Sukses


    Intip 7 Alasan Kylian Mbappe Layak Dilabeli Superstar: Si Raja Rekor, Sudah Koleksi Trofi Piala Dunia

    Bola.com, Jakarta - Kylian Mbappe layak jadi dilabeli superstar sepak bola. Dia turut mengantarkan Prancis melaju ke semifinal Piala Dunia 2022.

    Les Bleus, julukan Prancis, menggenggam tiket semifinal Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Inggris 2-1 pada perempat final, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. Mbappe dkk bakal menghadapi tim Afrika pertama yang berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia, Maroko.

    Di atas kertas Prancis dijagokan melangkah ke final. Jika berhasil melaju hingga laga pamungkas, Prancis berpeluang melakukan back to back setelah Brasil melakukannya pada1962 alias 60 tahun lampau.

    Kesuksesan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 dan kini melangkah ke semifinal tentu tidak lepas dari peran Mbappe. Striker Paris Saint Germain (PSG) yang juga pemain sepak bola bergaji terbesar dunia ini merupakan seorang suprestar yang sulit dihentikan lawannya.

    Apakah Kylian Mbappe bisa disebut superstar? Simak dahulu tujuh fakta yang membuat Kylian Mbappe layak disebut superstar.

     

    2 dari 9 halaman

    1. Pemain Termahal Kedua

    Pada 2017, Mbappe bergabung dengan PSG, awalnya dengan status pinjaman, dari Monaco. Setahun berselang PSG menebusnya seharga 180 juta euro demi mempermanenkan sang pemain.

    Jumlah tersebut menjadikannya pemain termahal kedua di dunia setelah striker Brasil Neymar yang PSG beli dari Barcelona tahun 2017 dengan harga 222 juta euro. Di PSG, Mbappe telah mencetak 190 gol dalam 237 pertandingannya.

     

    3 dari 9 halaman

    2. Koleksi Berderet Gelar

    Selama tujuh tahun berkiprah sebagai seorang pemain profesional, Mbappe telah memenangi sejumlah gelar bergengsi. Dia telah menjuarai Piala Dunia 2018, UEFA Nations League 2020/2021, lima gelar Ligue 1 (empat di PSG, satu di Monaco), tiga Piala Prancis, dan dua Piala Liga Prancis.

    Secara individual, ia telah menyabet penghargaan Golden Boy. Mbappe juga dua kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Prancis, pemain terbaik Ligue 1, dan menjadi pencetak gol terbanyak Ligue 1 dalam empat musim.

     

    4 dari 9 halaman

    3. Bintang Piala Dunia

    Mbappe baru berusia 19 tahun ketika memainkan peran kunci saat Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Dia juga mencetak empat gol, termasuk pada laga final saat menang 4-2 atas Kroasia di Rusia.

    Golnya ke gawang Kroasia juga membuatnya menjadi pemain termuda kedua yang membuat gol di laga final Piala Dunia setelah legenda Brasil melakukannya pada 1958. Mbappe juga sementara menjadi pencetak gol terbanyak di Qatar dengan lima gol.

    Total sembilan golnya di Piala Dunia sudah menyalip milik legenda Argentina Diego Maradona, hingga kapten Portugal, Cristiano Ronaldo. Mbappe juga mematahkan rekor Eusebio yang mencetak delapan gol Portugal di Piala Dunia saat baru berusia 24 tahun dan 182 hari.

     

    5 dari 9 halaman

    4. Pemecah Rekor di Usia Muda

    Mbappe melakukan debut profesionalnya untuk Monaco pada Desember 2015 saat  baru berusia 16 tahun dan 347 hari. Dia menjadi pemain termuda dalam sejarah klub dan mematahkan rekor Thierry Henry pada 1994.

    Tiga bulan kemudian, ia menjadi pencetak gol termuda klub dengan saat melawan Troyes. Lagi-lagi rekor dari legenda Prancis, Henry, dia patahkan.

     

    6 dari 9 halaman

    5. Super Cepat

    Saat Prancis menang 3-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Polandia, Mbappe mencatat rekor kecepatan 35,3 km/jam. Sebelum pilar Les Bleus itu melakukannya, hanya enam pemain yang mencatat sprint cepat di Piala Dunia tahun ini.

    Pada September lalu, Ligue 1 menyatakan Mbappe adalah pemain tercepat musim ini dengan kecepatan 36 km/jam. Legenda lari cepat Olimpiade asal Jamaika Usain Bolt membukukan kecepatan rata-rata 37,58 km/jam.

     

    7 dari 9 halaman

    6. Menolak Pinangan Real Madrid

    Setelah berhubungan cukup panjang dengan Presiden Real Madrid Florentino Perez, Mbappe justru memutuskan bertahan di PSG selama tiga musim lagi. Padahal sang pemain dikabarkan sudah menyetujui paket kontrak dengan raksasa La Liga.

    Menurut pakar sepak bola Spanyol Guillem Balague, Madrid bersedia membayar 150 juta euro sebagai biaya transfer. Namun, kemungkinan besar Mbappe bakal segera merapat ke Madrid tahun depan.

     

    8 dari 9 halaman

    7. Rendah Hati

    Pada Oktober, Mbappe menduduki puncak daftar Forbes sebagai pesepak bola berpenghasilan tertinggi, dengan mengantongi 115,2 juta pounds musim ini. Selain itu, dia sangat berpengaruh di media sosial.

    Dengan kekayaannya tersebut, Mbappe tetap menjadi sosok yang rendah hati. Empat tahun lalu setelah memenangkan Piala Dunia 2018, Mbappe menyumbangkan seluruh bayarannya dari turnamen tersebut sebesar 380 ribu pounds kepada badan amal anak-anak.

    Sumber: BBC

    9 dari 9 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer