Sukses


    Siapa Szymon Marciniak? Wasit Pemimpin Laga Final Piala Dunia 2022 antara Argentina Vs Prancis

    Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 memasuki fase akhir atau tinggal menyisakan dua pertandingan lagi. Yaitu partai perebutan tempat ketiga, Sabtu (17/12/2022) malam WIB. dan laga final Minggu (18/12/2022) malam WIB.

    Komite Wasit FIFA telah menetapkan pengadil untuk pertandingan final Piala Dunia 2022 Argentina kontra Prancis yang akan digelar di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Dia adalah Szymon Marciniak.

    Pemilihan wasit menjadi salah satu sorotan utama di Piala Dunia 2022 kali ini. Tak sedikit pihak yang mengeluhkan keputusan FIFA dan kepemimpinan para wasit di Qatar.

    Sebelumnya, Lionel Messi dan Argentina mengecam keputusan FIFA memilih Antonio Mateu Lahoz untuk laga perempat final versus Belanda. Di laga tersebut, Lahoz mengeluarkan total 17 kartu kuning.

    Sementara itu, sejumlah tim lain juga merasa dirugikan dengan keputusan wasit. Oleh karena itu, Kepala Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina pun sangat hati-hati dalam menentukan siapa yang akan mengadili partai final.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Szymon Marciniak di Piala Dunia 2022

    Untuk laga final kali ini, FIFA akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Marciniak. Wasit asal Polandia itu tercatat sudah dua kali memimpin pertandingan di Piala Dunia kali ini.

    Menariknya, dua laga tersebut melibatkan dua finalis. Setelah memimpin laga Prancis vs Denmark di Grup D, Marciniak kebagian tugas mengadili laga 16 besar Argentina vs Australia.

    Collina menilai kinerja Marciniak dalam dua laga tersebut sangat bagus. Alhasil pria 41 tahun itu pun mendapat kepercayaan untuk menjadi pengadil di laga Argentina vs Prancis.

    3 dari 5 halaman

    Rekam Jejak Szymon Marciniak

    Marciniak sudah mendapat gelar wasit FIFA sejak 2011 silam. Sepanjang kariernya, Marciniak sudah beberapa kali diberi kepercayaan untuk memimpin partai penting.

    Di Piala Dunia 2018 silam, Marciniak kebagian dua pertandingan, yakni Argentina vs Islandia dan Jerman vs Swedia. Sebelumnya di Euro 2016, Marciniak mewasiti tiga laga.

    Marciniak juga pernah memimpin partai Piala Super Eropa 2018 yang mempertemukan Real Madrid dan Atletico Madrid.

    Sementara itu, FIFA memilih wasit perwakilan tuan rumah Qatar, Abdulrahman Al-Jassim untuk memimpin pertandingan perebutan tempat ketiga antara Kroasia versus Maroko, Sabtu (17/12/2022).

    4 dari 5 halaman

    Jadwal Perebutan Tempat Ketiga dan Final Piala Dunia 2022

    Sabtu, 17 Desember 2022

    • 22:00 WIB - Kroasia Vs Maroko
    • Live: SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola

    Minggu, 18 Desember 2022

    • 22:00 WIB - Argentina vs Prancis
    • Live: SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola

     

    Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, published 16/12/2022)

    5 dari 5 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer