berkutik. Lalu, pada babak 16 Besar, pemain RB Leipzig itu memastikan tak ada lagi kejutan yang dihadirkan Ritsu Doan atau Takuma Asano.

    Gvardiol akan menjadi lawan sepakan bagi Neymar. Dia bisa membuat motor serangan Brasil itu kesulitan mendapat ruang di kotak penalti. Nah, jika mampu membuat Brasil angkat koper dari Qatar, Gvardiol harus siap dengan ponsel yang tidak akan berhenti berbunyi di bursa transfer Januari 2023 nanti.

    Sumber: Berbagai sumber

    Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 9/12/2022)

    7 dari 7 halaman

    Liputan Eksklusif Bola.com

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

    Video Populer

    Foto Populer