Sukses


    Mantap Betul! Ada Andil Mikel Arteta di Balik Sukses Maroko Tembus Semifinal Piala Dunia 2022

    Bola.com, Jakarta - Pelatih Arsenal Mikel Arteta secara tak langsung ikut terlibat dalam kesuksesan Walid Regragui mengantarkan Maroko ke semifinal Piala Dunia 2022.

    Maroko mulanya tak dianggap sebagai tim yang akan bisa melaju jauh di Piala Dunia 2022 ini. Namun sepak terjang Singa-singa Atlas ini mampu mengejutkan banyak pecinta sepak bola.

    Mereka sukses jadi juara Grup F. Padahal di grup tersebut ada nama-nama besar seperti Kroasia dan Belgia.

    Maroko kemudian membuat kejutan lain dengan mendepak Spanyol dari babak 16 besar. Tak berhenti sampai di situ, Hakim Ziyech dkk juga menyingkirkan Portugal di babak perempat final.

     

    2 dari 7 halaman

    Kritikan Atas Penunjukan Walid

    Kesuksesan Maroko sejauh ini tak tentu saja tak lepas dari polesan tangan dingin Walid Regragui. Pelatih berusia 47 tahun ini sebenarnya melatih Singa-singa Atlas secara dadakan.

    Ia diangkat jadi pelatih Maroko pada Agustus 2022 lalu. Artinya ia cuma punya waktu sekitar tiga bulan saja untuk memoles Atlas Lions.

    Walid saat itu ditunjuk menggantikan Vahid Halilhodzic. Pergantian ini kabarnya sempat mendapatkan kritikan dari banyak pihak, bahkan sampai-sampai Walid diejek dengan diberi julukan Avocado Head alias Kepala Alpukat.

    Namun kritikan itu akhirnya dibungkam oleh Walid. Ia sekarang bahkan punya rekor mentereng yakni pelatih asal Arab pertama yang menembus babak semifinal Piala Dunia 2022.

    3 dari 7 halaman

    Ada Arteta di Balik Kesuksesan Maroko

    Kesuksesan Walid Regragui bersama Maroko ini ternyata tak lepas dari peran pelatih Arsenal, Mikel Arteta. Bagaimana bisa?

    Kemampuan Walid untuk meracik taktik ternyata ikut dipengaruhi oleh Arteta. Pasalnya pada tahun 2021 lalu, ia pernah ikut dalam seminar online yang diadakan pelatih berpaspor Spanyol tersebut.

    Dalam seminar itu, menurut laporan Football London dan akun Twitter @eurofootcom Arteta membeberkan beberapa taktiknya dari kemenangan Arsenal di semifinal Piala FA atas Manchester City. The Gunners kemudian mengangkat trofi dengan mengalahkan Chelsea di babak final.

    "Ini adalah manajer Maroko Walid Reragui, menghadiri seminar taktik oleh Mikel Arteta, yang menampilkan idenya di final Piala FA vs Man City."

    "Ini adalah orang dengan kemauan untuk belajar & maju. Hanya satu tahun kemudian, ia menemukan dirinya di semifinal Piala Dunia. Ia bekerja sangat keras."

    4 dari 7 halaman

    Pujian Arteta pada Walid

    Mikel Arteta sendiri baru saja melontarkan pujian pada Walid Regragui. Ia terkesan sekaligus ikut senang dengan kesuksesan Walid membawa Maroko menembus babak semifinal Piala Dunia 2022.

    “Dampak yang ia miliki, ia adalah pujian total bagi mereka. Apa yang ia lakukan luar biasa, dan apa yang ia transmisikan sangat bagus," pujinya via talkSPORT.

    “Dan merupakan hal yang sangat positif bagi sepak bola dunia untuk memiliki tim Afrika di babak itu. Mereka salah satu dari empat tim yang sangat terpilih di Piala Dunia ini," sambung Arteta.

    5 dari 7 halaman

    Target Walid Regragui

    Karena Maroko kini sudah mencapai babak semifinal, Walid Regragui tak mau berhenti sampai di situ. Ia ingin Maroko menghantam Prancis dan kemudian jadi juara Piala Dunia 2022.

    “Kami telah mengalahkan beberapa tim papan atas. Sebelum setiap pertandingan orang mengira kami akan tersingkir tetapi kami masih di sini. Kami semakin dekat dengan impian kami dan kami akan berjuang untuk mencapainya," serunya.

    “Kami adalah salah satu dari empat tim terbaik di dunia sekarang dan kami ingin mencapai final. Tim terbaik, Brasil, sudah tersingkir. Kami lapar," koar Walid.

    “Saya tidak tahu apakah itu akan cukup, tetapi kami ingin Afrika berada di puncak dunia. Saya tahu kami bukan favorit tetapi kami percaya diri. Anda mungkin berpikir itu gila, tapi sedikit kegilaan itu bagus," tegasnya.

    6 dari 7 halaman

    Jadwal Pertandingan Prancis vs Maroko

    Pertandingan: Prancis vs Maroko

    • Stadion: Al Bayt Stadium
    • Hari: Kamis, 14 Desember 2022
    • Kickoff: 02.00 WIB
    • Live Streaming: VIDIO

    Sumber: Football London/Twitter/talkSPORT

    Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, published 14/12/2022)

    7 dari 7 halaman

    Liputan Khusus Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer