Sukses


    4 Penyebab Brasil Terdepak dari Perempat Final Piala Dunia 2022: Skuad Mewah Belum Cukup

    Bola.com, Jakarta - Brasil harus melupakan perjalanan lebih jauh di Piala Dunia 2022. Mereka baru saja disingkirkan Kroasia melalui drama adu penalti 4-2 (1-1) dalam babak perempat final.

    Laju Timnas Brasil di Piala Dunia 2022 berakhir setelah Luka Modric dkk. memaksa Selecao bermain sampai tambahan waktu 2x15 menit dalam perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al Rayyan, Jumat (9/12/2022) malam.

    Setelah begitu rapat pada 90 menit waktu normal, gawang Kroasia jebol juga. Adalah Neymar, yang menjadi pahlawan Brasil dalam memecah kebuntuan.

    Neymar mencetak gol pada menit ke-105+1. Namun, keunggulan Timnas Brasil tak bertahan lama. Kroasia menyamakan skor pada menit ke-116 lewat tendangan Bruno Petkovic dari luar kotak penalti. Dalam drama adu penalti, Kroasia pun menang dengan skor 4-2.

    Ada beberapa alasan yang membuat Brasil kalah dari Kroasia dan gagal lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. Yuk simak ulasan menarik dari Bola.com di bawah ini.

    2 dari 6 halaman

    Bergantung pada Neymar Jr

    Kiprah Brasil di Piala Dunia 2022 lebih banyak bergantung pada sosok Neymar Jr. Ia memang menjadi tulang punggung kekuatan tim Samba untuk bersaing di Qatar.

    Kemampuan dan jam terbang Neymar diharapkan dapat menjadi kekuatan utama Brasil. Sayangnya, ia dirundung cedera pada pertandingan pertama, dan harus absen hingga berakhirnya fase grup.

    Neymar akhirnya kembali pulih dan bermain pada babak 16 besar. Kontribusi Neymar memang masih besar, dengan menyumbang dua gol di babak gugur. Tapi secara permainan masih kurang efektif.

    Brasil menjadi bergantung pada Neymar dalam membangun serangan atau menciptakan sebuah peluang. Artinya hal itu dengan mudah dibaca oleh lawan. Padahal Brasil memiliki beberapa pemain yang punya kreativitas seperti Vinicius Junior, Rodrygo, Richarlison, atau Antony.

    3 dari 6 halaman

    Kroasia Bukan Tim Kaleng-Kaleng

    Timnas Kroasia juga tak ingin menelan kekalahan di laga ini. Sebab, mereka memiliki tujuan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi dari edisi sebelumnya.

    Sebagaimana diketahui, Kroasia mampu melaju ke babak final Piala Dunia 2018 lalu. Sayangnya, mereka harus tumbang di tangan Prancis, Luka Modric dan kolega pun tentu tak ingin melewatkan kesempatan kali ini.

    Vatreni juga menunjukkan kepercayaan diri dalam pertandingan ini. Modal tersebut menjadi senjata paling ampuh dalam mengalahkan Brasil.

    Terbukti, meski dalam tekanan mereka tetap tenang dalam menjaga lini pertahanan. Bahkan Dejan Lovren dan para pemain belakang Kroasia lainnya tetap berada di pos dan tidak terpancing gaya bermain Brasil.

    4 dari 6 halaman

    Brasil Kurang Mujur

    Brasil cukup mendominasi permainan atas Kroasia. Beberapa peluang untuk mencetak gol dihasilkan. Di antaranya melalui Vinicius Junior, Neymar Jr, Lucas Paqueta, atau Marquinhos.

    Brasil bahkan punya catatan 11 tembakan ke arah gawang. Dibandingkan dengan Kroasia yang hanya punya satu shot on target. Ditambah, pasukan Tite kehilangan konsentrasi ketika berhasil unggul terlebih dahulu di perpanjangan waktu.

    5 dari 6 halaman

    Momok Bernama Livakovic

    Penampilan apik dari kiper Kroasia, Dominik Livakovic seolah menjadi momok bagi Brasil. Livakovic mampu menjadi tembok terakhir dan menjaga gawang Kroasia tetap aman. Tak hanya itu, ia juga sukses mengamankan satu tendangan penalti pemain Brasil.

    Kiper Dinamo Zagreb itu memang tengah menjadi buah bibir di Piala Dunia 2022. Bagaimana tidak, ia mampu tampil gemilang sepanjang gelaran terbesar sepakbola dunia edisi kali ini.

    Bahkan, Livakovic juga mampu mengamankan gawang Kroasia ketika berhadapan dengan Jepang di babak 16 besar. Laga tersebut juga lanjut ke babak adu penalti, kala itu ia berhasil menepis tiga tendangan pemain Samurai Biru (julukan Jepang).

    6 dari 6 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer