Sukses


    5 Rekor yang Tercipta saat Kroasia Menari di Atas Tangisan Brasil di Perempat Final Piala Dunia 2022

    Bola.com, Jakarta - Kroasia melaju jauh di Piala Dunia 2022 setelah memastikan satu tiket semifinal menjadi milik mereka. Luka Modric dkk. sukses menyingkirkan kandidat juara, Brasil, pada laga perempat final yang digelar pada Jumat (9/12/2022) malam WIB.

    Kroasia menghentikan langkah Brasil di Piala Dunia 2022 setelah memenangkan pertandingan lewat drama adu penalti. Bermain imbang tanpa gol selama 90 menit dan 1-1 saat extra time, Kroasia melanjutkan tren positif di babak adu penalti.

    Kroasia menang 4-2 atas Brasil dalam babak tos-tosan itu. Tim berjulukan Vatreni itu pun melangkah ke semifinal Piala Dunia 2022 dan akan menghadapi pemenang antara Belanda dan Argentina yang tengah bertanding saat artikel ini dibuat.

    Menariknya, begitu banyak catatan menarik dan rekor yang tercipta saat Kroasia meraih kemenangan atas Brasil di laga perempat final Piala Dunia 2022 itu, baik dari pihak Kroasia maupun Brasil.

    Berikut 5 rekor yang  tercipta saat Kroasia berhasil menghentikan langkah Brasil di Piala Dunia 2022:

    2 dari 7 halaman

    Torehan Gol Neymar Sejajar Pele

    Neymar adalah sosok yang memecahkan kebuntuan dalam pertandingan ini. Gol yang dicetaknya pada menit ke-113 sukses membuat pendukung Brasil bersorak.

    Gol tersebut tak hanya membuat pendukung Brasil bergembira, tapi juga memiliki arti spesial bagi sang pemain yang menciptakannya.

    Ini merupakan gol ke-77 yang dicetak oleh Neymar bersama Timnas Brasil. Artinya, kini Neymar memiliki jumlah gol yang sama dengan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Brasil, Pele.

    Satu yang membedakan, Pele menciptakan 77 gol hanya dalam 92 pertandingan. Sementara Neymar membutuhkan 124 pertandingan.

    Sayangnya, Neymar harus menunda momen dirinya memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak Brasil karena timnya harus angkat koper dari Piala Dunia 2022 setelah Bruno Petkovic menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-117 dan Kroasia menang 4-2 lewat drama adu penalti.

     

    3 dari 7 halaman

    4 Penyelamatan Saat Adu Penalti dalam 1 Edisi Piala Dunia, Dominik Livakovic Masuk Jajaran Kiper Elite

    Dominik Livakovic jelas menjadi pahlawan keberhasilan Kroasia melangkah ke semifinal Piala Dunia 2022. Kiper tim berjulukan Vatreni itu membantu Kroasia memenangkan dua pertandingan terakhir lewat drama adu penalti.

    Menariknya, Livakovic sukses mencatatkan empat penyelamatan dalam drama adu penalti mulai dari 16 besar hingga perempat final Piala Dunia 2022.

    Pada laga kontra Jepang di 16 besar, tiga eksekutor Jepang berhasil dihentikan oleh Livakovic.

    Sementara saat menghadapi Brasil di perempat final, dari dua eksekutor Selecao yang gagal, satu di antaranya, yaitu Rodrygo Goes, dibuat bertekuk lutut oleh Livakovic yang melakukan penyelamatan.

    Catatan itu membuat Livakovic kini sejajar dengan mantan kiper Argentina, Sergio Goycochea, yang juga mencatatkan empat penyelamatan dalam drama adu penalti di Piala Dunia 1990, dan Danijel Subasic, pendahulunya di Timnas Kroasia, yang juga mencatatkan empat penyelamatan dalam drama adu penalti di Piala Dunia 2018.

     

    4 dari 7 halaman

    3 Kali Hadapi Brasil, Luka Modric Akhirnya Menang

    Luka Modric merupakan pemain yang selalu berada di skuad Kroasia dalam pertandingan menghadapi Brasil di Piala Dunia sejak 2006.

    Ya, Modric berada di skuad Kroasia dalam tiga pertandingan melawan Brasil, yaitu di fase grup Piala Dunia 2006, fase grup Piala Dunia 2014, dan kini perempat final Piala Dunia 2022.

    Menariknya, dalam pertemuan pertama pada 2006, Luka Modric mengawali laga di bangku cadangan dan Kroasia akhirnya kalah 0-1.

    Kemudian, pada 2014, Modric menjadi starter tapi juga kembali kalah oleh Brasil dengan skor cukup besar 1-3.

    Namun, pada 2022, Luka Modric adalah kapten Timnas Kroasia. Ia pun menjadi satu di antara empat eksekutor yang sukses menjebol gawang Brasil dalam drama adu penalti dan membawa Kroasia ke semifinal Piala Dunia 2022.

     

    5 dari 7 halaman

    Kroasia Tak Tersentuh Kekalahan Saat Adu Penalti di Piala Dunia

    Kemenangan atas Brasil membuat rekor Kroasia tetap sempurna. Tim berjulukan Vatreni itu masih sempurna dalam raihan kemenangan melalui drama adu penalti di Piala Dunia.

    Sejauh ini Kroasia sudah menjalani empat drama adu penalti di Piala Dunia, di mana dua di antaranya terjadi pada edisi 2022 ini. Menariknya, Kroasia tidak pernah kalah ketika harus menjalani drama adu penalti.

    Ini membuat Kroasia punya catatan yang sama dengan Jerman yang juga memenangkan empat dari empat drama adu penalti di Piala Dunia.

     

    6 dari 7 halaman

    Dominik Livakovic Cetak Rekor Penyelamatan di Piala Dunia

    Kiper Kroasia, Dominik Livakovic, juga mencatatkan 11 kali penyelamatan di sepanjang laga kontra Brasil ini. Catatan 11 kali saves itu menjadi yang terbanyak dalam satu pertandingan sejauh ini di Piala Dunia 2022.

    Hebatnya, tujuh dari 11 penyelamatan itu dilakukan Livakovic dari upaya tembakan pemain-pemain Brasil dari dalam kotak penalti.

    Sumber: Squawka, OptaJoe, William Hill

    7 dari 7 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer