Sukses


    Analisis Pengamat Piala Dunia 2022: Inggris Produktivitas dan Teamwork Bagus, Tapi Belum Diuji Lawan Berat

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 sudah memasuki delapan besar. Satu di antara tim yang berhasil melaju ke fase ini adalah Inggris.

    Harry Kane dkk. cukup meyakinkan mengarungi fase grup hingga 16 besar. Mereka menjadi tim dengan produktivitas yang tinggi. 

    Inggris mencetak 12 gol dalam 4 pertandingan. Artinya, rata-rata tim besutan Gareth Southgate ini mencetak 3 gol dalam satu laga.

    Penyerang sayap, Marcus Rashford dan Bukayo Saka ikut bersaing di daftar top scorer dengan torehan 3 gol. Bisa dibilang, serangan yang efektif jadi keunggulan Inggris dalam Piala Dunia kali ini.

    Performa Inggris menjadi sorotan asisten pelatih Arema FC, Kuncoro. Pria yang sempat jadi pemain Timnas Indonesia era 90-an ini mengamati performa The Three Lions di Piala Dunia 2022.

    “Mereka tim dengan materi merata. Termasuk didepan. Jadi siapapun yang main kualitasnya sama,” katanya.

    2 dari 5 halaman

    Sama Rata

    Kuncoro mengibaratkan, Inggris tidak punya pemain yang kebintangannya melebihi rekan-rekannya.

    “Misalnya, di Prancis ada Mbappe yang paling menonjol. Kalau Inggris tidak. Jadi tidak bergantung pada satu pemain saja,” sambungnya.

    Jadi, dari segi komposisi pemain, Inggris sangat ideal. Artinya, sang pelatih, Gareth Southgate sudah memikirkan hal ini sebelum berangkat ke Piala Dunia.

    3 dari 5 halaman

    Teamwork Oke

    Inggris menjadi satu di antara unggulan. Prestasi mereka juga sedang bagus. Harry Kane dkk. merupakan finalis di Euro 2020.

    Dari ajang itu, perubahan materi pemainnya tidak banyak. Justru diperkuat para pemain muda yang sedang on fire di klub. Satu di antaranya, gelandang Jude Bellingham yang tampil apik bersama Borussia Dortmund.

    Kuncoro melihat masih ada kelebihan lain dari Inggris, yakni teamwork atau kerja sama tim. Ada banyak pemain lama, jadi chemistry permainan sudah terlihat.

    “Pemainnya sudah paham karakter masing-masing. Jadi teamwork bagus” sambungnya.

     

    4 dari 5 halaman

    Lawan Masih Enteng

    Inggris tampil dominan sejak fase grup hingga 16 besar karena lawan yang dihadapi belum setara. Pada fase grup, Inggris melawan Iran, Amerika Serikat dan Wales. Kemudian saat 16 besar melawan Senegal.

    “Inggris bisa memperlihatkan kelebihannya itu karena lawannya. Belum dapat tim yang setara. Baru perempat final mereka dapat yang berbobot. Perancis,” tegasnya.

    Inggris baru menghadapi lawan berat di babak delapan besar, yakni Prancis. 

    “Ini pertandingan yang seru. Biasanya perempat final memang seperti ini. Tim-tim besar mulai saling bertemu. Inggris bisa dalam posisi yang bahaya. Kadang tim ini kurang konsisten. Seperti saat ditahan imbang Amerika Serikat di fase grup,” pungkasnya. 

     

    5 dari 5 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer